Bagaimana Cara Membeli Koin Wattpad


Pada tanggal 26 Agustus 2020 lalu, naskah saya After Wedding yang saya unggah di Wattpad, resmi menjadi naskah berbayar. Dengan kata lain, ketika kamu membaca cerita tersebut harus membukanya dengan koin. Setelah satu minggu berlalu, ternyata banyak pembaca yang tidak tahu bagaimana cara membeli koin di Wattpad. Ada yang kesusahan ketika ingin membaca novel After Wedding  karya Wulan Kenanga atau saya sendiri. Untuk itu, sebagai bentuk menanggapi pertanyaan mengenai cara membeli koin Wattpad, saya menuliskan tutorialnya di sini. Sehingga, saya tidak usah membalas satu per satu pesan yang masuk.

 

Cara membeli koin Wattpad tidak jauh berbeda dengan cara berlangganan Wattpad Premium, yang pernah saya tunjukan caranya dalam unggahan Cara Mendapatkan Pembaca dan Pengikut di Wattpad. Akan tetapi, untuk memperjelas cara membeli koin di Wattpad akan saya tunjukkan di bawah ini.

 

Cara Membeli Koin di Wattpad

Sedikit mengenai Wattpad yakni sebuah apilikasi atau situs yang memungkinkan bagi kita untuk membaca dan menulis cerita di sana. Menulis cerita di Wattpad tidak dipungut biaya, maupun membaca cerita di sana. Tapi, ada beberapa cerita yang terpilih sebagai cerita paid stories sehingga kita harus membelinya dengan koin untuk bisa membaca keseluruhan cerita. Nah, untuk membeli koin ini, kita harus menggunakan aplikasi, sebab tidak bisa menggunakan Wattpad web. 

 

1 | Unduh Aplikasi Wattpad

 

Kita bisa mengakses Wattpad melalui browser maupun aplikasi, akan tetapi untuk membeli koin harus menginstall aplikasi Wattpad terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya lewat playstore kemudian tunggu aplikasi terpasang. Setelah itu, barulah kamu bisa login atau sign up untuk yang belum memiliki akun Wattpad.

 

2 | Masuk ke Profil

 

 


Setelah login, silakan masuk ke profil kamu. Di sana akan ada fitur jumlah koin yang kamu miliki. Pada tombol tersebut ada ikon tanda plus (+). Pada tanda plus langsung klik saja, lalu akan mengarah ke halaman lain. 

 

3 | Pilih Paket Koin

 


 

Setiap bab cerita berbayar memiliki harga 3 koin. Apabila cerita tersebut sudah selesai, maka kamu bisa membelinya langsung dan biasanya lebih hemat. Untuk itu, pada halaman ini kamu bisa menentukan berapa koin yang kamu butuhkan untuk membaca satu cerita. 

 

4 | Pilih Pembayaran

 


 

Setelah memilih paket koin, kamu bisa memilih metode pembayaran. Alat pembayaran yang bisa kamu pilih yakni dengan pulsa, OVO, Gopay, dan alat pembayaran lainnya yang disediakan oleh Wattpad. 

 

Nantinya, Wattpad akan otomatis mendeteksi provider apa yang kamu pergunakan. Usahakan pulsa kamu mencukupi, ya. Apabila membeli paket koin 21 ribu usahakan pulsa kamu melebihi jumlah tersebut, sebab nantinya akan dikenakan pajak dan lainnya.

 

Untuk membaca novel After Wedding kamu cukup membayar dengan 58 koin, sehingga sisa koin yang kamu punya bisa kamu pergunakan untuk membeli cerita Paid Stories lainnya.

 

5 | Buka Cerita Berbayar

 


 

Setelah berhasil membeli koin, kamu tinggal membuka cerita berbayar. Kalau mau membaca novel saya After Wedding tinggal buka cerita tersebut, kemudian baca bab yang gratis. Lalu, di bab tujuh ketika diminta membuka dengan koin pilih membeli cerita penuh. Kalau memilih cerita yang penuh, maka kamu bisa membaca keseluruhan cerita. Kamu juga bisa membaca dengan per-bab untuk membukanya, kamu memerlukan 3 koin saja.

 

Nah, itu dia cara membeli koin Wattpad dan membuka cerita Paid Stories di Wattpad. Apabila setelah membuka cerita, bab yang kamu inginkan masih terkunci atau tidak muncul, kamu bisa keluar kemudian login kembali akun Wattpad kamu, ya. 

 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.