Feb 15, 2024

Review XTiles Situs dan Aplikasi Digital Planner Selain Notion

xtiles planner seperti notion
tampilan project di XTiles Planner



Review XTiles Situs dan Aplikasi Digital Planner Selain NotionXTiles merupakan sebuah situs digital planner selain Notion. XTiles saya temukan di fyp TikTok. Warna-warna yang terpampang dalam tampilan XTiles menarik perhatian saya. Sekilas, dia mirip Notion, tetapi juga terlihat berbeda. Kenyataannya meskipun sudah lama tahu mengenai Notion, sampai sekarang saya masih bingung cara menggunakannya. Namun, ketika mencoba XTiles, saya langsung mengerti dan tahu cara menggunakannya. Padahal, keduanya memiliki fungsi dan tools yang nyaris sama.

Ketika menggunakan XTiles Planner saya langsung mengerti dan bisa meskipun ada sedikit kesalahan sehingga saya harus mulai dari awal. Namun, saya tetap mengerti cara menggunakannya. Nah, di bawah ini merupakan kekurangan dan kelebihan XTiles yang saya ketahui.

Kelebihan dan Kekurangan XTiles


Kelebihan XTiles Planner


1 | Memiliki Banyak Pilihan Templates


Sama halnya dengan Notion, XTiles pun memiliki banyak pilihan template. Template yang disediakan pun banyak yang free meskipun tidak sedikit yang berbayar. Kamu pun bisa mendapatkan beberapa template mengenai literasi seperti writing articles, writing tracker, dan lainnya. Apabila kamu menyukai dunia literasi dan ingin menggunakan template XTiles, kamu bisa pakai Writing Tracker buatan saya di sini.

2 | Seperti Sticky Notes

xtiles planner seperti notion


Di XTiles memiliki desain seperti sticky notes. Di sini kamu bisa membuat pengingat atau catatan warna warni sesuai dengan kreasi kamu. Bentuk dari catatan seperti sticky notes. Namun, apabila kamu ingin polosan saja, pun bisa kok.

3 | Mudah Digunakan


Fitur yang diberikan oleh XTiles tidak sebanyak Notion, mungkin karena inilah Xtiles lebih mudah digunakan. Namun, XTiles memang sebuah aplikasi planner yang baru muncul. Sehingga, fitur-fitur yang diberikan masih terbatas. 

Namun, XTiles memberikan kemudahan untuk penggunanya. Saya pikir, setelah bisa menggunakan XTiles, maka saya akan bisa menggunakan Notion. Ternyata, saya salah. Saya tetap bingung bagaimana cara menggunakannya. Haha.

4 | Gratis

xtiles planner seperti notion


Kamu bisa menggunakan XTiles secara gratis. Pun kamu akan memiliki “work” atau project sendiri secara gratis. Sampai tiga workspace. Tentu, dalam workspace itu kamu bisa membuat project-project sendiri. Kamu pun bisa membagikan templates secara publik, sehingga orang lain bisa mengcopy project kamu, apabila kamu berkenan membagikan templates yang kamu bikin.

5 | Tersedia di Android Maupun iOS


Selain bisa diakses di websitenya langsung, XTiles pun tersedia dalam bentuk software di Macbook. Lalu, kamu pun bisa mengunduhnya di iOS dan Android. Sehingga, kamu bisa mengecek to do list, di manapun kamu berada.

Kekurangan XTiles Planner


Selain kelebihan, kekurangan pun dimiliki oleh XTiles dan menurut saya kekurangan ini sangat menganggu sekali.

1 | Akses Berat


Akses situs XTiles berat. Mungkin penyebabnya adalah bentuk XTiles yang menyerupai sticky notes dengan berbagai warna, sehingga aksesnya sangat berat. Apalagi templates yang saya gunakan memiliki banyak kegunaan, sehingga hal ini menambah aksesnya yang berat.

2 | Aplikasi Tidak Berfungsi dengan Baik


Aplikasi yang saya unduh di iOS tidak berfungsi dengan baik. Ketika saya membuka fitur project, bukannya terbuka malah mengedit. Fitur project yang saya maksud adalah link project. Ketika saya ingin masuk ke link tersebut, justru menjadi edit. Namun ketika bisa, justru keluar dari aplikasi dan masuk browser di ponsel. Akhirnya, aplikasi tersebut saya uninstall karena tidak nyaman mengenai hal ini.

Tentunya, saya berharap XTiles Planner memperbaiki masalah akses berat dan aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik di atas, sebab saya merasa nyaman menggunakan XTiles.

Kalau kamu, tetap menggunakan Notion atau ingin mencoba XTiles?

0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost