Pencapaian Menulis Fiksi: Setelah Wattpad Paid Stories, Lalu Apa?



Setelah Wattpad Paid Stories, Lalu Apa? - Tahun 2020 lalu, saya cerita bahwa novel saya After Wedding dipinang oleh pihak Wattpad untuk bergabung dengan Wattpad Stories. Bagi saya, itu merupakan salah satu pencapaian terbesar saya selama menulis fiksi. Sebelum itu, di tahun 2014 cerpen saya terpilih untuk dibukukan oleh penerbit Indiva bersama penulis hebat lainnya. Lalu, keberuntungan datang kembali di tahun 2020. Lalu, setelah bergabung Wattpad Paid Stories, pencapaian apalagi yang saya dapatkan dari menulis fiksi?

Saya sering mengatakan bahwa keinginan tertinggi saya dalam dunia fiksi adalah menerbitkan buku solo di penerbit mayor. Sayangnya, keinginan itu belum juga tercapai hingga saat ini. Jangan tanya kapan keinginan tersebut muncul, mungkin kamu akan merasa iba atau berkata, “Kasihan sekali, ya?” atau “Mungkin kamu tidak berbakat”. Maka, saya akan simpan rapat-rapat rahasia itu, meskipun saya sudah sering membeberkannya. :)

Melalui postingan ini, saya ingin mendaftar pencapaian apa saja yang telah saya dapatkan dalam bidang fiksi. 


1 | Peserta Gradien Writing Class - 2012

Pada tahun 2012 saya iseng mengirimkan sinopsis cerita ke Gradien yang saat itu mencari penulis yang akan diajak mengikuti kelas di Surabaya. Acara tersebut adalah Gradien Writing Class yang akan diadakan sebulan sekali selama dua bulan. Saya pikir, saya tidak akan terpilih karena banyak penulis yang ikut, ternyata saya terpilih dan akhirnya bisa ikut kelas menulis oleh Gradien. Goal dari acara tersebut adalah naskah terbaik akan diterbitkan. Sayangnya, saat itu tidak ada naskah yang diterbitkan oleh pihak Gradien.

Saya sama sekali tidak memiliki foto acara, sebab entah kenapa kami tidak ada yang mencetuskan ide untuk berfoto. Dari acara tersebut saya mengenal Mbak Tikha, Bu Tatit, Mbak Diyah, dan penulis lainnya. Memang, naskah saya akhirnya menganggur, tetapi saya menemukan orang-orang baik.

2 | Antologi Jomblo Prinsip Atau Nasib - 2014


Lagi-lagi, saya mencoba keberuntungan dengan mengikuti sebuah kompetisi menulis. Saya mengirimkan naskah cerita pendek saya untuk dijadikan sebuah buku. Tak saya sangka, naskah saya terpilih menjadi salah satu penulis yang tergabung dalam antalogi Jomblo Prinsip Atau Nasib yang diterbitkan pada bulan November. Dari hal ini pun saya menjadi pembicara dengan Mbak Shabrina kala itu. Selain memiliki buku cetak pertama atas nama saya, saya pun mengenal Mbak Shabrina.

3 | Wattpad Paid Stories - 2020


Setelah sekian lama tidak ada peningkatan apa pun dari menulis fiksi, saya beralih menulis non-fiksi, sampai akhirnya novel saya yang di Wattpad dipinang oleh Wattpad sendiri untuk dijadikan Wattpad Paid Stories. 


Dari bergabung Wattpad Paid Stories juga saya bisa membeli Macbook dan berpenghasilan setiap tiga bulan sekali. Memang, penghasilannya tidak tetap, tetapi cukup untuk membiayai hidup dan kasih orang tua :)

4 | Lolos Mentoring The Writer's Show - 2021


Di akhir tahun 2021 saya ikut event The Writer’s Show yang diadakan setiap tahun oleh Gramedia Writing Project. Awalnya, saya serius mengikuti lomba ini, sampai-sampai saya membeli cover di kenalan. Lalu, di tengah jalan saya tidak bisa melanjutkannya. Naskah saya berhenti di bab 20, padahal rencana awal saya harus menyelesaikan 30 bab untuk mendapatkan 30-40rb kata. Akhirnya, saya menyerah dan tidak berharap banyak.


Namun, pada tanggal 26 Oktober lalu, saya mendapatkan kabar bahwa naskah saya lolos. Hah? Kok bisa? Padahal saya sudah menyerah. Tapi, jalan Allah tidak ada yang tahu, bukan?

5 | After Wedding Diadaptasi Menjadi Series


Pada bulan Juni lalu, saya mendapatkan DM di instagram dari produser film yang menawarkan kerja sama untuk mengangkat After Wedding menjadi series. Sayangnya, After Wedding masih terikat kontrak dengan Wattpad, sehingga saya tidak bisa mengiyakan. Pada akhirnya, pihak Wattpad akan mengusahakan agar After Wedding bisa dijadikan series. Namun, sampai sekarang belum ada kabar lagi. Doakan keinginan saya ini juga terkabul, ya. Aamiin.

Itulah beberapa pencapaian menulis fiksi yang saya dapatkan. Semoga setiap tahun akan ada kabar baik. 

2 komentar:

  1. Wah, selamat Mbak sudah mencapai sini menulisnya, mantap banget dari wattpad ke paid stories lalu terbit. Sukses!

    BalasHapus
  2. Wow keren, Wulan. Selamat ya.

    Bagus itu kalo dijadiin series. Moga ada kabar baik selanjutnya dan prosesnya lancar ya, lan.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.