Jan 6, 2024

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula


Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger PemulaBanyak kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula. Dulu, saya pun demikian. Kalau diingat-ingat, saya dulu terlalu fokus untuk memberikan perhatian pada tampilan blog. Bukan tampilan blog minimalis seperti sekarang, melainkan tampilan blog penuh dengan salju turun dan bintang-bintang. Belum lagi, kursor yang berubah menjadi bentuk yang lucu. Dulu, saya fokus di hal-hal itu. Padahal, hal tersebut menyebabkan blog menjadi lambat.

Saya yakin sekarang tidak banyak blogger yang melakukan hal tersebut, apalagi blogger baru yang sudah ikut kelas saya, hehe. Namun, masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula. Kamu bisa membaca artikel ini, siapa tahu kamu masih melakukannya.

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula


Tidak Memahami Proses Belajar


Banyak dari blogger pemula tidak memahami mengenai proses belajar. Umumnya, mereka ingin hal serba instan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Padahal, belajar ngeblog itu seumur hidup. Banyak hal yang harus dipelajari secara pelan-pelan, belum lagi mengenai algoritma Google yang seringnya berubah-ubah. 
Menginginkan Artikel Cepat Ada di Google

Dari banyaknya blogger yang saya ajar, hal pertama yang mereka tanyakan setelah “kapan bisa menghasilkan uang” adalah “kapan artikel mereka ada di Google”. Bahkan, untuk blogger senior pun tidak bisa langsung seperti itu. Blog yang baru saja dibuat membutuhkan waktu untuk bisa di-crawl oleh Google. Sebagai contoh, saya baru saja membuat blog dengan domain KopiArunika.com. Blog tersebut baru muncul di Google setelah tiga bulan. Itu pun mengeceknya harus menggunakan site:kopiarunika.com di Google Search. Apabila saya mengetik kopiarunika saja di google search, blog tersebut belum muncul.

Persaingan google sangatlah ketat, terutama kata kunci atau keyword yang umum. Maka, sebagai blogger harus banyak belajar, terutama belajar mengenai SEO. Namun, biarpun tidak mau mempelajari SEO juga tidak masalah, asal jangan kesal kalau artikel kita tidak ada di halaman pertama.

Saya pribadi, sih, tidak masalah. :) 

Tidak Fokus Mengisi Blog atau Menulis


Namanya baru memiliki blog. Seperti seorang anak kecil yang baru memiliki mainan baru, maka anak kecil tersebut akan semangat mengeksplor apa saja yang ada di blog. Sama seperti saya dulu. Saya sibuk menghias blog dengan berbagai macam aksesoris dan gadget, padahal hal itu sangat tidak penting dan merugikan diri sendiri. Bagaimana tidak? Blog menjadi lambat dan membuat pembaca enggan untuk berkunjung.

Ingin Cepat Memonetisasi Blog


Seperti yang saya tulis di atas, mereka terburu-buru untuk monetisasi blog, terutama mengenai adsense. Padahal, aturan dari adsense sangat banyak. Salah satunya adalah mengenai konten. Apabila konten blogger hanya berisi satu dua artikel dan tidak konsisten mengunggah artikel, sudah pasti akan ditolak.

Bahkan blog saya wulankenanga.com pun sampai sekarang belum diterima oleh adsense karena kontennya kurang unik. Sepertinya, masalah ini terkait dengan artikel yang sering saya pindah-pindah.

Malas dan Tidak Konsisten Menulis


Ketika saya bertekad untuk menjadi penulis blog, saya menulis artikel setiap hari satu artikel selama satu bulan. Setelahnya, saya menulis seminggu dua kali. Maka, blog yang saya miliki pun memiliki kualitas lebih baik. Traffic-nya pun mulai naik. Tak lama setelah itu kerja sama pun berdatangan. 

Dulu, awal memiliki blog saya tidak rajin menulis. Memang, dulu memiliki blog hanya untuk menulis puisi atau cerita pendek saja. Sejak tahun 2014-2015 saya mulai serius untuk merawat blog. Di tahun itu juga saya mulai belajar menulis artikel.

Mengkopi Tulisan Orang Lain


Hal yang masih sering dilakukan dan sangat fatal adalah mengkopi tulisan orang lain. Meskipun kamu mencantumkan sumber, mengkopi keseluruhan artikel milik orang lain benar-benar fatal. Sebab, nantinya google akan mendeteksi bahwa blog kamu memiliki konten yang umum. Tidak unik. 

Saya sudah ceritakan, mengenai blog saya wulankenanga.com yang tidak kunjung diacc oleh adsense. Salah satu penyebabnya adalah mengenai artikel yang tidak unik itu. Padahal, artikel tersebut saya sendiri yang menulisnya, hanya saja saya sempat memindahkannya ke blog wulansari.net. Sehingga, artikel tersebut dideteksi sebagai artikel plagiat atau artikel tidak unik.

Tidak Menulis Dengan Baik dan Tidak Nyaman untuk Dibaca


Salah satu hal yang harus dipelajari oleh blogger pemula adalah menulis yang enak dibaca. Menulis enak dibaca tidak harus paham mengenai KBBI, kok. Asal tidak menulis dengan 4LAY saja dan tidak disingkat, itu sudah cukup baik. Menulis rapi pun sudah bisa membuat pembaca betah.

Itu dia beberapa kesalahan blogger pemula. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu termasuk?

1 Comments:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost