May 8, 2024

9 Freelance yang Pernah Saya Lakukan




9 Freelance yang Pernah Saya Lakukan - Kemarin, saya berpikir sejenak. Saya memikirkan tahun-tahun sebelumnya, bagaimana saya bertahan hingga saat ini. Ternyata, saya orang yang gigih pada pendirian dalam pekerjaan kalau tidak ingin disebut kaku. Saya bekerja secara lepas atau freelance selama bertahun-tahun. Meskipun tidak membuat saya kaya raya, tetapi hal itu membantu saya memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nyatanya, saya bisa berdiri dengan kaki sendiri meskipun tidak sepenuhnya.

Saya ingat, ketika masih duduk di sekolah dasar, saya pernah berkata pada bapak, “Pak, saya mau kamar sendiri. Nanti ada dapur dan kamar mandi.” Bapak langsung menjawab, “Masih kecil, kok, sudah mikirin mandiri.”

Bahkan, kala itu saya tidak tahu apa arti kata “mandiri”.

Ketika dewasa, bapak selalu berkata, “Sejak kecil Wulan memang ingin mandiri.” Saat itu, saya sadar bahwa memang begitu adanya. Saya ingin melakukan banyak hal, seorang diri meskipun tidak semua bisa saya lakukan seorang diri. Saya cenderung ingin melakukan hal-hal baru, mengasah skill, dan lainnya meskipun tidak benar-benar bisa melakukannya.

Mungkin hal itu pula yang mempengaruhi pola kehidupan saya saat ini. Saya merasa nyaman ketika sendirian bahkan saya ingin bekerja tanpa gangguan siapapun. Seringnya, saya bekerja seorang diri seperti menulis novel atau cerita pendek. 

Sejak zaman kuliah pun saya sudah melakukan pekerjaan secara mandiri atau freelance. Tentu, saya sudah pernah membahas sedikit di sini. Namun, saya lupa memberikan beberapa pekerjaan yang sudah pernah saya lakukan. 

Nah, di bawah ini merupakan freelance yang pernah saya kerjakan selama ini. Semoga, dengan membaca artikel ini kamu bisa menemukan inspirasi dan akan membawamu ke masa lebih baik.

Sharing is caring, right?

Freelance yang Pernah Saya Lakukan - Beserta Fee yang Saya Dapatkan


1 | Menulis Artikel Blog


Menulis blog masih saya lakukan hingga saat ini. Menurut saya pekerjaan ini paling enak dengan income yang benar-benar menggiurkan. Dalam menulis blog, saya bisa menulis sesuai dengan gaya tulisan saya pribadi dan memasukkan unsur diri dalam tulisan tersebut. Belum lagi, fee yang didapatkan sangat memuaskan.

Untuk menulis blog yang biasa disebut dengan sponsored post atau content placement, saya bisa mendapatkan fee dari 150K hingga $100 dalam sekali post di blog. Bayangkan saja kalau saya dapat tawaran 5 kali saja dalam sebulan. Tentu, uang segitu sudah cukup untuk membiayai diri sendiri, ‘kan?

2 | Jasa Menulis Artikel


Berbeda dengan menulis blog, jasa menulis artikel memiliki fee yang cukup murah. Akan tetapi, apabila kamu sudah terbiasa menulis fee yang diberikan akan terasa cukup sepadan. Saya pernah menerima jasa menulis artikel dengan harga 25K per artikel. Setiap bulan saya menulis sekian artikel. Itu berarti, saya akan mendapatkan cukup banyak fee untuk pekerjaan ini.

3 | Fotografer Makanan


Saya pernah bekerja “ikut orang” atau dengan kata lain bekerja di kantor. Saya bekerja sebagai fotografer makanan secara freelance selama tiga bulan di sebuah startup. Setelah tiga bulan, akhirnya saya diterima sebagai pekerja tetap. Sebenarnya, saya tidak hanya memotret makanan tetapi juga menulis artikel di website mereka. 

Pekerjaan ini saya hanya mendapatkan makanan. Iya! Saya hanya digaji dengan makanan yang saya foto selama tiga bulan. Ketika menjadi pekerja tetap, saya mendapatkan gaji Rp 2.7000-, setiap bulan. Namun, saya hanya bertahan satu bulan saja.

4 | Fotografer Produk


Setelah keluar dari pekerjaan sebelumnya, saya membuka jasa foto produk. Ketika melakukan pekerjaan ini saya sangat senang karena hal itu mengasah kreativitas saya dalam memotret dan menata barang. Beberapa kali pun saya mendapatkan makanan gratis sisa saya memotret itu. Namun, saya berhenti ketika saya kembali ke Mojokerto karena klien di Mojokerto yang sedikit. Sedangkan, klien di Surabaya sudah enggan mengirim produknya karena lokasi yang cukup jauh.

Dari pekerjaan ini saya mendapatkan fee Rp 30.000-, per foto.

5 | Mencari Data 5000 Domain


Pekerjaan ini saya dapatkan dari salah satu agensi. Mereka membutuhkan orang untuk mencari data domain pribadi sebanyak 5000 domain. Tentu saja, saya menerima pekerjaan tersebut. Bukan sekadar mencari nama domain saja, pun lengkap dengan Domain Authority dan Page Authority. Sebelum bekerja, saya sudah diberikan uang muka.

Pekerjaan ini terkesan mudah dan sepele. Nyatanya, data entry di sini tantangan utamanya adalah rasa bosan. Maka, saya tidak berhasil mendapatkan 5000 domain. Saat itu, saya hanya berhasil mengumpulkan 4000 domain saja.

Dari pekerjaan ini saya mendapatkan gaji Rp. 4.000.000,-

6 | Mengklasifikasi Akun Instagram


Masih dari agensi yang sama, saya harus mengklasifikasikan akun instagram yang muncul di salah satu situs. Di sana akan muncul akun-akun instagram selebgram atau pengguna instagram di Indonesia. Saya tinggal memilih atau mengelompokkan akun-akun tersebut dalam kategori tertentu. 

Sama seperti mencari domain, pekerjaan ini tantangan utamanya adalah rasa bosan.

Dari pekerjaan ini saya mendapatkan gaji sekitar Rp. 700.000-,

7 | Mencari KOL


Pekerjaan ini saya dapatkan dari salah satu situs freelance. Saya mengajukan diri untuk mencari blogger, karena saya pun seorang blogger. Lalu, saya dipilih untuk pekerjaan ini. Untuk pekerjaan ini saya mendapatkan Rp 25.000-, dari setiap blogger yang bergabung untuk bekerja sama.

8 | Reseller Skincare


Pekerjaan ini saya lakukan ketika kuliah. Saya menjadi reseller skincare dan reseller baju couple. Jadi, saya hanya menggunakan ponsel pintar yang saya miliki untuk mempromosikan produk. Saya menaikkan harga produk untuk keuntungan yang saya dapatkan. Setiap harinya, saya bisa mendapatkan keuntungan Rp 50.000-,

Sebenarnya pekerjaan ini sangat enak dilakukan. Paling hal yang sering terjadi adalah pembeli berpura-pura sudah mentransfer produk, ada pembeli yang minta COD, padahal saya tidak memegang barangnya.

9 | Desain Blog


Dari seluruh pekerjaan yang saya lakukan mendesain blog merupakan pekerjaan yang mendekati jurusan saya. Saya mendesain template blog sesuai dengan keinginan klien dan membuat template yang nantinya akan dibeli oleh pelanggan. Dari desain ini saya bisa menerima fee 50k-200k per template.

Untuk saat ini saya masih menulis blog, menerima jasa menulis artikel, menulis novel, serta mencari KOL. Menurut kamu pekerjaan mana yang menarik dan ingin kamu lakukan?

Semoga bermanfaat!

0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost