Mar 16, 2023

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Blogger



Seringnya, kita mendengar bahwa ilmu di sekolah tidak semua akan digunakan dalam dunia nyata atau dunia kerja. Tapi, kita tidak pernah tahu ilmu mana yang akan menyelamatkan kita kelak. 

Berawal dari tugas sekolah saya memiliki blog personal. Nyatanya, blog tersebut bisa dimonetisasi dan akhirnya menjadi salah satu sumber penghasilan saya selama ini. Nah, sebenarnya apa sih skill yang harus dimiliki oleh blogger? Atau minimal keahlian tersebut kamu miliki untuk menjadi blogger profesional.

Di bawah ini merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar dia menjadi blogger yang menghasilkan.

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Blogger


1 | Menulis Artikel Dengan Baik

Sudah pasti untuk menjadi blogger, kamu harus bisa menulis dengan baik. Bukan sekadar menulis saja, kamu pun harus belajar menulis sesuai kaidah yang ada. Bisa saja kamu menulis blog dengan bahasa kamu sendiri, tetapi kebanyakan orang menyukai tulisan dengan tata bahasa yang baik, menarik, dan membuat penasaran.

Untuk membantu kamu menulis artikel dengan baik, kamu bisa membaca tulisan blogger lain, membaca buku, dan terus mengasah diri.

2 | Foto Produk

Kamu harus belajar foto produk, terutama bagi yang suka mengulas produk seperti make up, skincare, buku, dan produk lainnya. Sebab, dengan bisa foto produk artikel yang kamu sajikan lebih bagus dan informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami. Selain itu, hal itu menjadi nilai plus untuk blog kamu. Apalagi kalau nantinya blog kamu akan kamu monetisasi.

3 | SEO Sederhana

Kamu tidak perlu menjadi expert dalam SEO untuk menjadi blogger. Hanya saja, kamu harus paham mengenai SEO sederhana untuk artikel yang akan kamu unggah di blog. Bukan apa-apa, menerapkan SEO sederhana bisa memberikan traffic yang baik untuk blog kamu nantinya. Sangat mempengaruhi kunjungan yang masuk.

4 | Dasar Desain

Untuk apa bisa dasar desain atau desain sederhana untuk blog? Kamu tidak perlu belajar susah-susah, kok. Cukup kreatif menggunakan Canva saja. Sebab, ada beberapa hal untuk artikel kamu yang mengharuskan menggunakan desain sederhana. Maka, mulailah belajar desain sederhana dengan Canva. 

5 | Personal Branding

Sebagai blogger, kamu juga harus punya keahlian memperkenalkan diri di media sosial. Kamu ingin dikenal sebagai siapa? Nah, dengan memiliki personal branding, kamu bisa mudah dikenal oleh calon klien atau blogger lainnya. 

6 | Komunikasi atau Negosiasi yang Baik

Apabila nantinya kamu akan memonetisasi blog, maka kamu harus bisa bernegosiasi untuk menentukan harga artikel yang akan diunggah di blog kamu. Maka, kamu harus jago berkomunikasi. Tidak harus dalam bentuk suara, kok, tetapi berkomunikasi via e-mail maupun whatsapp. Kamu harus tahu berapa harga yang kamu ajukan dengan melihat siapa klien yang kamu hadapi.

Apa kamu butuh tips untuk memenangkan negosiasi?

7 | Tidak Gagap Tekhnologi

Mau tidak mau, sebagai blogger kamu tidak boleh gagap tekhnologi. Sebagai blogger kamu akan dihadapkan dengan beberapa platform yang ada. Di lain waktu kamu harus menambahkan ini itu ke blog. Tidak mungkin, kan, kamu meminta orang lain terus menerus untuk melakukannya? Tergantung dengan orang lain terus menerus bukanlah hal yang bagus, sehingga kamu harus belajar lagi dan lagi.

Misalnya, kamu harus menambahkan kode tertentu ke HTML blog. Maka, kamu harus mengerti dan paham seluk beluk platform yang kamu pakai. Karena dengan mengerti dan tidak gagap tekhnologi, pekerjaan kamu akan lebih mudah.

8 | Up to date

Up to date dalam hal ini adalah mengenai berita-berita tertentu. Apalagi, kalau kamu ingin traffic naik pesat dan ingin tema yang kamu tulis dibaca orang lain. Mengikuti berita yang sedang viral sangat bagus dalam menaikkan traffic, tetapi kamu juga harus menjaga jarimu sebelum mengetik dan mengunggahnya.

Itu dia beberapa keahlian yang harus kamu pelajari. Nyatanya, menjadi blogger bukan hanya harus jago menulis saja, pun harus mengerti dasar keahlian lainnya. 

Semoga bermanfaat!

1 Comments:

  1. Setelah jadi blogger akan tahu kalau bekalnya tidak hanya harus memiliki skill penulis, tetapi juga foto, desain, dan masih banyak lagi. Di masa sekarang juga semakin banyak blogger, jadi kalau enggak pandai-pandai bikin konten kreatif dan menarik audiens sulit. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost