27 Agu 2018

Tips Foto Produk Menggunakan Properti Sederhana



Tips Foto Produk Menggunakan Properti SederhanaSebagai bloger tentunya kita sering mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan memotret produk atau memang untuk memotret produk kecantikan untuk mengulasnya di blog kita. Pasti pernah merasa tidak bisa mengambil foto produk dengan baik atau merasa hasilnya kurang cantik dan memuaskan. Sebenarnya, mengambil foto produk tak harus memiliki kamera yang bagus atau bahkan properti yang muluk. Cukup menggunakan properti foto seadanya, lihat sekeliling kita ada apa saja dalam rumah, yang memang bagus untuk dijadikan pendamping foto produk kita?

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa contoh foto produk untuk produk pakaian, skin care, make up dan beberapa produk lainnya. Buat teman-teman yang memiliki online shop dan ingin menjual produk dengan foto yang cantik, bisa banget memakai beberapa properti foto sederhana seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini. InsyaAllah, properti foto di bawah ini mudah didapatkan.

1 | Alas foto: kertas buffalo, kertas karton, dan kain

Mengenai alas foto tak usah risau dan bingung harus memakai apa untuk alas foto produk. Tak perlu juga membeli alas foto mahal-mahal, karena kita bisa memanfaatkan benda-benda sekitar untuk alas foto atau membeli sesuatu untuk alas foto yang terjangkau.

Foto di atas, merupakan foto produk lip cream Make Over yang alas fotonya saya memakai kertas buffalo dua warna. Cukup saya silangkan kedua kertas buffalo dan tata produk di atas kertas. Tak hanya dua kertas buffalo saja yang bisa kita gunakan. Bisa beberapa, tiga atau lebih dari itu dan tata agar telihat apik.

Kita juga bisa memfoto produk dengan kertas karton. Saya dulu pernah mengambil foto produk pakaian berupa kaus. Saya menggunakan alas foto kertas karton yang saya bentangkan dan saya tambahkan properti, seperti sepatu dan kacamata.

Selain kertas karton atau kertas buffalo, bisa juga menggunakan kain meteran berwarna putih. Akhir-akhir ini, saya menggunakan kain berwarna putih untuk saya jadikan alas foto. Harganya murah meriah, satu meter tak sampai 20 ribu. Kain putih berukuran satu meter, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan foto saya.

Sebenarnya, banyak benda yang terjangkau untuk alas foto. Selengkapnya mengenai alas foto akan saya bahas pada postingan tersendiri.

2 | Dedaunan, ranting, dan bunga

Memanfaatkan dedaunan di sekitar rumah juga sangat bisa. Tergantung bagaimana kita mengatur komposisi dari foto kita. Kalau memang tak ada dedaunan yang sesuai, bisa juga pergi ke toko bunga imitasi untuk membeli dedaunan dan bunga. Memakai tumbuh-tumbuhan imitasi, mampu memberikan kontribusi untuk foto kita menjadi lebih cantik.

3 | Tutup stoples

Punya tutup stoples yang cantik? Berwarna-warni lucu dan menggemaskan? Nah, ini juga bisa dijadikan properti foto yang oke, nih. Tahu sendiri kan, sekarang banyak tutup stoples yang unik-unik. Selain tutup stoples, bisa juga memakai sticky note dan penjepit juga. Coba melihat sekitar, maka akan banyak yang kita temukan untuk dijadikan properti foto.

4 | Kacamata

Tak perlu kacamata mahal, cukup pakai kacamata yang dimiliki sendiri saja. Kacamata baca, kacamata liburan, terserah. Cukup berkreasi dengan benda-benda yang dimiliki, sudah akan memberikan nilai seni pada foto kita.

5 | Buku dan koran

Tentunya, kita pasti punya buku atau koran. Mereka juga bisa banget dijadikan properti foto loh. Buku ini andalan saya banget. Buku dengan sampul yang lucu, berwarna putih, hitam dan warna-warna cerah serta vintage mampu menjadi properti foto yang bagus sekali. Buku pun bisa dijadikan objek foto yang cantik pula.

6 | Cangkir

Saya pecinta cangkir, maka saya memiliki banyak cangkir untuk properti foto. Cangkir juga bisa dijadikan salah satu properti foto untuk foto produk. Tentunya, cangkir tersebut sudah diberi dengan kopi atau teh ya. Jangan dibiarkan kosong, kalau memang ceritanya ala-ala sedang ngopi atau ngeteh, hehe.

7 | Ponsel Pintar

Kalau teman-teman tidak menggunakan ponsel pintar untuk mengambil foto, bisa loh ponsel pintarnya dijadikan properti foto. Bisa dengan menampilkan kutipan-kutipan unik, atau menampilkan halaman instagram teman-teman sendiri. Banyak berkreasi dan berkarya, insyaAllah bakalan mahir sendiri nantinya.

Itu beberapa contoh properti foto produk yang mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau. Tak perlu muluk-muluk membeli yang mahal, karena dengan yang sederhana saja sudah bisa memberi kecantikan lebih.

4 komentar:

  1. Aku banget sering pakai kertas karton, tapi skrg punya bbrp yang sengaja beneran alas foto si. Biar ga bolak balik belanja kertas dan buang yang kertas kelipet2

    BalasHapus
  2. aku sering pake daun dan bunga.. tapi yang udah gugur, kalau sengaja metik ku takut ada yang marah hehe

    BalasHapus
  3. aku juga kadang cari bunga deket rumah biar bisa murah ngak perlu beli.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^