Laman

13 Jan 2022

Jangan Sembarangan, Ini Tips Melakukan Test Drive Pada Mobil Bekas


Bukan hanya berguna untuk memastikan jika kendaraan masih dalam kondisi prima. 

Tentu saja melakukan mobil test drive adalah hal yang harus kamu lakukan untuk bisa merasakan apakah mobil bekas yang akan kamu beli tersebut masih cocok dan bisa memuaskan hasrat mobilitas kamu sehari-hari nantinya.

Melakukan test drive pada mobil Suzuki harus dilakukan dengan teliti, tidak peduli kendaraan yang akan kamu beli tersebut bekas atau baru melakukan test drive wajib hukumnya.

Jadi untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas atau baru, jangan langsung terburu-buru untuk deal dan sepakat membelinya.

Namun anda harus memastikan bahwa mobil yang akan kamu beli tersebut adalah mobil yang selama ini kamu cari.

Tips Melakukan Test Drive Pada Mobil Bekas

Test Drive mobil sendiri adalah salah satu tahapan yang jangan sampai kamu lewatkan ketiak ingin membeli mobil.

Apalagi jika kamu ingin membeli mobil bekas. Sebab dengan melakukan test drive mobil, kita bisa tahu kondisi dari mobil bekas yang sudah kita pilih sebelumnya.

Sebab saat ada masalah teknis, terutama masalah pada kondisi mobil kita bisa langsung tahu sebelum mobil tersebut menjadi milik kita.

Nah untuk kamu yang ingin membeli mobil dan melakukan test drive, berikut di bawah ini adalah beberapa tips melakukan test drive pada mobil bekas yang harus kamu perhatikan.

Mengatur Posisi Tempat Duduk

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dan lakukan saat ingin membeli mobil bekas dan melakukan test drive adalah dengan mengatur posisi tempat duduk. Dengan mengatur posisi tempat duduk.

Tentu saja kamu bisa memastikan jika fungsi dan juga fitur pengaturan tempat duduk tersebut masih berfungsi dengan normal.

Anda bisa memulainya dengan mengatur posisi tempat duduk dan juga kemudi yang nyaman.

Cobalah untuk mengatur posisi dan juga pengaturan turun setir kemudi agar pas dengan posisi lengan dan juga badan. Hal ini bertujuan agar saat mobil sudah menjadi milik kamukamu akan merasa nyaman saat berkendara dengannya.

Menyalakan Mesin

Hal penting yang harus kamu perhatikan saat melakukan test drive mobil adalah jangan langsung menstarter mobil.

Sebaiknya kamu nyalakan dulu posisi kunci di posisi "ON", kemudian perhatikan apakah ada lampu indikator yang menyala atau tidak.

Sebab dari lampu indikator ini kita bisa tahu masalah apa yang ada di dalam mobil. Misalnya ada lampu indikator yang menyala, kemungkinan besar ada masalah di dalam mobil yang harus diperbaiki.

Kamu harus memperhatikan setiap lampu-lampu indikator sampai benar-benar mati baru menyalakan mesin mobil. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah ada masalah di dalam mobil melalui lampu indikator yang ada di dashboard mobil tersebut.

Dengarkan Bunyi Mesin

Langkah selanjutnya, kamu harus memperhatikan bunyi dari mesin mobil. Hal ini sangat penting untuk kamuperhatikan dan lakukan ketika mesin mobil masih dalam kondisi dingin.

Sebab mesin mobil yang masih dingin sering menghasilkan bunyi-bunyi yang dapat menjadi indikasi jika terjadi suatu permasalahan di dalam mesin tersebut.

Setelah mesin sudah menyala, silakan kamu buka kaca pengemudi mobil dan perhatikan bunyi yang dihasilkan oleh mesin mobil tersebut. Apakah mesin mobil mengeluarkan bunyi yang normal atau ada bunyi yang tidak wajar.

Memeriksa Sistem Transmisi

Terakhir, anda juga harus memperhatikan sistem transmisi dari mobil bekas yang akan kamu beli tersebut. Pastikan jika tidak ada jeda lama atau terasa sentakan yang keras setiap perpindahan gigi atau gear. Jika kamu merasakan slip atau hal yang tidak wajar saat melakukan pergantian gigi atau gear, ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Beberapa masalah lainnya adalah seperti gear yang slip, kopling yang sudah diinjak tapi tidak terasa.

Nah itulah beberapa tips melakukan test drive mobil bekas yang harus kamu perhatikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang mungkin sedang ingin melakukan test drive pada mobil bekas sebelum deal membelinya. Selamat melakukan test drive mobil impian.

1 komentar:

  1. Kalau budget gak nyampai tapi pengin beli mobil memang solusinya beli mobil bekas, tapi harus hati-hati. Mobil bekas ini untuk berhemat bukan malah bikin pusing karena sering dirawat :) jadi harus pinter-pinter milih.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^