Jan 19, 2024

Apa Saja yang Saya Dapatkan Setelah Ngeblog Selama 14 Tahun




Saya mengawali dunia kepenulisan dari fiksi. Sejak awal, saya sama sekali tidak berminat untuk menulis artikel. Bahkan, tulisan-tulisan di blog berisi curhatan, puisi, dan cerpen. Bagi saya, artikel itu lebih sulit daripada menulis fiksi. 

Sejak menulis blog banyak peluang yang saya dapatkan. Bahkan, skills baru pun unlocked. Salah satunya adalah saya menjadi fotografer makanan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, siapa sangka hobi menulis bisa membawa saya sejauh ini.

Nah, berikut adalah hal yang saya dapatkan setelah 14 tahun memiliki blog.

Pencapaian Menulis Blog Selama 14 Tahun


1 | Memiliki Teman dari Berbagai Daerah di Indonesia


Saya memiliki teman online dari berbagai daerah di Indonesia. Kami sering menyapa di media sosial dan ketika bertemu secara offline, kami sudah tidak canggung lagi. Bahkan, saya pernah traveling berdua dengan teman blogger yang baru saya kenal di Semarang.

Awalnya, saya pikir akan canggung. Ternyata, kami cocok dalam traveling!

Nyatanya, membangun persaudaraan dari media sosial tanpa pernah bertemu secara langsung sangat bisa. Kita pasti sudah tahu mana akun yang real mana yang tidak, sehingga persahabatan itu bisa terjalin lewat media sosial. Melalui blog dan komunitas blogging, membawa saya ke berbagai macam orang. Bertemu mereka secara real pun sangat menyenangkan!


2 | Mendapatkan Ilmu Baru


Dulu wajah saya penuh dengan jerawat dan bekasnya. Berkat ikut event kecantikan yang diadakan sebuah brand, saya mendapatkan informasi mengenai kulit saya. Akhirnya, saya menerapkan ilmu yang saya dapatkan itu dan jerawat saya berangsur menghilang. Hingga sekarang, saya menerapkannya!

Tak hanya mengenai kecantikan, pun saya mendapatkan informasi mengenai stunting, baby blues, dan lainnya. Sungguh menjadi blogger banyak sekali manfaatnya.

3 | Mencoba dan Mendapatkan Skill Baru


Saya pernah menjadi food photographer. Hal itu bermula dari keisengan saya belajar fotografi demi mengisi blog saya. Saya mulai belajar fotografi menggunakan ponsel, lalu ke kamera poket. Kemudian, saya membeli mirrorless sampai akhirnya menjadi fotografer makanan dan pernah membuka jasa foto produk. 

Menurut saya, menjadi blogger bisa membuka peluang lainnya.

4 | Mendapatkan Produk Gratis


Dibilang benar-benar gratis sebenarnya tidak, sebab saya harus menulis review atas produk tersebut. Namun, terkadang saya mendapatkan produk gratis karena menang lomba maupun dapat goodybag ketika ikut event blogger.

5 | Menambah Penghasilan


Kalau ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab banyak brand yang ingin kerja sama dengan blogger. Saya sering mendapatkan artikel pesanan dari brand untuk diunggah di blog saya.

6 | Jalan-Jalan dan Dibayar


Apabila kamu bekerja sama dengan brand maupun komunitas, kamu bisa berkesempatan untuk datang ke event di luar daerah kamu. Sudah pasti biaya semua ditanggung dan kamu mendapatkan bayaran pula.

Nah, sebagai blogger kamu sudah mendapatkan apa saja, sih?

1 Comments:

  1. setelah membaca tulisan ini, saya jadi semangat buat ngeblog lagi, bismillah semoga bisa selalu istiqomah dalam menulis :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost