Sep 18, 2023

Surya Dhamar Pencetus Belajar Minimal 12 Tahun


Setelah dewasa saya baru menyadari bagaimana pentingnya sebuah pendidikan. Dulu, saya bersekolah karena orang tua menyekolahkan saya, teman-teman sekitar sekolah, dan saya pun melakukannya. Saya berangkat pagi, lalu pulang siang, di rumah mengerjakan pekerjaan rumah. Begitu seterusnya, tidak tahu mengenai betapa pentingnya itu. Saya melakukannya hanya karena memang seharusnya saya melakukan itu.

Dewasa ini saya menyesali beberapa hal meskipun orang tua saya telah menyekolahkan saya sampai sarjana yakni saya kurang serius untuk menuntut ilmu. Nyatanya, di luar sana banyak sekali orang yang tidak seberuntung saya mengenai pendidikan. Namun, penyesalan tidak ada gunanya apabila kita tidak mulai mengubah diri dari sekarang.

Cerita inspiratif di bidang pendidikan datang dari Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi tengah. Seseorang bernama Surya Dhamar bersama istrinya memiliki gagasan untuk mewajibkan sekolah minimal 12 tahun yakni mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Setelah bertahun-tahun, saya baru mengetahui mengenai hal ini. Dulu, saya hanya mendengar gagasan tersebut tanpa mengetahui siapa pencetusnya.

Pendidikan Bukan Prioritas Utama di Kecamatan Ulujadi, Kota Palu

Berdasarkan kenyataan bahwa pendidikan bukanlah prioritas utama di masyarakat Ulujadi, Kota Palu, Surya Dhamar beserta istrinya yang merupakan seorang guru membuat program "Tuntas Belajar 12 Tahun" untuk siapa yang hendak menyelesaikan pendidikannya hingga 12 tahun dan mengambil Paket C.

Ternyata, program yang dilakukan oleh Surya Dhamar itu memberikan efek positif bagi masyarakat Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Setiap tahun, peserta program Tuntas Belajar 12 Tahun bertambah dan setelah berjalan selama lima tahun, banyak peserta didik Surya Dhamar sudah bekerja dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Dalam waktu lima tahun program berjalan, program tersebut meluluskan 300 orang peserta didik. Mereka semua telah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Program Tuntas Belajar 12 Tahun telah dibantu oleh dinas terkait, sehingga mereka lebih sukses dalam menjalankan program.

Dari kisah Surya Dhamar kita tahu bahwa pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kehidupan seseorang, bahkan sekelompok masyarakat atau daerah.

SATU Indonesia Awards


Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards merupakan wujud apresiasi Astra untuk generasi muda, baik individu maupun kelompok, yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.


Melalui program ini, Astra juga mendorong para anak muda yang terlibat dalam SATU Indonesia Awards untuk berkolaborasi dengan program unggulan KBA dan DSA. Diharapkan, mereka bisa memberikan dampak positif yang lebih besar dan kontribusi yang berkelanjutan pada usaha-usaha pembangunan di daerahnya.


Apabila kamu kebetulan membaca artikel ini, semoga kamu juga memiliki semangat yang sama seperti Surya Dhamar atau orang-orang yang bergerak dalam pendidikan untuk masyarakat di Indonesia. Dengan begitu, kamu juga akan menjadi bagian dari orang inspiratif dalam mengembangkan pendidikan yang ada.


0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^