Mar 20, 2023

Bisakah Ngeblog Dijadikan Pekerjaan Utama?



Bisakah Ngeblog Dijadikan Pekerjaan Utama? - Pernahkah kamu berpikir untuk menjadikan kegiatan menulis blog menjadi pekerjaan utama?

Terus terang, saya tidak pernah berpikir begitu. Tapi, akhirnya saya melakukan hal itu. Dengan kata lain, menjadikan kegiatan menulis blog pekerjaan utama sangat mungkin.

Ngeblog bisa dijadikan pekerjaan utama jika dilakukan dengan serius dan konsisten. Namun, menjadi seorang blogger profesional bukanlah hal yang mudah dan memerlukan kerja keras, waktu, dan dedikasi yang tinggi.

Minimal kamu harus memiliki blog berusia enam bulan dan secara konsisten mengisinya dengan artikel bermanfaat. Lalu, setelah itu kamu bisa mengajukan blog kamu ke job-job yang ada. Nah, untuk bisa menemukan informasi mengenai job tersebut kamu harus bergabung dengan komunitas blogger dan menyerap informasi yang ada di sana. 

Pekerjaan Utama Ngeblog


Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama:

1 | Konsistensi dalam menulis



Untuk membangun audiens dan membuat blog populer, konsistensi dalam menulis adalah kunci. Seorang blogger profesional harus bisa menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat secara teratur. 

Kamu harus berlaja bagaimana menulis artikel yang baik dan memperhatikan kaidah menulis yang ada. Untuk itu, pastikan tulisan kamu orisinal sehingga artikel yang kamu sajikan akan lebih berkualitas. Jangan lupa sertakan foto pendukung agar lebih menarik perhatian pembaca.

2 | Pemahaman SEO



SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk membuat blog kamu dikenal oleh orang banyak dan berada di peringkat teratas dalam hasil pencarian. Seorang blogger profesional harus memahami dan menerapkan teknik SEO dengan benar. Namun, apabila kamu belum mengerti mengenai SEO hal itu tidak masalah. Kamu tetap bisa menulis sesuai keinginan. Sebab, apabila kamu terlalu memikirkan SEO, bisa-bisa tidak ada artikel yang kamu publikasikan.

3 | Mengelola Waktu Dengan Baik



Menjadi seorang blogger profesional membutuhkan pengaturan waktu yang baik. Seorang blogger harus mampu mengatur waktu dengan baik agar bisa menyelesaikan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam waktu yang efektif.

Misalnya, nanti kamu akan mendapatkan job dari brand dan waktunya berbarengan. Kamu harus jago bernegosiasi dengan klien agar waktu tidak bertabrakan. Selain itu, ada kalanya kamu harus update di hari-hari tertentu. Menjadi blogger sama saja menjadi pekerja lepas, kamu harus jago untuk mengatur waktu.

4 | Konsistensi Dalam Promosi Blog



Promosi blog secara konsisten dan cerdas sangat penting untuk membangun audiens dan menghasilkan uang dari blog. Seorang blogger harus mengembangkan strategi promosi yang efektif dan konsisten. 

Kamu bisa melakukannya dengan ikut komunitas blogger. Dengan bergabung, kamu bisa mempromosikan artikel yang baru saja kamu publikasikan. Apabila ada yang membacanya, hal itu akan menambah traffic blog kamu.

5 | Keterampilan Pemasaran dan Branding



Seorang blogger profesional harus mampu memasarkan dan membranding diri mereka sendiri serta blog mereka dengan baik. Keterampilan pemasaran dan branding dapat membantu seorang blogger untuk menarik lebih banyak audiens dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Jadi, menjadi seorang blogger profesional bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, jika dilakukan dengan serius dan konsisten, ngeblog bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan dan bahkan bisa menjadi pekerjaan utama yang memuaskan.

Sejauh ini, saya menjadi blogger sangat menyenangkan. Namun, ada kalanya ketika tidak ada pekerjaan sama sekali. Untuk itu, kamu harus lebih kreatif dalam membangun audiens dan menarik minat pembaca.

Semoga bermanfaat!

pic taken from pexels.com

2 Comments:

  1. Selama ini ngeblog cuma dijadikan pekerjaan kedua setelah pekerjaan tetap, hanya freelance yang dikerjakan saat senggang lah intinya. Padahal kalau ditekuni dan dijadikan pekerjaan utama juga lumayan. Memang saat ingin fokus sama suatu pekerjaan itu malah peluangnya besar. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih bayak atas sharing ilmunya, kalau boleh shari juga tentang komunitas blog

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost