23 Agu 2018

Cara Menambah Pengunjung Blog dengan Facebook Ads


Cara Menambah Pengunjung Blog dengan Facebook AdsMemang sebal kalau pageview artikel tidak terlalu banyak, terlebih lagi itu merupakan artikel berbayar. Tentunya, kita ingin menambah pengunjung blog atau pageview artikel blog, agar untuk laporan kepada klien lebih memuaskan. Itulah kenapa saya menambah pageview artikel blog dengan menggunakan facebook ads. Saya pun mencari informasi bagaimana menambah pengunjung blog dengan mengiklankan di facebook ads.

Sampai saat ini saya masih sering menggunakan ads dari facebook ini, untuk menambah pengunjung untuk artikel blog saya. Ada kebijakan dari saya pribadi untuk blog yang saya kelola ini. Ketika para advertiser memasang iklannya di blog saya dengan tertentu, yang sudah saya tetapkan, saya akan mengiklankan artikel tersebut melalui facebook ads. Hal ini saya lakukan demi kepuasan bersama; yaitu artikel yang saya tulis banyak yang membaca dan tentunya pengiklan pun senang karena artikel tersebut banyak pengunjung.

Kebijakan ini saya lakukan sudah sejak tahun lalu dan beberapa artikel di blog saya yang berbayar, saya iklankan di facebook ads. Dari pengalaman tersebut, saya akhirnya memutuskan untuk menulis artikel ini. Membagikan pengalaman kecil saya mengenai cara mengiklan facebook dan bagaimana agar iklan tersebut menarik pengunjung, tentunya akan menambah pengunjung blog dan pageviews artikel.

Terus terang, dengan adanya facebook ads, pengunjung blog saya bertambah dan viewer artikel tersebut meningkat tajam.


Dulu pun, ketika memiliki toko online, saya pernah mengiklankan dagangan saya di salah satu fanpage milik seseorang. Saat itu, satu postingan dihargai dengan lima belas ribu. Cukup terjangkau dan tentunya memiliki efek yang cukup menyenangkan. Ketika iklan tersebut diposting, dengan fanpage puluhan likers, BBM saya langsung berbunyi berkali-kali pertanda banyak pengguna BBM yang menginvite pin BB saya. Waktu berlalu, saya pun mengiklankan dagangan saya di fanpage sendiri, tetapi menggunakan ads dari facebook. Memang benar, menggunakan facebook ads mampu membantu meningkatkan penjualan.

Kemungkinan, artikel ini akan sangat panjang atau akan saya potong menjadi beberapa bagian. Jadi, siapkan kopi atau teh untuk membaca artikel panjang ini. Apabila tidak tertarik dengan facebook ads, silakan skip.

Cara Mengiklan di Facebook Ads

1 | Memiliki fanpage


Hal pertama yang harus teman-teman miliki adalah fanpage. Memiliki fanpage tak harus menjadi orang penting atau artis terlebih dahulu. Karena sebagai blogger, kita memerlukan fanpage untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk mengiklankan artikel blog kita atau kalau punya dagangan, teman-teman bisa mengiklankannya juga lewat fanpage. Dalam blog ini saya pernah menulis mengenai fanpage, namun belum lengkap. Kemungkinan, nanti saya akan menuliskannya kembali yang lebih lengkap.

Jadi, sebelum teman-teman memutuskan untuk mengiklankan artikel di facebook ads, teman-teman harus membuat fanpage.

2 | Share artikel di fanpage

Kalau sudah memiliki fanpage artikel yang ingin diiklankan, silakan dibagikan di fanpage yang sudah teman-teman buat. Pada sisi kanan bawah akan ada tombol berwarna biru, dengan tulisan promosikan. Nah, di situ teman-teman klik tombol tersebut dan akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Setelah muncul halaman di atas, teman-teman setting mengenai jangkauan dan hal-hal lainnya untuk memperlancar iklan facebook. Saya akan menjelaskan mengenai setting yang saya gunakan untuk beberapa iklan yang pernah saya pakai.

3 | Setting Iklan

Tujuan

Di sini teman-teman bisa memilih tujuan pengiklanan. Ada tiga tujuan di sini, seperti yang tertera dari screenshot di bawah ini. Dari ketiganya sudah ada keterangan masing-masing ya. Saya sendiri memilih yang pertama, karena saya ingin pembaca mengunjungi blog saya. Kalau teman-teman hanya ingin mempromosikan barang, tanpa tindakan mengunjugi suatu website bisa pilih kedua.


Tombol Kiriman


Tombol kiriman ini merupakan tindakan apa yang teman-teman inginkan dari pembaca. Misalnya, tindakan untuk memesan barang apabila berjualan, pesan, baca selengkapnya dan lain-lain. Tombol tersebut mengarah ke tempat yang teman-teman inginkan. Seperti saya, memilih baca selengkapnya agar mereka membaca keseluruhan artikel di blog saya, sehingga akan menambah trafik blog, terutama pada artikel tersebut.

Pemirsa


Pemirsa di sini merupakan target pembaca artikel yang sedang kita iklankan. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengiklankan artikel, lebih baik lakukan riset terlebih dahulu. Siapa target pembaca artikel tersebut? Usia berapa? Laki-laki atau perempuan? Di mana lokasinya dan apa minatnya. Kita harus tahu hal ini, sebelum asal-asalan mengiklankan artikel. Karena target pembaca atau target iklan kamu sangat berpengaruh pada anggaran dan hasil iklan nantinya.

Untuk bagian ini memang sedikit sulit, karena harus melakukan riset berkali-kali. Mengetahui usia pembaca blog kita dan siapa orang yang tepat melihat iklan kita, agar anggaran yang kita keluarkan tidak sia-sia. Jadi, benar-benar tepat sasaran dengan anggaran seminimal mungkin, xoxo.

Jadi, seperti apa sih target iklan yang tepat dan bagaimana bisa menjangkau mereka? Nah, untuk hal ini saya belum tahu benar, masih riset-riset. InsyaAllah saya akan membagikannya dikemudian hari, kalau saya sudah menemukan ilmu yang tepat. Aamiin.

Instagram dan Messenger

Wah, ketika memulai menulis artikel ini, menu messenger belum ada. Saat itu hanya ada menu instagram, itupun hanya ada iklan instagram di kabar berita. Sekarang ada iklan instagram di instagram story. Untuk messenger sendiri saya kurang paham, iklan akan masuk ke kotak masuk atau seperti apa, nanti akan saya update kalau sudah riset ya.

Jadi, untuk menu instagram dan messenger ini pengaturannya otomatis mengikuti pengaturan yang kita buat tadi, sehingga tak perlu mengatur ulang. Kita bisa memilih mau iklan termasuk iklan di instagram dan messenger atau tidak. Tinggal klik pilihan yang ada. Di sebelah kanan akan ada pratinjau iklan di kabar berita facebook, kabar berita instagram, instagram story dan messenger.

Anggaran dan Durasi


Nah, saatnya kita bermain dengan anggaran dan durasi. Untuk mengiklan di facebook, anggaran yang harus kita keluarkan untuk sehari minimal Rp 10.000. Jadi, kita bisa tuh membuat sebesar-besarnya anggaran setiap harinya, itu kalau memang kita ada dana untuk itu. Saya pribadi lebih suka anggaran minimum, dengan durasi 5 hari. Itu berarti, untuk sekali mengiklan saya mengeluarkan dana sebesar Rp 50.000.

Dengan anggaran segitu, apakah bekerja dengan baik? Itu balik lagi, tergantung kita mengatur pemirsa yang sudah saya jelaskan di atas. Saya sendiri, biasanya kalau pengaturan pemirsa, judul artikel serta temanya menarik, bisa memberikan 500 PV untuk artikel tersebut via dashboard Blogger. Sehingga, ketika mengeluarkan dana Rp 100.000, saya akan memperoleh sekitar 1000 pageviews.

Itu standarnya. Saya pernah menghabiskan dana Rp 100.000,- dan mendapatkan hampir 5000 pageviews dan saya pernah menghabiskan dana serupa dan hanya memperoleh tak sampai 500 pageviews. Hehe.

Pembayaran


Untuk pembayaran anggaran iklan dari yang kita buat, harus mengisi saldo di facebook terlebih dahulu. Mengisi saldo facebook tidak harus sesuai dengan anggarannya kok, asal lebih banyak dari anggaran dan tidak kurang. Meskipun kita mengisi saldo Rp 100.000,- dan anggaran di iklan Rp 50.000,- dana akan tetap terpotong sesuai anggaran, kecuali kita menambah durasi iklan serta anggarannya.

Kalau saldo kurang dari anggaran? Ya, iklan akan berhenti sebelum waktunya. Jadi, biaya facebook ads sesuai dengan kita menetapkannya berapa. Tak usah khawatir terpotong atau menghabiskan dana berlebih. Asalkan kita tidak salah otak atik, tidak akan berlebihan kok.

Cara membayar facebook ads ada beberapa pilihan yang bisa dipakai, yaitu dengan kartu kredit atau debit, ATM dan bank transfer dan kupon iklan facebook. Saya sudah pernah menggunakan dua pertama, tetapi tidak yang terakhir. Untuk tutorial cara membayar facebook ads, akan saya bahas di lain artikel ya.

Baiklah, semoga artikel bagaimana cara menambah pengunjung blog dengan facebook ads serta cara membuat iklan di facebook ini bermanfaat ya. Ah iya, menggunakan facebook ads pun bisa untuk dagangan, berupa foto, dan video juga, tak hanya artikel saja.



3 komentar:

  1. Makasih ya Mbak aku mau coba ah, emang perlu banget ini page view selain ngandelin pencarian organik di google

    BalasHapus
  2. Aku juga tertarik nih buat ngiklanin postingan blog di facebook ads.. Kukira cuma bisa bayar pake kredit, ternyata debit dan transfer bank juga bisa ya

    BalasHapus
  3. Aku pernah nyoba FB ads mba, tapi hasilnya kurang memuaskan gitu.. Mungkin akunya juga yang salah target Dan waktu penayangan, ya.. Jumlah kliknya dikiiit banget.. Budgetnya juga dikit, sih.. :D Penasaran juga gimana caranya bisa dapat pv ribuan gitu dari FB ads walau anggatannya gak besar-besar amat. .

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^