Laman

22 Apr 2022

Tabungan Bisnis Buat UMKM, Pelaku Usaha Perlu Tahu Manfaatnya!

Saat ini, banyak sekali jenis tabungan yang beredar dan dapat dipilih masyarakat. Tabungan bisnis menjadi salah satunya. Jenis tabungan ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengelola keuangannya.



Sebagai pelaku usaha, manajemen keuangan menjadi hal yang perlu diperhatikan agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, membuat tabungan bisnis merupakan langkah awal dalam perencanaan keuangan sebuah bisnis.

Namun, sering kali para pemilik bisnis khususnya pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) mengabaikan hal tersebut. Banyak di antara pelaku UMKM masih menggabungkan tabungan pribadi dengan tabungan bisnis di satu rekening yang sama.

Sebagai pelaku usaha yang memiliki perencanaan matang, kamu perlu tahu mengenai pentingnya memiliki tabungan bisnis.

Kenalan Dengan Tabungan Bisnis


Tabungan bisnis merupakan jenis tabungan yang dikhususkan bagi pelaku usaha, baik perorangan maupun perusahaan untuk mengelola keuangan bisnis secara lebih matang.

Dalam tabungan bisnis, biasanya suku bunga yang ditawarkan lebih kompetitif dibanding jenis tabungan lainnya. Tabungan bisnis juga memiliki beberapa fitur dan fleksibilitas yang dapat memperlancar transaksi bisnis.

Di samping itu, tabungan bisnis juga memiliki beberapa kelebihan lain dibandingkan dengan produk keuangan lainnya. Seperti terdapat transaksi pada buku tabungan disajikan secara detail dan lengkap, fasilitas transaksi otomatis, dan adanya beragam hal lainnya.

Saat ini, banyak bank yang menawarkan tabungan bisnis bagi pelaku UMKM. Pasalnya, pelaku usaha dalam skala ini terus mengalami peningkatan.

Manfaat Tabungan Bisnis Buat UMKM


Setelah mengetahui sekilas tentang tabungan bisnis beserta keunggulannya, kini kamu dapat menilai manfaat yang bisa diperoleh. Berikut beberapa manfaat tabungan bisnis bagi pelaku UMKM.


Melindungi Aset Pribadi Pelaku Usaha


Seperti yang telah disebutkan, saat ini masih banyak pelaku usaha yang menggunakan tabungan pribadi dan bisnis di satu rekening yang sama. Hal tersebut dapat membuat pengelolaan keuangan tidak rapi dan memungkinkan aset pribadi terpakai untuk keperluan usaha.

Oleh karena itu, rekening pribadi dan bisnis perlu dipisahkan. Hal itu juga berfungsi sebagai batas pemakaian aset pribadi dengan aset usaha.

Hal itu juga dimaksudkan agar aset pribadi tetap aman jika suatu saat bisnis yang kita jalankan mengalami kerugian.


Efisiensi Pengelolaan Keuangan Usaha


Pengelolaan keuangan yang matang menjadi hal kunci bagi keberlangsungan bisnis. Melalui tabungan bisnis, kamu dapat dengan mudah mengelola keuangan bisnis agar lebih efisien.

Dengan tabungan bisnis, kamu dapat melihat alur pemasukan dan pengeluaran keuangan secara lebih terperinci. Sehingga kamu dapat menentukan prioritas pengeluaran bisnismu di kemudian hari.

Dengan begitu, usahamu dapat terus berkembang dengan kondisi keuangan yang sehat.


Meningkatkan Kredibilitas Usaha


Kredibilitas suatu usaha merupakan hal penting agar bisnis dapat terus berkembang. Bisnis yang memiliki rekening usaha sendiri akan dipandang lebih profesional dibanding usaha yang masih mencampurkan tabungan pribadi dengan tabungan bisnis.

Konsumen, mitra, ataupun klien akan lebih percaya dengan bisnis yang memiliki rekening bukan atas nama pribadi.


Lebih Mudah Dalam Mengajukan Pinjaman Modal Usaha


Modal adalah hal kunci dalam pengembangan usaha. Pinjaman modal usaha dari bank atau lembaga keuangan lainnya dapat menjadi salah satu cara mengakselerasikan bisnis.

Pada saat pengajuan pinjaman, pihak bank atau lembaga keuangan lain membutuhkan beberapa dokumen pendukung sebelum memberi pinjaman. Nah di sinilah pentingnya tabungan bisnis.

Untuk membuktikan potensi pengembangan usaha, kamu perlu menunjukkan laporan pemasukan dan pengeluaran serta laporan arus kas. Dengan adanya tabungan bisnis, laporan tersebut tidak akan tercampur dengan aset pribadi yang akhirnya dapat terbuka secara lebar peluang realisasi pinjaman.


Bunga Lebih Tinggi


Pada tabungan bisnis, suku bunga yang ditawarkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan pribadi.

Seiring berkembangnya usaha, uang di dalam rekening bisnis pun akan semakin bertambah. Tabungan bisnis yang sehat bisa mendapat kesempatan memperoleh bunga yang lebih besar.

Pelaku usaha dapat memperoleh bunga sebesar 4% dari total saldo tabungan. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi pemilik usaha yang ingin mengekspansi bisnisnya.

Itulah penjelasan mengenai tabungan bisnis beserta manfaatnya bagi pelaku UMKM. Jika kamu masih penasaran produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan, kamu dapat menggunakan layanan CekAja.com.

Melalui CekAja.com, kamu juga dapat melakukan perbandingan produk tabungan yang cocok dengan kondisi dan kebutuhanmu.

Selain itu, kamu dapat mengajukan pembuatan tabungan secara online melalui CekAja.com. Pendaftaran tabungan lewat CekAja.com dijamin aman karena CekAja.com telah terdaftar dan diawasi OJK.

Mari pilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhanmu melalui https://www.cekaja.com/tabungan .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^