First Impression Memakai MacBook Air M1 2020



Setelah bergabung dengan Wattpad Paid Stories sepuluh bulan lalu, akhirnya saya bisa membeli laptop Macbook Air M1 2020 di tahun ini. Saya masih ingat, tahun lalu saya membuat status di facebook, bahwa tahun 2021 saya akan membeli macbook. Kala itu, saya hanya iseng membuat status semacam itu, tetapi ternyata menjadi kenyataan. 


Teman saya meminta saya untuk membuat artikel first impression memakai Macbook Air M1 2020 di blog. Jadi, artikel ini akan membahas bagaimana pengalaman dan pendapat saya memakai Macbook Air M1 2020, di mana saya sebelumnya pengguna Windows. Sehingga, saya tidak akan membicarakan spek yang detail mengenai laptop apple ini.


First Impression Memakai Macbook Air M1 2020


Sebagai informasi spek Macbook Air M1 2020 yakni memori 8GB, prosesor Apple M1 Chip, penyimpanan 256GB, dan dengan layar 13,3 inci. 


Body


Saat pertama kali datang, hal pertama yang saya rasakan adalah laptop ini berukuran kecil dibandingkan laptop saya sebelumnya yang memiliki ukuran 14 inci. Selain itu, kemasan yang ditawarkan dari Macbook Air juga sangat eksklusif yakni kardus luar berwarna cokelat, kemudian kotak kardus utama yang berisi buku petunjuk, charger dan laptop.


Hal lain yang saya ketahui dari body laptop ini adalah sangat tipis. Saya cukup terkejut dengan ketipisan laptop ini, seakan-akan dipegang saja bisa remuk. Terus terang, saya cukup khawatir dengan body laptop setipis ini. Semoga tidak terjadi masalah yang tak diinginkan nantinya. Aamiin.


Hal-Hal yang Membuat Macbook Air M1 Layak Dimiliki


Selain bodynya yang tipis dan ringan, alasan lain kenapa Macbook Air M1 layak dimiliki adalah speaker yang digunakan produk ini. Ketika memutar lagi melalui YouTube, saya langsung terpukau dengan speaker Macbook Air M1 2020 ini. 


Untuk kecepatan laptop ini tak usah diragukan lagi, dengan memori 8GB dan chip terbaru dari Macbook sendiri memberikan kemudahan bagi kamu untuk bekerja lebih cepat. 


Ada hal lain yang membuat saya terpukau yakni kecepatan dalam memutar YouTube. Sebelumnya, saya memakai laptop saya yang lama, memutar YouTube seringkali buffering, padahal di laptop adik saya tidak. Saya sering mengeluh, “Saya yang bayar wifi, tetapi saya yang nggak kebagian.”


Setelah memakai Macbook Air M1 2020, semua itu berubah, Gais. Saya memutar lagu di YouTube seperti biasa dan kalian tahu, sama sekali tidak buffering! Padahal kualitas yang saya putar itu 720p! Di laptop lama, 144p pun buffering. Ternyata, laptop juga mempengaruhi kecepatan pemutaran video di YouTube.


Berbeda dengan Windows yang tak menyediakan software resmi atau toko sofware mereka sendiri, di Macbook ada Apple Store yang memudahkan kamu mencari software kebutuhan kamu. Saya kemarin sudah mengunduh software untuk editing video secara gratis dan tentu saja legal. 


Hal Canggung Memakai Macbook Air M1 2020


Berpindah dari Windows ke Macbook tentunya saya harus lebih banyak belajar lagi. Saya merabah-rabah bagaimana menggunakan laptop ini. Mulai dari di mana eksplore-nya, di mana letak penyimpanannya, bagaimana menutup halaman, dan pergerakan kursor yang berbeda. Sungguh, banyak hal yang berubah di sini. Yang paling sulit yakni penggunaan fungsi kibor yang berubah. Di windows untuk copy+paste lewat kibor tinggal tekan CTRL+V, di Macbook harus tekan tombol Command+V. Benar-benar perlu pembiasaan diri.


Oke, segitu saja ulasan pertama saya mengenai laptop ini. Saya akan membahas lebih jauh mengenai Macbook Air M1 2020 satu bulan lagi. Setelah saya menggunakannya lebih lama. 




5 komentar:

  1. Tulisan emang jadi doa ya kak :) semoga aku juga bisa ganti laptop atau ipad aamiin aamiin :) semoga jadi saksi lewat komentar ini, semangat kak :)

    BalasHapus
  2. gemes ya emang penampakan visualnya, elegan banget emang apple product ini. Dan urusan software dan aplikasi nggak diragukan lagi yak. Juara dah.

    BalasHapus
  3. Wahh, setelah membaca tulisan kakak, aku berniat untuk semangat lagi menulisnya...thank u

    BalasHapus
  4. Halo kak, aku tahu kakak dari Tiktok. Inspiring bangett dari menulis bisa beli Macbook Air M1, pengen ketularan hahaha. Semangat terus kakak cantik :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.