20 Nov 2018

6 Syarat Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor yang Harus Kamu Tahu




6 Syarat Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor yang Harus Kamu Tahu  - Tak bisa kita elak, bahwa hampir setiap orang yang sudah memiliki penghasilan sendiri ingin memiliki kendaraan pribadi. Tentunya, kendaraan pribadi dengan uang hasil keringat sendiri. Semacam sebuah pertanda, aku bekerja, aku bisa membeli sesuatu. Sayangnya, tak semua dari kita bisa membeli kendaraan secara cash. Bisa saja sih, dengan menabung. Tapi, tentunya akan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan kredit motor, maka dari itu kamu harus tahu syarat kredit motor itu apa saja.

                Banyak teman saya yang memilih untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor, demi menunjang kebutuhan akan kendaraan bermotor. Meskipun sekarang begitu banyak ojek daring, yang memberikan kemudahan kita untuk ke mana-mana, tetap saja mempunyai kendaraan pribadi lebih hemat daripada setiap hari harus mengeluarkan dana untuk pulang pergi ke kantor naik ojek daring.
                Zaman kuliah, saya mengenal beberapa teman yang kuliah sembari bekerja dan mereka kredit motor. Saya heran, di usia mereka yang masih di bawa umur untuk kredit kendaraan, kenapa bisa? Ternyata, mereka kredit dengan menggunakan nama paman atau orang tua mereka, dan dia yang mengangsur. Oh begitu!


                Apa mengajukan kredit kendaraan bermotor, tak hanya dari kalangan menengah ke bawah saja lho. Jangan salah, untuk kalangan menengah ke atas, tak jarang mereka mengajukan kredit motor maupun mobil. Terutama, bagi mereka yang memiliki usaha. Kenapa begitu? Salah satu teman saya pernah berkata bahwa, “Membeli mobil tanpa kredit itu perbuatan yang merugikan.” Nah lho, padahal jelas, kalau kredit harga mobil ataupun barang akan lebih mahal daripada harga awal. 

                Teman saya bilang sih, dana untuk membeli mobil langsung, tanpa kredit itu bisa untuk mengembangkan usaha. Untuk modal. Nah, untung dari usaha itu, bisa digunakan untuk membayar cicilan. 

                Begitu.

                Setelah intro sebanyak ini, muncul sebuah pertanyaan, apa saja sih syarat kredit motor atau mobil? 

Syarat Kredit Kendaraan Bermotor


Intro sepanjang itu, sebenarnya mau bahas syarat kredit kendaraan bermotor? Iya, ini agar kamu tahu apa saja hal yang harus kamu persiapkan untuk kredit kendaraan bermotor. Bukan sekadar dana untuk DP saja lho, usia juga berpengaruh dan beberapa hal lainnya. 

1 | Tidak Masuk Blacklist

Apabila kamu sebelumnya pernah mengajukan kredit motor, pastikan kamu tidak masuk blacklist ya. Karena meskipun kamu mampu dan memenuhi kelima syarat di atas, ada kemungkinan pengajuan kredit kamu tidak akan disetujui. 

                Pastikan kamu memiliki track record yang baik ya!

2 | Surat-Surat Lengkap

                Data yang wajib kamu lengkapi adalah KTP asli serta fotokopi. Terkadang pula, perusahaan pembiayaan meminta data lain, agar lebih meyakinkan serta memudahkan dalam mengajukan kredit motor. Apabila kamu seorang pekerja, jelas kamu akan diminta slip gaji. Itulah, poin selanjutnya juga penting.

3  | Memiliki Penghasilan Tetap

                Sebagai freelancer, saya cukup kecewa dan bahagia, karena kemungkinan tidak bisa mengajukan kredit motor. Yah, karena saya tidak memiliki penghasilan tetap. Setiap bulannya, terkadang ada penghasilan, terkadang tidak terlalu banyak. 

                Salah satu syarat pengajuan kredit motor adalah kamu memiliki penghasilan tetap dan akan lebih baik, apabila kamu sudah bekerja lebih dari tiga bulan untuk mengajukan kredit motor. Dengan demikian, kemungkinan besar pengajuan kredit kamu akan diterima. 

4 | Mengajukan DP Lebih Besar

                Kredit motor sah-sah saja, tetapi kamu juga harus pintar-pintar mensiasati, agar cicilan tidak besar serta waktu melunasi tidak terlalu panjang. Pikirkan kemungkinan terbaik untuk dirimu sebagai orang yang mengajukan kredit. Besar kecilnya DP berpengaruh besar pada kehidupanmu setiap bulannya, lho. 

                Tidak hanya hal itu saja, mengajukan DP lebih besar juga berpengaruh pada cepatnya pengajuan kredit motor disetujui. 

5 | Memiliki Tempat Tinggal Tetap

                Sebenarnya, biarpun kamu masih memiliki tempat tinggal sewa atau kontrak, bisa saja kok mengajukan kredit motor. Tapi, kamu harus sudah bertempat tinggal di situ, paling tidak tiga bulan. Sudah pasti, agar hal ini memberikan kepercayaan pada perusahaan pembiayaan. Selain itu, dengan memiliki tempat tinggal yang jelas atau tetap akan memudahkan dalam pengajuan kredit motor. 

                Tentunya sebagai perusahaan pembiayaan, tidak akan mudah memberikan kredit kepada orang yang tidak jelas tempat tinggalnya. 

6 | Usia Minimal 21 Tahun

                Meskipun kamu mempunyai penghasilan lebih dan memiliki kemampuan untuk mengajukan kredit motor, kamu juga harus berusia minimal 21 tahun ya. Sama seperti kasus teman saya, kenapa dia kredit motor atas nama saudaranya, itu karena usianya belum mencukupi syarat kredit motor yang berlaku. 

                Ada minimal usia, begitu pula dengan maksimal usia. Usia maksimal yang diperbolehkan mengajukan kredit motor ialah maksimal 55tahun.

                Jangan berkecil hati untuk kamu usianya yang belum cukup atau sudah dibatas maksimal. Karena kamu bisa mensiasatinya, seperti yang dilakukan oleh teman saya, yang mengajukan kredit atas nama orang tua atau saudaranya yang lebih tua. Untuk yang berada di usia maksimal, kamu bisa mengajukan kredit motor atas nama anak atau saudara yang lebih muda.

                Nah, 6 hal di atas merupakan syarat umum mengajukan kredit motor. Kalau kamu bisa membeli motor dengan uang tunai, langsung beli saja deh. Kecuali, kamu berprinsip bahwa membeli kendaraan bermotor dengan uang tunai itu perbuatan yang merugikan, maka ajukan kredit. 

                Selengkapnya mengenai syarat kredit motor maupun mobil bisa cek https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor  ya. 

https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor

                Oke, semoga bermanfaat!
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^