MacOs Monterey: Apa yang Baru?

taken from: Pinterest

Pada tanggal 25 Oktober 2021 lalu, Apple merilis sistem operasi baru untuk komputer Macintosh. Sistem operasi tersebut adalah MacOs Monterey yang menggantikan MacOs Big Sur. Meskipun sudah tersedia pada bulan Oktober lalu, saya baru memperbarui sistem operasi Macbook saya kemarin, 6 November 2021.

Apa sih hal yang mendasari saya memperbarui sistem operasi macbook saya? Kalau dipikir-pikir, sebenarnya tidak diperbarui pun macbook saya baik-baik saja dan masih bisa digunakan dengan maksimal. Lagi pula, saya juga belum paham betul semua fungsi di macbook saya ini. Alasan pertama saya memperbarui sistem operasi dari BigSur ke Monterey adalah karena penasaran dan memoji untuk profil.

Memperbarui Sistem Operasi Macbook Monterey


Pengetahuan saya mengenai Macbook sebenarnya sangat sedikit. Bahkan, ketika membeli laptop ini hanya karena ingin mengapresiasi diri karena telah menulis dan konsisten selama ini. Ya, saya memberi hadiah pada diri sendiri dengan produk yang cukup mahal serta menguras tabungan. it’s okay, laptop ini juga nantinya akan membawa saya ke keberhasilan-keberhasilan lainnya. Semoga. Aamiin.

Oke, kembali ke sistem operasi.

Awalnya saya iseng mengecek pembaruan software, ternyata ada pembaruan sistem operasi. Maka dari itu, saya mencari informasi apa saja sih fitur terbaru dari sistem operasi Monterey ini. Setelah mencari informasi, akhirnya saya memperbarui sistem operasi laptop saya. Saya harus mengunduh file 12,13 GB untuk sistem operasi terbaru ini.

Jujur, saya lupa berapa lama mengunduh sistem operasi ini. Yang jelas, saya memulainya malam hari, kemudian melanjutkannya sekitar jam sepuluh pagi hingga selesai semua jam tiga sore. Tentunya, cepat tidaknya mengunduh sistem operasi Monterey hingga selesai penerapan ini tergantung koneksi kamu. Dan lagi, sistem operasi ini tidak bisa diunduh dengan kapasitas baterai di bawah 50%.

Nah, setelah selesai penerapan sistem operasi, inilah hal-hal baru dari MacOs Monterey yang saya ketahui.

1 | Memoji



Buat kamu yang sebelum sudah mempunyai iPhone tentu tidak asing dengan memoji ini. Nah, pada MacOs BiSur fitur ini belum ada. Saya bisa memakai memoji untuk profil di MacOs Monterey dan memang itulah salah satu kelebihan sistem operasi ini. 

Jadi, kamu cukup pergi ke profil kemudian mengatur foto profil macbook kamu dengan memoji. Apabila kamu belum memiliki memoji, kamu tinggal membuatnya. Nah, apa keistimewaan memoji ini? Selain lucu, ketika kamu salah memasukan password memoji kamu akan bereaksi menggemaskan atau cemberut. Memang bukan hal besar, tetapi bagi saya ini menyenangkan sekali.

2 | Meng-copy Tulisan Pada Foto/Gambar



Bila selama ini tulisan pada foto atau gambar tidak bisa di-copy, maka di MacOs Monterey kamu bisa melakukannya. Kamu bisa menyalin tulisan pada gambar maupun foto, kemudian mem-paste di tempat lain. Buat saya fitur ini sangat keren dan menyenangkan.

3 | Quick Note


Pada desktop bagian kanan bawah tersembunyi quick note yang bisa kamu klik ketika kursor mengarah di bagian tersebut. Fitur terbaru ini memudahkan kamu untuk mencatat sesuatu, sehingga tidak perlu repot-repot mencari di launchpad.

4 | Screensaver Helo




Sebenarnya, ini receh sekali, sih dan saya juga kurang tertarik. Tapi, mungkin kamu tertarik mengenai hal ini. Di MacOs Monterey ada screensaver dengan huruf Helo bergerak layaknya di iMac.

5 | Copy Gambar di Situs dan Lainnya



Bila sebelumnya untuk menyimpan file foto maupun gambar dari Pinterest maupun situs lainnya, kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Kini, di MacOs Monterey kamu tak perlu melakukan itu lagi. Cukup dengan klik kanan, kemudian copy, kamu sudah bisa mengirimkannya ke teman kamu. Ya, kamu tinggal paste di pesan maupun status facebook atau lainnya. 

Fitur tersebut cukup memudahkan pengguna macbook dan lagi, tidak perlu menyimpan file. 

6 | Pengelompokan di Safari


Di safari kamu bisa mengelompokan tab-tab sehingga ketika membutuhkannya, kamu tinggal menekan satu kelompok saja dan tab pekerjaan akan terbuka semua. Hal ini sangat membantu saya ketika membuka safari tidak perlu mencari satu per satu situs yang akan saya gunakan.

Sebenarnya, masih banyak fitur baru dari MacOs Monterey ini, seperti berbagi file dengan iPad tanpa menghubungkan melalui kabel dan lainnya atau berbagi video ke iPhone. Hanya saja, saya kurang jelas mengenai hal tersebut karena saya tidak memiliki iPhone maupun iPad. 

Nah, itu dia fitur terbaru dari MacOs Monterey, semoga membantu.

1 komentar:

  1. Wah ada yang baru, mantep banget mac Os jadi tertarik nyoba kalau bisa ngedit yang lucu dan seru kayak gitu.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.