Dec 18, 2023

Tips Agar Kamu Lebih Rajin Menulis Blog dan Lebih Menguntungkan


Tips Agar Kamu Lebih Rajin Menulis Blog dan Lebih MenguntungkanSalah satu pertanyaan yang masuk dalam direct message saya adalah bagaimana cara konsisten untuk menulis blog? Rasanya, pertanyaan itu perlu saya tanyakan juga, sebab saat ini saya sedang tidak konsisten dalam memperbarui blog. Kalau menulis, sih, masih, ya. Namun, saya memiliki tips untuk blogger pemula agar lebih rajin menulis blog dan tentu saja akan mendatangkan keuntungan lebih.

Hal ini bagus untuk kamu yang ingin memonetisasi blog. Sebab, brand atau klien suka bekerja sama dengan blogger aktif dan rajin menulis di blognya. 

Baca juga cara monetisasi blog.

Tips Agar Lebih Rajin Menulis Blog


1 | Gabung Komunitas


Kamu bisa ikut komunitas blogger yang ada di facebook. Ingat! Kamu harus baca syarat dan ketentuan komunitas tersebut sebelum bergabung. Setiap komunitas blogger memiliki aturan tersendiri, sehingga kamu tidak bisa asal bergabung.

Dengan bergabung dengan sebuah komunitas kamu akan lebih mendapatkan support antar blogger. Percayalah, kamu akan lebih rajin apabila memiliki teman sesama blogger.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai dunia blogger yang mungkin tidak kamu dapatkan di luar. Sebab, pengalaman setiap blogger pasti berbeda-beda. Sudut pandang setiap blogger itu sangat menarik!

Belum lagi, kalau ada informasi event offline atau informasi soal pekerjaan.

2 | Ikut Program One Day One Post (ODOP)


Biasanya admin komunitas atau grup akan mengadakan program one day one post (ODOP). Umumnya, ODOP akan diadakan selama satu bulan penuh. Di mana kamu cukup menulis tema yang sudah disediakan setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa tersulut untuk menulis setiap hari.

Sudah pasti kamu akan mendapatkan teman untuk saling mendukung agar kamu bisa mengikuti program sampai selesai selama satu bulan.

Mengikuti ODOP bisa melatih kamu untuk lebih konsisten menulis blog. Selain itu, bagi kamu yang masih pemula akan lebih banyak belajar dalam menulis artikel. Jadi, ketika ada event ODOP, kamu ikut saja.

3 | Kumpulkan Ide Blog


Apabila kamu tidak ingin mengikuti program ODOP, kamu bisa mencatat dan mengumpulkan ide-ide untuk blog kamu. Kamu bisa mencari ide-ide itu lewat pinterest.com. Cukup search “blog idea”, maka kamu akan menemukan banyak ide yang bermunculan.

Dengan menulis ide-ide yang ada, kamu tidak perlu memikirkan lagi ide untuk menulis artikel di blog. Kamu tinggal menulis saja dan ini lebih menghemat waktu. 

4 | Blogwalking


Blogwalking adalah istilah untuk jalan-jalan ke blog orang lain. Dengan kata lain membaca artikel dari blogger lain. Membaca artikel dari blogger lain pun bisa memicu untuk menulis artikel juga. Ditambah lagi, biasanya dengan membaca menambah pengetahuan baru, serta akan memunculkan ide-ide baru.

Jangan lupa untuk meninggalkan nama, email, dan alamat blog kamu di artikel yang kamu kunjungi. Sebab, kemungkinan si empunya blog bakalan mengunjungi balik blog kamu. Dengan begitu, hal ini pun bisa menambah traffic blog.

5 | Buat Jadwal Posting


Apabila kamu tidak bisa menulis setiap hari, kamu bisa membuat jadwal posting blog seminggu dua kali atau minimal seminggu sekali. Dengan begitu, menulis blog tidak akan menjadi beban untukmu dan kamu bisa lebih santai menjalaninya.

Hal ini berkaitan dengan poin nomor 3. Kamu bisa menjadwal kapan ide tersebut untuk diterbitkan dan kapan harus ditulis. 

Dengan rajin menulis blog, blog kita akan terlihat aktif. Belum lagi, dengan blogwalking pun bisa menambah pengunjung ke blog kita. Dengan begitu, brand yang membutuhkan blogger pun bisa mengetahui bahwa kita blogger yang aktif. Sehingga, bisa mendapatkan cuan lebih.

3 Comments:

  1. barangkali perlu buat point 6, yaitu anda harus banyak duit, karena bagaimana mau rajin sedangkan duit habis ditelan jaman..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih untuk bimbingan di kelas blognya kemarin Mbak Wulan, dan memang konsistensi buat terus menulis itu semacam sesuatu yaaa....kudu disiplin biar jadi kebiasaan yes

    ReplyDelete
  3. mampir kesini karena tadi malem kebetulan nemu video reelsnya mbak di instagram, tertarik buat ningkatin motivasi buat nulis lagi eh nggak sengaja malah nemu tipsnya juga di sini, makasih ya mbak, hehe

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost