Mengunjungi Virtual Booth Prudential di FinExpo BIK 2021


Ketika pandemi dimulai segalanya menjadi terbatas, tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan saya untuk belajar lebih jauh mengenai finansial yang terjadi belakangan ini. Memang, saya tidak bisa langsung mengunjungi event, tetapi ada orang-orang baik yang mengadakan event secara virtual sehingga saya masih bisa mendapatkan informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Berdasarkan aturan Presiden pada tahun 2020 lalu, tentang pelaksanaan strategi nasional keuangan inklusi, target inklusi keuangan meningkat menjadi sebesar 90% pada tahun 2024, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan anggota dari perusahaan asuransi jiwa dan reuasuransi secara aktif melakukan edukasi keuangan dan asuransi dengan mengadakan event daring FinExpo-BIK 2021 yang diselenggarakan dari 18 Oktober sampai dengan 2 November 2021.

Tak hanya mengenai aturan Presiden saja, latar belakang adanya Bulan Inklusi Keuangan juga disebabkan karena adanya pandemi yang melemahkan aktivitas ekonomi yang menekan kinerja sektor jasa keuangan. 

Bulan Inklusi Keuangan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai budaya menabung di berbagai sektor industri jasa keuangan, meningkatkan pemahaman masyarakat dan mempublikasikan program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen. Selain itu, mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang diinisiasi oleh pemerintah untuk meminimalisir dampak Covid-19.

Jenis Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2021



Meskipun perhelatan diakan secara daring, Bulan Inkulisi Keuangan 2021 memiliki banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat berbagai usia, terutama untuk kaum milenial. 

1 | Penjualan produk atau layanan jasa keuangan berinsentif - pemberian diskon, uang kembali, poin dan bonus lainnya.

2 | Fasilitas pemberian kredit atau pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro.

3 | Kegiatan akuisisi pembukaan rekening, polis, dan lainnya.

4 | Kegiatan edukasi keuangan antara lain melalui webinar

5 | Kegiatan pameran virtual

6 | Kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif.

Mengunjungi Virtual Booth Prudential



Salah satu perusahaan finansial yang bergabung dalam acara ini adalah Prudential. Saya mengunjungi virtual booth yang ada di website FinExpo BIK 2021. Di sana saya langsung disambut oleh Merry Riana. Di virtual booth Prudential saya mendapatkan banyak informasi mengenai finansial kekinian. Selain itu, di virtual booth kita juga bisa cek kesehatan secara gratis, lho. Ya, meskipun daring, event ini seperti event luring pada umumnya.

Tak hanya itu, ada pula promo untuk produk Prudential yang bisa kamu pilih. Tentunya, mengikuti event daring ini banyak manfaatnya. 

Peningkatan Inklusi Asuransi Perkuat Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Budi Tampubolon meyakini bahwa kampanye inklusi dan literasi asuransi yang masif masih perlu dilakukan karena faktanya baru sekitar 6,5 persen penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa.

Menurut beliau, banyak yang belum memahami asuransi jiwa sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengatur keuangan masa depan. Ditambah dengan adanya risiko pandemi, masa depan masih menjadi sesuatu yang tidak dapat dipastikan oleh siapa pun. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa produk asuransi jiwa dalam melindungi semua orang dan keluarga tercinta dari berbagai risiko di masa depan.

Dengan perlindungan asuransi yang lebih baik, Budi Tampubolon meyakini proses pemuluhan ekonomi saat pandemi akan mampu berjalan lebih stabil-positif. AAJI bersama insan asuransi Indonesia terus berupaya meningkatkan literasi asuransi, khususnya kepada kaum milenial sebagai generasi bangsa.

19 komentar:

  1. Wah ada mba merry riana ya? Jadi, banyak belajar tentang bagaimana mengelola keuangan yang tepat

    BalasHapus
  2. Senang bisa ikutan virtual booth, meskipun di rumah saja. Semoga covid segera berakhir, sehingga bisa ikutan event prudential lainnya.

    BalasHapus
  3. Semakin banyak perusahaan finansial yang mendekati nasabah secara langsung, ya. Jadinya enak, kami/nasabah jadi lebih tahu, meskipun tidak datang langsung atau secara daring.

    BalasHapus
  4. Senang rasanya pemerintah juga lebih peduli dengan ekonomi masyarakat

    BalasHapus
  5. Acara ini bikin kita melek soal asuransi dan mengelola keuangan

    BalasHapus
  6. Senang rasanya ada kegiatan semacam ini, sebab hal ini bisa memicu masyarakat untuk lebih melek mengenai finansial dan bisa membantu perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  7. "Semua ada hikmahnya." itu emang benar ya, karena dari pandemi ini kita benar-benar diajarkan mengatur keuangan di saat keadaan darurat seperti ini.
    Apalagi dengan adanya bulan inklusi kemarin, literasi keuangan lumayan bertambah buat saya peribadi hehe.

    BalasHapus
  8. Aku tuh jadi tahu tips milih asuransi pas ikutan nyimak di virtual booth-nya Prudential. Ada Merry Riana yang jelasin gamblang...

    BalasHapus
  9. Perekonomian Indonesia memang sedang tidak stabil karena corona. Semoga segera berlalu dan kembali normal.

    BalasHapus
  10. Pasti seru sekali acaranya, semoga kelak bisa ikutan yang offline

    BalasHapus
  11. di rumah saja bukan berarti berhenti belajar ya, banyak ilmu yg bisa diperoleh meski dari rumah, ini nih contohnya, jadi melek soal asuransi dan bagaimana mengelola keuangan dengan baik

    BalasHapus
  12. Produk nya prudential banyak yaa mbak Wulan, apalagi da Merri Riana wow banget acara nya. Seruuu

    BalasHapus
  13. Keren mbak bisa sharing langsung sama Merry Riana. Ahlinya

    BalasHapus
  14. Keterbatasan jarak membuat orang jadi makin kreatif, seperti pengadaan acara virtual expo gini. Pengunjung makin mudah mendapatkan informasi secara online, gak capek muter-muter di pameran

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu kalau ada bulan inklusi keuangan. Hadeh kemana San aku selama ini. Selama pandemi kayaknya asuransi banyak dicari ya. Aku termasuk yang masih ragu-ragu pakai asuransi syariah. Jadi lebih paham sekarang.

    BalasHapus
  16. Biasanya kalau event luring dapet souvernir. Kalo daring juga dapet bonus2 ya. Lumayan bisa cek kesehatan :)

    BalasHapus
  17. Saya juga ikutan nih kemaren, memang bermanfaat banget ya, khususnya setelah berkunjung ke Virtual booth Prudential, jadi tau bagaimana cara memilih asuransi yang benar :)

    BalasHapus
  18. Seneng banget pas bulan Inklusi kemarin bisa belajar soal finansial dan bisa mampir ke banyak booth di pameran virtualnya. Booth Prudential paling nggak bisa dilewatkan.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.