5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pergi Liburan



5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pergi Liburan Kalian sebelum bepergian memiliki rutinitas tetap atau kebiasaan yang selalu dilakukan, nggak? Semisalnya, sebelum melakukan traveling mengecek ini dan itu terlebih dahulu, menyiapkan beberapa hal dan memperhatikan beberapa hal.

Saya sendiri, sebelum pergi traveling atau pergi ke suatu tempat dalam waktu cukup lama, akan memperhatikan beberapa hal penting, agar nantinya tidak kepikiran dalam perjalanan. Karena kalau sudah di jalan, sudah tak mungkin balik arah, kan? Nah, untuk itu harus memperhatikan beberapa hal, agar nantinya tidak terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Beberapa hal di bawah ini sering saya lakukan ketika bepergian, karena saya tak ingin ada kesalahan sedikit pun ketika berlibur, sehingga akan mempengaruhi moodliburan saya. Ya, saya memang tipe-tipe perfeksionis dan melankolis, hehe.

1 | Persiapkan Akomodasi Perjalanan

Sejauh mana persiapan yang sudah kita lakukan? Nah, di sini kita harus mencari akomodasi perjalanan yang sesuai. Siapkan dari jauh-jauh hari, kalau bisa sebulan sebelum keberangkatan. Bepergian naik apa, di sana menginap di hotel mana, dan berapa hari menetap atau berapa hari perjalanan yang kita lakukan. Ini penting, karena dengan menyiapkan akomodasi yang sesuai dan beres lebih cepat, kita bisa mengatur hal lainnya.

2 | Susun Rute Perjalanan

Tak hanya mengenai akomodasi saja, kita juga harus tahu rute perjalanan kita nantinya di sana. Ke mana saja selama liburan tersebut, dalam sehari melalui berapa tempat dan sebagainya. Tentunya hal ini bisa kita lakukan dengan bertanya kepada teman atau berselancar di internet. Kenapa rute perjalanan harus diperhatikan? Karena ketika sudah di lokasi tahu harus ke mana terlebih dahulu.
Ketika saya ke Semarang tahun lalu, saya sudah merencanakan ke mana terlebih dahulu begitu sesampainya di Semarang. Karena saya sampai Semarang subuh dan check in hotel baru pukul dua siang. Sehingga, saya jalan-jalan terlebih dahulu di sekitar stasiun sampai akhirnya tiba waktunya ke hotel.

3 | Jangan Lupa Packing H-3

Tiga hari sebelum bepergian, lebih baik berkemas terlebih dahulu. Kalau perlu buat daftar benda apa saja yang harus masuk koper dan yang harus dibawa ketika liburan. Hal ini menghindari “tertinggalnya” barang penting ketika bepergian. Lagipula, menyiapkan makanan ringan, obat-obatan terlebih dahulu, akan lebih menghemat pengeluaran nantinya. Jangan pakai ilmu “Gampang, beli di sana” yang nantinya justru membuat kita repot sendiri. Jadi, lebih baik berkemas dan menyiapkan lebih dini, daripada meninggalkan sesuatu yang penting.

4 | Cek Keadaan Rumah

Untuk kita yang memiliki rumah sendiri, tentunya harus memperhatikan hal ini juga. Cek keadaan rumah, apakah ada hal yang harus disiapkan, misalnya token listrik akan habis ketika kita tinggal liburan atau tidak. Lho, kalau liburan kan nggak ada yang pakai listrik? Ya masa, kita membiarkan lampu luar tidak menyala sama sekali? Tentunya akan menunjukkan kalau rumah sedang kosong.

Lebih baik, beli token listrik di Travelokaterlebih dahulu, daripada nanti tiba-tiba listrik mati ketika kita tinggal liburan. Kenapa harus di Traveloka? Karena di Traveloka membeli token listrik mudah dan harganya bersaing dengan yang lain.

5 | Cek n Ricek

Sebelum benar-benar berangkat liburan, lebih baik cek dan ricek kembali poin satu sampai empat di atas, apakah ada yang masih kurang? Intinya, jangan sampai deh liburan kepikiran token listrik habis. Terlebih lagi, untuk kamu yang punya akuarium di rumah. Kasihan ikannya, Kak.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pergi liburan.

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.