Kegiatan Ketika Hujan di Bulan November

pexels.com

Kegiatan Ketika Hujan di Bulan November - Hujan kerap kali menerima caci maki atas kesalahan yang tak pernah diperbuatnya. Dia hanya turun di bulan-bulan tertentu, November, misalnya. Tapi, tak banyak orang yang menikmati kehadirannya. Padahal, hujan datang melalui pertanda-pertanda; awan kelabu, angin kencang, dan udara yang dingin. 

Namun, ada pula orang-orang yang selalu bersukacita akan kehadiran hujan. Baginya, hujan itu romantis dan melankolis. Hujan membawa berkah; saya mengingat ketika naik taksi daring untuk ke suatu acara, sopir taksi daring tersebut yang kebetulan perempuan dan saat itu hujan, dia dengan ceria bercerita bahwa setiap kali hujan, rezekinya semakin deras. See? Hujan tak selalu mengenai duka, ‘bukan?

Segala sesuatu memiliki dua sudut pandang, dan mungkin lebih. Untuk orang seperti saya pun memiliki dua sudut pandang mengenai hujan. Hal itu, tergantung bagaimana posisi saya saat itu. Alhamdulillah, hampir tak pernah mengeluh ketika hujan turun, kecuali ketika kamar bocor, mau berangkat ke suatu tempat kemudian hujan (saya naik motor), dan macet karena banjir. Kalau ditelaah lagi, sebenarnya hal itu bukan salah hujan, ‘kan? 

Saya sendiri memiliki kebiasaan tertentu ketika hujan turun, hal itu sangat menyenangkan dilakukan. Tapi, hal ini saya lakukan di dalam ruangan, bukan menikmati hujan secara langsung (red: hujan-hujanan). Nah, di bawah ini merupakan kegiatan saya ketika hujan turun dan rasanya lebih nikmat dilakukan ketika hujan turun.

7 Kegiatan Di Rumah Saja Ketika Hujan Turun

Kegiatan saya ini saya lakukan secara acak, tidak selalu berbuat seperti ini. Tapi, kegiatan ini adalah kegiatan yang sering saya lakukan ketika hujan turun. Mungkin, kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan saya.

1 | Menulis



Setiap hari kegiatan saya memang menulis, tetapi menulis fiksi ketika hujan turun rasanya lebih berbeda. Saya mendapatkan banyak inspirasi ketika hujan turun, selain itu perasaan saya menjadi lebih baik. Tidak seperti kebanyakan orang yang sering mengeluh dan cemas ketika hujan, saya menyukainya, tetapi dengan syarat saya tidak sedang dalam perjalanan. Hehe.

2 | Membuat Kopi



Banyak penulis yang menikmati hujan dengan cara membuat kopi, cekolet atau wedang uwuh. Saya sering melakukannya. Tak hanya itu saja, sebagian lagi menikmati hujan dengan cara membuat mi instan yang lezat. Tentunya, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menikmati hujan. Mungkin, kamu juga suka menikmati hujan dengan secangkir teh, misalnya?

3 | Menatap Tetesan Hujan 


Kebetulan kamar saya ada jendela besar dan rendah, sehingga ketika menulis saya bisa menatap tetesan air yang turun dari genteng. Hal ini cukup menyenangkan apalagi dengan secangkir kopi dan merasakan udara yang berembus dingin. Tentunya, suasana seperti ini tidak akan kamu dapatkan ketika matahari bersinar dengan terik, bukan?

4 | Merekam Video


Mulai tahun 2020 lalu, saya semakin rajin mengunggah video pendek di Tiktok. Rasanya menyenangkan bisa mengabadikan momen ketika hujan, membaca, menulis, minum kopi dan hal receh lainnya. Video pendek itu saya bagikan ke media sosial, berharap orang yang menontonnya bisa merasakan perasaan senang seperti yang saya rasakan. 

Bagaimana menurutmu?

5 | Bermain Game



Pernahkah kamu bermain game ketika hujan turun? Bermain game tidak hanya dilakukan ketika membunuh waktu saja, pun ketika hujan turun. Terkadang, saya bosan melakukan hal-hal yang produktif, maka saya bermain game untuk mengendurkan ketegangan. Bermain game tak harus game berat, kok, kamu bisa bermain game Solitaire, misalnya. Tahu sendiri, game Solitaire merupakan game lawas yang selalu ada di komputer atau laptop Windows. Tentunya, kamu sudah merindukan game tersebut.

Saya mengenal situs yang bisa kamu akses untuk bermain game Solitaire. Oke, saya akan merekomendasikan dua game Solitaire yang bisa kamu mainkan. Prinsip dari game ini mudah, kok, tetapi juga cukup sulit, haha.

Di Solitaire.org ada 6 game utama yakni klodike, freecell, spider, pyramid, tripeaks, dan golf. Saya sendiri bisa memainkan dua di antara keenam itu.

Spider



Game Solitaire Spider merupakan game yang paling mudah bagi saya. Ya, meskipun saya tidak benar-benar jago, tetapi game ini paling mudah dipahami. Dalam game spider kamu akan diberikan tiga pilihan yaitu mudah, sedang, sulit. Tentunya, saya memainkan yang mudah. 

Cara bermain game solitaire spider cukup mudah yakni hanya dengan mengurut kartu mulai terbesar sampai kecil, terus menerus hingga kartus habis. Urutannya yakni King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1 (AS).

Pada game ini tidak diberikan waktu, sehingga saya lebih leluasa memainkannya. Tentunya, semakin lama skor kamu akan semakin sedikit. Dan lagi, jangan sering-sering untuk memindahkan kartu.





Game Solitaire selanjutnya adalah Pyramid. Awalnya, saya kurang mengerti mengenai game ini. Setelah membaca petunjuk cara mainnya, saya mengerti dan ternyata sulit sekali. Kenapa game ini sulit? Karena harus menjumlah kartu, sehingga saya harus berpikir dua kali dan lagi untuk mengerjakannya ada batas waktu.

Tak hanya kalah di waktu, saya juga kalah karena kartu stuck atau tak bisa dipindahkan lagi. Tapi, meskipun berkali-kali kalah, akhirnya saya menang juga. Syaratnya sih harus cepat menghitungnya.

Cara bermain game solitaire pyramid adalah dengan menjumlah dua kartu sampai berjumlah 13. Jadi, kamu cukup memasangkan kartu-kartu itu sampai jumlah 13. Untuk kartu King tidak perlu pasangan, sebab dia sendiri sudah berjumlah 13.

Jadi untuk King = 13, Queen = 12, Jack = 11, dan AS = 1. Sebagai contoh, kamu bisa memasangkan Queen dengan As dan hasil akhirnya 13. Atau kamu bisa memasangkan kartu 10 dengan kartu 3. Mudah, kan?

6 | Tidur


Tak selalu melakukan kegiatan produktif, saya juga memilih untuk tidur ketika hujan turun. Udara ketika hujan turun sangat sejuk, sehingga bisa membantu saya untuk tidur lebih nyenyak. Kamu juga, ‘kan?


7 | Membaca Buku


Membaca buku ketika hujan juga menyenangkan, apalagi ditemani camilan dan kopi. Hal tersebut juga sering saya lakukan, mungkin juga orang lain lakukan. Suasana ketika hujan, mendengarkan tetesan airnya, memberikan ketenangan yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa lebih berkonsentrasi ketika membaca buku.

Nah, itu dia beberapa kegiatan saya ketika hujan turun, kalau kamu bagaimana?

2 komentar:

  1. Di saat hujan seperti ini memang sulit untuk keluar rumah apalagi cuaca yang dingin makin buat kita anteng di kamar sambil pakai selimut :)

    BalasHapus
  2. Bulan November ini sering banget hujan ya, kak. Entah itu hujan di pagi hari, siang hari, atau malam hari. Kalau hujan gini tuh aku jadi gampang laper, kak.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.