17 Nov 2018

Coco Festival 2018: Semangat Generasi Millennials Untuk Indonesia Lebih Kreatif




Coco Festival 2018: Semangat Generasi Millennials Untuk Indonesia Lebih Kreatif  - CocoFest dilaksanakan pada tanggal 10 November 2018 lalu di Surabaya, bertepatan dengan hari Pahlawan. Lebih dari tiga ribu anak-anak muda menghadiri perayaan hari Pahlawan bertajuk Spirit of Millennials, Tribute to Heroes. Sebagai generasi millennials, saya tidak mau melewatkan kesempatan untuk turut hadir dalam acara tersebut. 

                Content Creation Festival atau lebih mudah disebut dengan CocoFest 2018, merupakan acara yang diselenggarakan oleh pemerintah BUMN melalui Bank Mandiri ini, diselenggarakan di Monkasel atau Monumen Kapal Selam, Surabaya. 

                Sebagai orang yang sering ke Surabaya dan hidup sementara di kota ini selama beberapa tahun, ini merupakan kali pertama saya masuk ke Monumen Kapal Selam. Duh, Lan, ke mana aja, sih?

                Kembali ke acara Coco Festival 2018, acara ini merupakan acara yang sudah digelar sejak bulan Oktober 2018 lalu dengan banyak rangkaian acara. Rangkaian kegiatan Cocofest untuk generasi millennials ini seperti  Flashmob di Stasiun Kereta Api Bandung dan Museum Fatahilah, serta aktivasi lainnya yang dilakukan di berbagai lokasi. CocoFest menerima lebih dari 5200 konten kreatif, hasil pemikiran anak bangsa. 


                Nah, pada tanggal 10 November 2018 lalu, merupakan puncak dari rangkaian acara yang diselenggarakan di berbagai kota. Surabaya menjadi kota pilihan untuk menutup acara ini. Saya beruntung, karena bisa turut andil dalam menyaksikan acara yang dimulai dari pukul setengah tiga sore hingga pukul sembilan malam ini.

CocoFest 2018: Spirit of Millennials - Tribute to Heroes


Lebih dari tiga ribu anak-anak yang bergabung dalam CocoFest Spirit of Millenials ini. Antusias dari para peserta beserta tamu undangan benar-benar total sekali. Dilihat dari berbagai macam kostum yang mereka kenakan dalam acara ini. 


                Semangat mereka benar-benar memberikan harapan baru untuk Indonesia yang lebih baik. Sebelum acara inti dimulai yaitu acara awarding untuk para peserta, acara dimulai dengan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 


                Setelah menyanyikan lagu kebangsaan bersama-sama, kami dihibur dengan performa dari band-band indie. 


                Oh ya, sebelum masuk ke area utama acara CocoFest 2018, saya disambut oleh pameran dari UKM nih. Banyak yang memamerkan UKM dan tentunya menjualnya. 

                Usai band indie menghibur kami, ada bintang tamu dari content creator dari Surabaya Inijie, yang merupakan foodies Surabaya. Tak hanya Koh Inijie saja, melainkan pun ada Aris Lukman yang merupakan pembuat konten foto menggunakan kamera ponsel. Pada sesi ini, mereka menjelaskan bagaimana konsisten membuat sebuah konten, sehingga banyak yang menyukai – dan followers banyak.



                Acara inti yang ditunggu-tunggu telah tiba, yaitu acara awarding untuk para peserta Cocofest 2018. Istimewanya, pada acara ini dihadiri oleh menteri BUMN Ibu Rini Sumarno beserta jajarannya. 


                Bu Rini memberikan penghargaan kepada peserta Cocofest yang memenangkan dalam masing-masing kategori. Beberapa kategorinya adalah Cocofest Nature, Cocofest Transportasi, Cocofest Infrastruktur, dan Cocofest Lifestyle

Menurut Direktur Utama Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo yang juga menjadi Ketua Spirit of Millennials, gerakan ini bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia lebih berperan aktif dalam membangun Tanah Air. 



“Kami mengajak generasi milenial untuk menjadi pahlawan masa kini dengan berkontribusi positif di semua bidang sesuai dengan passion-nya. Kami juga ingin membawa generasi milenial yang memiliki kepercayaan diri, super kreatif, dan pekerja keras, menjadi para pejuang zaman now untuk menciptakan Indonesia masa depan yang maju,” kata kartika.

                Selain ingin generasi millennials lebih kreatif dan kritis, Bu Rini juga mengajak kita untuk membunuh serta menangkal Hoaks yang ampun-ampunan banyaknya di Indonesia. Dalam hal ini, hoaks diibaratkan hantu-hantu yang berperingai buruk dan tidak baik untuk kita. 

                Di sini pun kita diajak dalam membaca Deklarasi Sinergi Muda untuk Indonesia. Isinya sebagai berikut. 


Kami generasi muda Indonesia
Bertekad untuk bangkit dan bekerjasama untuk berdaya
Mengisi Kemerdekaan Indonesia, menentang hoax dan bersinergi untuk Negeri
Tekad kami, menjaga persatuan bangsa dari usaha untuk memecah belah bangsa
Bergandengan tangan bersama menghargai perbedaan dan mencintai keberagaman agar selalu tercipta persatuan untuk Bersama-sama membangun Indonesia


                Keseruan acara Coco Festival 2018 ditutup dengan penampilan dari penyanyi Indonesia Rini Wulandari.

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^