Jul 3, 2023

Tips Membeli Rumah yang Wajib Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Pilih

taken from: pexels.com


Untuk membeli rumah, tentunya kamu akan mempertimbangkan banyak hal. Terutama, mengenai budget yang kamu miliki. Memang, membeli rumah tidak semudah membeli kacang rebus di tepi jalan. Kamu asal memilih dan apabila ada cacat pada kacang tersebut, kamu tinggal membuangnya saja.

Itulah kenapa kamu harus berhati-hati dalam mengambil keputusan ketika membeli rumah. Pertimbangkan baik-baik, sebelum mengambil keputusan. Di bawah ini merupakan hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika membeli rumah.

1 | Sesuaikan Dengan Budget


Hanya karena kamu ingin sekali memiliki rumah, kamu tidak bijak dalam mengatur finansial. Untuk mengambil rumah secara kredit, utamakan kebutuhan pokok. Lalu, kamu bisa mengalokasikan gaji yang kamu miliki dan besar tanggungan yang harus kamu bayar tiap bulan. Dengan begitu, kamu bisa tahu berapa harga rumah yang bisa kamu ambil, gaji pokok, dan kebutuhan sehari-hari.

Kamu juga harus tahu, ingin mengambil kredit rumah berapa tahun. Sebab, membeli rumah dan kredit bukanlah hal yang main-main, serta akan mempengaruhi finansial dan gaya hidup kamu. Untuk itu, kamu harus benar-benar bijak memilih.

2 | Cari Developer Terpercaya


Sudah bukan sekali dua kali banyak calon pembeli hunian tertipu oleh developer. Untuk itu, carilah developer terpercaya dengan melihat riwayat kerja mereka. Untuk itu, lebih baik kamu mencari developer dari kenalan kamu, sehingga akan lebih terpercaya apalagi kenalan kamu sudah berpengalaman dengan developer tersebut.

3 | Pilih Sistem Pembayaran Terbaik


Pilihlah sistem pembayaran terbaik untukmu. Tentunya, apabila kamu ingin membeli rumah secara kredit, tentunya kamu harus memikirkan uang muka yang sesuai, sehingga bulanan kamu akan lebih ringan. 

4 | Sesuaikan Uang Muka dan Harganya


Menyesuaikan uang muka dan harganya sangat perlu kamu pertimbangkan, sebab itu memperngaruhi biaya yang harus kamu bayar tiap bulannya. Apabila suatu saat kamu ingin melunasi kredit kamu, kamu pun harus tahu konsenkuesinya, serta berapa biaya yang harus kamu bayar.

Jika jangka waktu pinjaman awal kamu adalah 25 tahun tetapi kamu ingin melunasi pinjaman dalam 15 tahun, maka kamu dapat menetapkan jangka waktu pinjaman menjadi 15 tahun dan ini akan menunjukkan kepada kamu pembayaran bulanan yang perlu dilakukan untuk melunasi utang dalam waktu 15 tahun. 




Kamu bisa menggunakan simulasi kelebihan pembayaran pinjaman (loan overpayment) agar kamu bisa tahu berapa jumlah yang harus kamu bayar selanjutnya. Dengan begitu, kamu bisa mengkira-kira berapa dana yang harus dipersiapkan.

5 | Lokasi Startegis, Nyaman dan Aman


Kamu juga harus mempertimbangkan mengenai lokasi rumah kamu, apakah rumah itu startegis? Startegis di sini bukan sekadar berada di tepi jalan besar, tetapi bisa jadi dekat mana-mana. Mungkin, bisa dekat bandara, terminal, atau stasiun. Lalu, cari lokasi yang nyaman dan tentunya aman.

Kamu harus melihat profit ke depannya dari perumahan yang kamu huni. Bisa jadi, kamu tidak akan selamanya berada di rumah itu. Sehingga, cari kemungkinan kamu akan mudah menjualnya.

Adanya Covid-19 menjadi pemicu dalam mencari hunian yang nyaman, selain untuk tempat tinggal, pun untuk bekerja dari rumah. Oleh sebab itu, alangkah baiknya mencari rumah yang benar-benar baik dari segi apa pun.

0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^