Nov 6, 2023

5 Cara Membangun Passive Income

cara membangun passive income


5 Cara Membangun Passive IncomeMemiliki passive income memang menyenangkan. Saya memiliki beberapa sumber penghasilan yang lumayan untuk menambah uang jajan. Tentu saja, saya tidak berhenti di situ saja. Saya masih membangun passive income untuk kehidupan mendatang. Apakah bila memiliki passive income saya akan berhenti bekerja dan memilih rebahan di rumah saja? Oh, tentu tidak. Saya terus bergerak, membangun passive income. Sehingga, apabila dibilang memiliki passive income kita bisa bersantai, tentu saja itu tidak benar.

Sebagai pekerja lepas, saya harus memutar otak setiap hari untuk mencari penghasilan tambahan. Sebab, sebagai freelancer saya tidak memiliki sandaran untuk diandalkan. Terlebih lagi, saya masih single.

Nah, berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun passive income. Semoga, salah satunya bisa menginspirasimu, ya!

5 Cara Membangun Passive Income

1 | Menulis Novel Online 

Saya menulis novel After Wedding di Wattpad dari tahun 2015 dan sejak tahun 2020 novel tersebut berbayar. Sampai saat ini, saya masih mendapatkan penghasilan dari novel tersebut. 

Tentu saja, apa yang saya lakukan ini adalah hasil “kerja keras” di masa lalu. Tak hanya di Wattpad, kamu juga bisa mencobanya di platform online lainnya.

2 | Menerbitkan Buku

Kamu bisa menerbitkan buku, baik itu fiksi atau non-fiksi. Kamu akan tetap mendapatkan penghasilan dari buku yang kamu terbitkan, selama masih ada orang yang membeli buku kamu dan selama kamu masih bekerja sama dengan penerbit tersebut. Sebab, kerja sama dengan penerbit pun memiliki masa berlaku. 

3 | Menjual Foto


Kamu bisa menjual hasil jepretanmu di situs jual beli foto, lho. Tidak perlu memikirkan kamera apa yang kamu pergunakan. Menggunakan ponsel pintarmu pun kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual foto. Sudah pasti, kualitas foto kamu harus bagus dan tidak melanggar ketentuan di situs-situs jual beli foto. Kamu bisa menjadi kontributor di Shutterstock, Getty Images, dll.

4 | Menjual Digital Product


Apabila kamu jago desain, kamu pun bisa menjual desain kamu dalam bentuk digital. Misalnya, kamu bisa membuat template blog, kartu nama, poster, dll. Kamu cukup mendesain sekali produk tersebut, tetapi kamu bisa menjualnya berkali-kali. Kamu bisa menjualnya di Etsy, Canva, dll

5 | Membuka Kelas Online


Ini yang saya lakukan selama tiga bulan terakhir. Instagram saya sedang naik, sehingga saya membuka kelas ngeblog untuk pemula. Saya cukup menyiapkan materi serta melakukan maintenance, serta membantu peserta untuk membuat blog. Tentunya, apa yang saya lakukan ini berkat kerja keras selama bertahun-tahun menulis blog dan menekuni media sosial.

Kamu pun bisa membuat website kelas online, sehingga peserta bisa mengaksesnya kapanpun dan kamu tinggal memeliharanya saja.

Nah, itu dia 5 cara untuk membangun passive income. Kamu sudah mencoba yang mana?

3 Comments:

  1. Keren tulisannya, aku terdampar terlalu jauh

    ReplyDelete
  2. sembari menunggu panggilan kerja, saya rasa hal-hal di atas sangat cocok untuk saya kerjakan, itung-itung bisa menambah/ meningkatkan skill dan tentunya menghasilkan cuan, terima kasih mbak untuk infonya, hehe

    ReplyDelete
  3. Nulis blog pun bisa dapat passive income, dan cukup lumayan, asal artikel yg di tulis masih relevan

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost