6 Rekomendasi Platform Menulis Online



6 Rekomendasi Platform Menulis Online - Sebelumnya, saya sudah menuliskan rekomendasi platform menulis online berbayar. Sekarang, saya ingin menambahi daftar tersebut, tetapi pada artikel ini lebih ke rekomendasi platform menulis online yang bisa kamu pergunakan untuk latihan menulis novel atau menunjukkan karya kamu.

Harapan saya dengan membaca artikel ini, kamu tahu harus ke platform menulis mana. Dengan begitu, kamu bisa memulai untuk memamerkan karya kamu. Setiap platform menulis online memiliki kekurangan dan kelebihan. Saya memberikan 6 rekomendasi platform menulis online ini, sebab saya merasa enam platform ini paling mudah untuk diikuti oleh penulis.

Rekomendasi Platform Menulis Online


1 | Wattpad


Hampir semua pembaca dan penulis mengenal Wattpad. Bahkan, Wattpad adalah platform menulis pertama yang saya kenal, sebelum pada bermunculan platform menulis online baru. 

Di Wattpad kamu bisa membuat karya secara gratis. Pembaca pun bisa membaca karya kamu dengan gratis maupun berbayar kalau karya kamu sudah dikontrak.

Sayangnya, di Wattpad belum bisa mengajukan naskah secara manual, sehingga kamu harus menunggu mendapatkan tawaran dari editor Wattpad.

Wattpad merupakan platform menulis dari Kanada, sehingga ketika karya kamu berbayar, maka kamu akan mendapatkan bayaran dollar. 

Pembaca kamu diharuskan membeli koin Wattpad untuk membuka cerita kamu yang berbayar.

Di Wattpad pun memiliki peluang besar bagi novel kamu untuk dijadikan series/film/serial TV.

Wattpad bisa diakses melalui website maupun lewat aplikasi android maupun iOS.

2 | Cabaca


Cabaca merupakan platform online buatan Indonesia. Di Cabaca kamu bisa menulis dengan bebas dan pembaca bisa membaca secara gratis maupun berbayar. Sebagai penulis, kamu bisa mengajukan naskah untuk diseleksi. Apabila sudah diterima oleh editor, maka kamu akan mendapatkan kontrak kerja sama dan novel kamu menjadi novel eksklusif atau berbayar.

Di awal kontrak, kamu akan mendapatkan uang muka.

Cabaca bisa diakses melalui website maupun berupa aplikasi.

3 | Storial


Tak berbeda jauh dengan Cabaca, Storial juga aplikasi buatan Indonesia. Mereka juga menerapkan sistem seleksi, kemudian ada editor yang akan membantu kamu memperbaiki naskah. Kamu pun bisa membiarkan naskah kamu dibaca gratis.

Di Storial naskah kamu kemungkinan bisa dibukukan atau diterbitkan oleh Storial. 

4 | KBM


Apabila tiga platform di atas untuk menjadikan naskah berbayar butuh seleksi, maka di KBM berbeda. KBM yang awalnya merupakan grup menulis di facebook, kini menjadi platform menulis yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi.

Di KBM kamu bisa membiarkan naskah kamu dibaca gratis atau bisa kamu jadikan berbayar, tanpa seleksi. Setelah menulis bab 8, kamu akan menemukan menu untuk menjadikan novel kamu berbayar.

Mengenai harga per-bab, kamu bisa menentukannya sendiri. Jadi, di sini tidak ada editor yang membantu kamu membetulkan naskah, ataupun membuatkanmu cover. Semua terserah kamu.

5 | Karyakarsa


Tidak jauh berbeda dengan KBM, sistem di Karyakarsa juga sama. Kamu bebas menjadikan karya kamu berbayar atau tidak, menentukan harga sendiri. Bahkan, sejak bab awal, kamu bisa menjadikan karya kamu berbayar. Lalu, di sini juga tidak hanya ada novel saja. Pun ada komik, ilustrasi, artikel, dll. 

6 | GWP


Di GWP semua cerita yang diunggah adalah gratis. Tapi, kamu bisa mendapatkan kesempatan dilirik oleh editor yang sekelompok dengan Gramedia. Selain itu, ada juga peluang untuk difilmkan maupun series.

Diluar sana banyak sekali platform menulis online. Menurut saya, enam platform di atas tidak memberatkan penulis. Sehingga, sangat nyaman digunakan, terutama untuk penulis yang baru mau menulis di platform online.

Nah, itu dia 6 rekomendasi platform menulis online yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Nah ini pas banget buat penulis, aku sendiri wattpad sama KBM. Sekarang banyak banget aplikasi untuk penulis tapi enggak semua bisa nyaman dan mudah digunakan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^