29 Sep 2018

Membuka Blokir Kartu ATM BCA Tanpa Pergi ke Bank



Membuka Blokir Kartu ATM BCA Tanpa Pergi ke BankSaya tidak tahu kenapa, tiba-tiba saya terus salah memasukkan pin ATM BCA, padahal pin yang saya masukkan itu benar. Namun, dua kali mesin ATM mengatakan saya salah memasukkan pin ATM, sampai akhirnya kartu ATM saya terblokir. Padahal, saat itu uang tunai dalam dompet tinggal 20ribu dan ATM BCA merupakan satu-satunya ATM yang saya miliki.

Kejadian tersebut terjadi sebelum saya berangkat untuk menghadiri event Sun Life dan saya memiliki waktu terbatas, sehingga tak pergi ke bank BCA terdekat untuk segera mengurusnya, atau lebih tepatnya saya malas, hehe. Jadilah saya tetap pergi ke event dengan uang 20 ribu. Alhamdulillah, usai event saya langsung pulang, sehingga tak perlu mengeluarkan uang sedikit pun.

Esoknya, seharusnya saya bisa ke bank untuk mengurus masalah kartu ATM BCA yang terblokir, tetapi saya lagi-lagi malas untuk keluar kosan sekadar mengurus kartu ATM. Padahal, bank BCA terdekat tidak jauh dari kosan. Akhirnya, saya meminjam uang adek kos untuk berjaga-jaga dan bertahan sampai hari Senin (ATM terblokir hari Kamis).

Puncaknya adalah hari Senin kemarin. Saya mendapatkan laporan kalau invoice salah satu kampanye telah ditransfer. Saya pun cek rekening saya melalui internet banking BCA dan saya terkejut, karena yang masuk bukan 400 ribu, melainkan 4juta. Haha. Yah, agensi yang membawa kampanye susu tersebut salah memasukkan nominal transfer, dan ini bukan yang pertama kalinya. Saya pun menghubungi Mbak Agensi, yang memang sudah pernah bekerja sama sebelumnya, sehingga saya memiliki nomor wasapnya. Setelah memberikan informasi tersebut, saya diberikan sederet nomor rekening beliau, agar saya bisa mengembalikan sisa dana yang masuk.

Akhirnya, saya pun membuka internet banking BCA dan berniat ingin mentransfer sisa dana pembayaran yang saya terima. Ketika memasukkan tambah rekening tujuan, muncul peringatan berwarna merah kalau saat ini tidak dapat menambah akun rekening tujuan dan saya diminta menghubungi halo BCA. Sebenarya, kejadian ini sudah berlangsung lama, tetapi sebelumnya saya pikir BCA sedang bermasalah. Nyatanya, sampai hari Senin kemarin tetap sama. Ini berarti ada masalah dengan akun KlikBCA milik saya.

Saya pun menghubungi nomor call center BCA atau halo BCA di 1500888

Setelah telepon terhubung dengan operator, saya pun mengutarakan permasalahan saya yaitu mengenai tambah akun rekening yang bermasalah. Kemudian, operator BCA bertanya nomor rekening saya. Lalu, dia berkata akan mengeceknya. Ternyata, penyebabnya adalah terkena virus, sehingga tidak bisa digunakan menambah rekening baru untuk transfer.

Saya tidak tahu, virus seperti apa yang sedang kami bicarakan, intinya dia membantu saya menyelesaikan masalah ini. Namun, siapa sangka ternyata operator bank BCA pun mengetahui kalau kartu ATM saya terblokir dan saya ditawari untuk sekalian membetulkannya.

“Oh, bisa ya, Mbak?”ucap saya terkejut. Ya, saya pikir membuka blokir kartu ATM BCA hanya bisa dilakukan di Bank BCA saja, nyatanya bisa melalui call center Halo BCA.

Tentu saja tanpa pikir panjang saya menerima tawaran tersebut, sebelum Mbak operator membantu saya membetulkan masalah yang saya hadapi, dia menanyai saya beberapa hal pribadi, seperti nama lengkap, alamat, dsb. Setelah menunggu beberapa saat, dia berkata bahwa internet banking saya bisa kembali dipergunakan, begitu pula dengan kartu ATM saya. Saya ditanyai apakah saya masih mengingat pin ATM saya, saya jawab iya.

Call center BCA menjelaskan bahwa kesalahan pin ATM bersifat akumulasi, sehingga ketika hari ini salah memasukkan pin ATM sebanyak dua kali, kemudian besok memasukkan pin salah lagi, maka kartu ATM otomatis terblokir. Namun, apabila sudah dua kali memasukkan pin kartu ATM yang salah, kemudian pada percobaan terakhir kita memasukkan pin yang benar, maka kesalahan akan otomatis kembali ke 0.

Saya senang bisa memiliki rekening BCA ini, selain memang kebutuhan untuk pencairan invoice, tetapi juga karena mudahnya bertransaksi via BCA. Seperti sebelumnya, saya pernah kehilangan kartu ATM, kemudian saya mengurusnya tanpa harus membuat surat kehilangan di kantor polisi. Nah, sekarang saya mendapatkan kendala kembali, namun begitu mudah mengurusnya.

Sekarang, ketika kartu ATM terblokir, tak perlu lagi datang ke bank untuk membuka blokir kartu ATM, cukup pakai Halo BCA saja!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^