19 Sep 2018

Apa Itu Still Life Photography?


Apa Itu Still Life Photography?

Apa Itu Still Life Photography? - Setelah sekian lama memiliki Etro, belajar memotret mulai dari nol sampai kini naik satu level (haha), akhirnya saya mengetahui ke mana “renjana” memotret saya. Sejak awal, sebelum saya memiliki Etro dan masih menggunakan Canon Ixus 160, kecenderungan saya memang lebih menyukai foto-foto flat lay dan foto-foto benda mati; buku berserakan, cangkir kopi, kamera dan benda-benda mati lainnya. Sampai akhirnya, saya mengetahui istilah dari renjana fotografi saya yaitu still life photography.

Tampaknya, memang sejak awal saya menyukai style memotret still life photography ini. Sudah jelas, saya memberikan nama kepada kamera saya, Etro, padahal dia benda mati, tidak bisa diajak bicara, tetapi bisa diajak berkomunikasi. Komunikasi saya dengan Etro ya melalui layar LCD bagaimana ia bisa membantu saya menghasilkan foto-foto yang membuat saya tersenyum puas – dan mungkin kamu juga.

Apa sih pengertian dari still life photography?


Still life photography adalah genre fotografi yang digunakan untuk penggambaran materi yang tidak hidup, biasanya sekelompok kecil objek. Ini adalah aplikasi fotografi untuk gaya artistik still life. Contohnya adalah fotografi makanan. (sumber: wikipedia)
Apa Itu Still Life Photography?

Salah satu hal yang membuat saya menyukai style foto ini ialah, saya bisa dengan bebas memilih dan menata objek foto saya. Saya bisa menghidupkan benda-benda tersebut, melalui mata lensa saya. Untuk mendukung style fotografi ini pun tak sulit, karena bisa menggunakan benda-benda di sekitar kita sebagai properti foto.  Selain itu, menyukai fotografi dengan genre still life pun dipermudah dengan lokasi memotretnya. Kita bisa membuat studio, di mana pun kita inginkan. Tak memerlukan ruangan yang besar, cukup dengan tempat yang memiliki pencahayaan memadai.
Apa Itu Still Life Photography?

Saya kalau di rumah, suka memotret di luar ruangan. Rumah saya terdapat lahan yang memiliki cahaya matahari. Namun, di atasnya terdapat terpal sehingga cahaya matahari tak langsung masuk ke lensa. Ketika di kosan, saya memotret di dalam kamar. Ada cahaya matahari? Banyak. Dari berbagai arah. Meskipun begitu, tempat favorit memotret saya tetap di rumah. Entah kenapa, hasil foto lebih bersih.
Apa Itu Still Life Photography?

Dengan kesukaan saya memotret still life photography ini, membuat saya menjadi sering mengumpulkan properti foto. Ketika membeli sesuatu, selalu yang terpikirkan adalah apakah benda ini bisa dijadikan properti foto? Hehe.

Menyukai genre fotografi still life pun bisa mengungkapkan perasaan dan imajinasi saya. Saya bisa memberikan foto untuk mendukung tulisan-tulisan saya di blog pribadi.

5 komentar:

  1. Saya sama sekali gak punya bakat photography. Tapi senang aja liat foto-foto karya jepretan orang lain.

    Kadang jadi bikin mikir.. kok bisa ya punya ide bikin foto bagus kayak gitu hehehe..

    Photonya bagus-bagus mbak.
    Lanjutttkan 😊

    BalasHapus
  2. Wah... Keren-keren banget hasil jepretannya, sukses selalu ya mbak. :)

    BalasHapus
  3. Aduh, makin keren aja nih. Sukses terus ya mbak. :)

    BalasHapus
  4. Hoby yang bisa mengasilkan uang juga ya critannya hehe. :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^