Laman

27 Jun 2022

Cara Mendapatkan Buku atau Novel Murah



Seringnya, di Tiktok saya membuat video mengenai buku. Beberapa waktu lalu, ada salah satu orang yang berkomentar, bagaimana saya bisa mendapatkan buku murah. Dalam video tersebut saya menyebutkan beberapa judul buku dan harga yang saya keluarkan untuk membeli buku itu. Katanya, buku yang dibelinya lebih mahal.

Tampaknya, tak banyak pecinta buku yang tahu bagaimana mendapatkan buku murah, bahkan gratis. Saya hampir tidak pernah membeli buku di toko buku offline, sebab kebanyakan harga buku di offline bookstore itu harga asli dan tidak ada diskon. Tentu saja, kecuali toko buku Uranus, Togamas, dan beberapa toko buku offline lainnya.

Namun, semurah-murahnya di toko buku offline, tetap saja di toko buku online lebih murah. Belum lagi, ada diskon dari aplikasi.

Nah, begini cara saya mendapatkan buku murah atau diskon, bahkan gratis.

Cara Mendapatkan Buku atau Novel Murah



1 | Mencari Harga Paling Murah


Alasan utama saya selalu membeli buku atau novel di toko online adalah karena harganya yang relatif murah. Toko online cenderung memberikan harga di bawah harga toko. 

Di marketplace ada fitur mengurutkan harga termahal ke termurah dan sebaliknya. Saya memanfaatkan itu untuk mendapatkan buku atau novel termurah di marketplace. Tentu saja, saya melihat terlebih dahulu apakah buku itu asli atau bajakan. 

Selain mencari harga buku termurah, saya mencari potongan ongkos kirim. Biasanya, saya memilih membeli di daerah Jawa Timur (rumah saya) karena ongkos kirimnya lebih murah dan dapat potongan ongkos kirim.

2 | Promo di Aplikasi Marketplace



Selain mencari harga termurah, saya selalu mengecek promo yang ditawarkan aplikasi marketplace. Biasanya, saya mengandalkan promo di Tokopedia yang memberikan potongan Rp 20.000,-. Ingat, ya, potongan bukan cashback. Tapi, kalau memang bisa memanfaatkan cashback juga tidak masalah.

Sebagai contoh, novel Dua Belas Pasang Mata ini harga toko buku offline sekitar Rp 70.000,-. Di toko online paling murah dapat Rp 58.000,-, kemudian saya dapat diskon Rp 20.000, sedangkan ongkos kirim gratis. Maka, saya hanya membayar seharga Rp 38.000,- saja.

3 | Mencari Buku Original Preloved


Sebelum mencari novel yang baru, saya mengutamakan mencari novel original preloved. Bagi saya, bukan kepuasan membuka segel buku yang saya butuhkan, tetapi mengenai membaca itu sendiri. Selain itu, mendapatkan buku bekas pun menyenangkan karena beberapa hal seperti dapat cover lama, aroma apak, kertas menguning dan lainnya (ini selera saya, ya).

Membeli buku preloved juga kemungkinan kamu bisa menawarkan untuk harga yang ditawarkan oleh penjual. Tentu saja, harga yang kamu tawar harus masuk akal, ya.

4 | Bergabung Mitra Tiktok


Nah, untuk cara keempat ini saya mendapatkannya secara gratis atau dibarter dengan review di Tiktok. Jadi, kalau kamu tahu Tiktok Shop, maka kamu pasti tahu Tiktok Affiliates. Saya biasanya mengajukan beberapa judul buku di toko buku online di Tiktok. Setelah penjual menyetujui, mereka mengirimkan buku tersebut dan saya bertugas untuk mempromosikannya.

Bergabung dengan Tiktok Affiliates, selain mendapatkan sample gratis pun kalau buku laku, kamu mendapatkan komisi.

Begitulah cara saya mendapatkan buku murah, bahkan gratis. Maka, tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca buku karena kita bisa mendapatkannya dengan murah dan gratis.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Nah, sekarang banyak banget yang jualan buku murah apalagi dengan adanya online shop makin banyak promo yang bisa didapatkan. Asal jangan sampai ketipu sama buku bajakan yang murahnya bikin harga buku anjlok, udah pasti itu bajakan. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^