25 Sep 2018

Berapa Banyak Messenger yang Ada di Smartphone Kamu?


Berapa Banyak Messenger yang Ada di Smartphone Kamu? - Kenapa harus muncul pertanyaan semacam itu? Karena pastinya banyak dari kita memiliki aplikasi chatting lebih dari satu. Saya yakin itu. Aplikasi chatting sekarang banyak sekali, yah, meskipun dahulu kala juga tidak kalah banyaknya. Mulai dari mirc, mig33, Nimbuzz, Yahoo!, dan masih banyak lagi. Ketahuan banget ya, kalau saya anak chatting, hehe.

Namun, sekarang aplikasi chatting bukan seperti itu yang kita bahas di sini, melainkan yang berupa messenger seperti Whatsapp dan BBM. Nah, berapa banyak aplikasi messenger yang ada pada smartphone kamu?

Kalau saya sendiri ada sekitar 3 aplikasi messenger di smartphone.

Di bawah ini, saya akan menyebutkan ketiga aplikasi tersebut dan alasan kenapa saya memakainya dan masih mempertahankannya. Saya akan menuliskan dari urutan paling sering saya buka dan paling sering dipakai orang, sampai pada aplikasi yang mungkin kamu tidak tahu, serta aplikasi buatan anak negeri kita sendiri, Indonesia.


Whatsapp
taken from pexels.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi messenger yang banyak sekali dipakai orang. Dari kalangan bawah sampai atas, mereka kebanyakan memakai Whatsapp. Alasannya, begitu mudah untuk menggunakannya, karena menggunakan nomor telepon. Sehingga, ketika kamu memiliki aplikasi ini, akan otomatis terlihat siapa saja yang memiliki akun whatsapp. Dan jelas, tak perlu konfirmasi terlebih dahulu untuk bisa chatting dengan seseorang yang ingin kamu kirimi pesan.

Beberapa klien, yang ingin bekerja sama dengan saya, menggunakan aplikasi ini untuk menghubungi lebih lanjut. Kebanyakan job serta grup blogger juga memakai aplikasi chatting ini. Alasan lain adalah di WhatsApp sama sekali tidak ada iklan mampir. Pada aplikasi ini pun disediakan story seperti instagram dan facebook, iyalah mereka saudaraan. Hehe.

Aplikasi messenger ini pun cenderung ringan dan jarang sekali lola atau pesan pending. Kita pun bisa chatting via WhatsApp Web, jadi tinggal verifikasi saja via smartphone ke web. Kalau saya sedang menyalakan

Telegram
taken from IDN Times

Tak semua teman saya memakai Telegram. Aplikasi messenger yang didirikan oleh si ganteng Pavel Durov ini menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang saya pakai. Yah, meskipun saya chat-nya hanya dengan satu orang saja. Saya akan sebutkan kelebihan dari Telegram ini. Apabila pada WhatsApp gambar usai kita download akan masuk ke dalam memori ponsel kita, Telegram tidak. Kita bisa langsung melihat foto tanpa mendownloadnya terlebih dahulu dan ketika ingin gambar tersebut masuk memori kita, kita harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Menurut saya, aplikasi Telegram ini pun lebih ringan daripada WhatsApp dan jelas tidak ada iklan juga. Selain itu, yang paling saya sukai adalah kita bisa menggunakan aplikasi Telegram via PC, meskipun ponsel pintar kita sedang tidak aktif dan pesan tetap terhubung. Tentunya, berbeda dengan WhatsApp yang keduanya harus terhubung terus menerus.

Catfiz

Tahu tidak, kalau messenger satu ini merupakan aplikasi perpesanan asli buatan anak negeri kita Indonesia? Pendiri Catfiz merupakan orang Surabaya sendiri. Messenger ini memang tak banyak yang menggunakannya dan masih jarang orang tahu, atau mugkin sudah banyak yang meninggalkannya. Tapi saya tetap menggunakannya, kenapa? Karena di terkadang saya dan K chatting di sana.

Mungkin teman-teman masih memakai LINE dan BBM, sayangnya saya sudah uninstall kedua messenger tersebut. Alasannya, LINE dan BBM memiliki banyak pesan yang tak saya butuhkan, iklan-iklan masuk setiap harinya. Untuk LINE masih sering saya buka via PC, untuk BBM sudah lama sekali saya tinggalkan.

Nah, kalau kamu sendiri, berapa aplikasi messenger yang ada di smartphone?

3 komentar:

  1. Dari ketiga diatas,cuma pake WA aja hehe

    BalasHapus
  2. Line dan BBM juga udah sy uninstall... sekarang cuma pake WA n Telegram saja😄 tp kebanyakan sih di WA. Oh ya setelah baca artikel ini saya baru tahu ada app catfiz buatan anak negeri pula.. keren ya :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^