26 Sep 2018

Hal yang Saya Lakukan Untuk Merangsang Ide Sebelum Memotret



Lakukan Hal Ini Sebelum Memotret Foto Flat Lay - Tak jarang saya berselancar di internet untuk menemukan ide-ide foto untuk foto produk beberapa barang yang diiklankan pada blog maupun instagram saya. Yah, foto-foto yang sering kamu sukai itu hasil dari berselancar di internet, tentu saja untuk menghasilkan foto yang bagus harus terus belajar dan belajar. Terus bercengkraman dengan kamera, agar mendapatkan feel dan foto yang seperti kita inginkan.

Pada kenyataannya, ketika saya buntu dan butuh rangsangan agar otak dan perasaan saya berjalan, saya membutuhkan foto-foto segar, agar segera muncul ide. Memang apa yang saya foto, tidak sama persis seperti apa yang saya lihat. Justru itu yang saya butuhkan, melihat foto orang lain, saya akan tertarik membuat dengan hal serupa. Namun, ketika saya memotret sendiri, hasilnya akan jauh lebih berbeda dan sesuai dengan keinginan saya.

Beberapa hal yang saya lakukan ketika ingin mencari ide memotret:


1 | Menentukan konsep

Sebenarnya, menentukan konsep jarang sekali saya lakukan. Terakhir, saya melakukan ini untuk memotret jam tangan hadiah lomba blog kemarin. Saya menuliskannya pada selembar kertas, foto seperti apa yang saya inginkan untuk jam tersebut. Serba hitam ataukah ala vintage? Saya tuliskan semua dan ketika waktunya memotret saya mencoba apa yang sudah saya rencanakan.

Jadi, pada bagian ini saya membayangkan hasil jadi foto saya. Tidak selalu saya tulis, terkadang sekadar angan-angan saja, itu pun masih belum jelas seperti apa dan bagaimana saya mengambil sudut memotretnya nanti.

2 | Berselancar di Internet

Ini adalah hal yang selalu saya lakukan sebelum memotret, berselancar di internet. Lebih tepatnya saya mengunjungi situs pinterest.com, di sini saya bisa menemukan banyak referensi foto, yang mampu merangsang otak saya untuk memikirkan hal-hal menarik untuk foto saya nantinya. Tentu saja, saya menyesuaikan dengan properti foto yang saya miliki.

Untuk memotret produk kecantikan, saya mencari referensi produk-produk skincare di Pinterest, dan untuk foto kopi, saya pun mencarinya di Pinterest. Terkadang, saya mencari ide di instagram dan juga google. Tetap, paling banyak saya dapatkan di Pinterest. Saya pun menyimpan foto-foto tersebut dalam galeri saya di Pinterest. Situs ini benar-benar membantu saya dalam mencari ide apa pun, memotret maupun menulis. Bahkan, resep masakan dan DIY juga ada loh.

3 | Mencoba

Kita tak akan tahu tanpa mencoba, membayangkan saja tidak akan membuahkan hasil. Setelah melakukan nomor satu dan dua, saya mulai menggelar alas foto, membuka kota properti foto dan mulai mencoba-coba. Setelah melihat-lihat foto di Pinterest, saya mulai menata objek, properti foto dan mencoba melihat-lihat dari berbagai sudut pengambilan. Mau foto bentuk kotak atau persegi panjang. Sesekali, saya melihat kembali ke Pinterest. Begitu terus, sampai saya lelah dan puas dengan hasil yang ada.

4 | Mencoba lagi

Mencoba itu tak hanya sekali. Apabila belum ada foto yang memuaskan saya, saya kembali memotret. Mengambil sudut pandang lain, berkreasi sesuka hati. Bahkan, ketika saya melihat hasil foto di laptop dan masih ada yang kurang dan terlupakan, saya kembali menggelar alas foto, mengeluarkan kembali properti foto. Iya, saya tahu, pasti merepotkan dan capek, karena memang begitulah pasti ada saja kesalahan dalam fotografi. Yah, demi sebuah foto yang mampu memuaskan hati, kenapa tidak?

Cara ini saya gunakan ketika memotret foto flat lay maupun foto still life lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^