15 Nov 2018

Seberapa Penting Memiliki Domain Pribadi untuk Blogger?


Seberapa Penting Memiliki Domain Pribadi untuk Blogger? - Seberapa penting sih, memiliki domain pribadi alias TLD (Top Level Domain). Sebenarnya, banyak kok bloger di luar sana yang belum memiliki domain pribadi, dengan kata lain masih menumpang nama domain mereka pada .blogspot mupun .wordpress. Dan, meskipun mereka tidak memakai domain pribadi, mereka sudah melejit sebagai bloger hits.

                Contoh dua bloger yang tak memiliki nama domain pribadi yang sukses membawa nama mereka ialah Diana Rikasari sebagai fashion blogger dan Hans sebagai food blogger. Nah, untuk kamu sendiri, seberapa penting sebuah domain? Mari kita tinggalkan mengenai kesuksesan dua bloger di atas, tanpa memiliki domain pribadi. Kita lihat pada sekeliling atau diri kita sendiri sebagai bloger. 


Seberapa Penting Memiliki Domain Pribadi?

                Berbicara mengenai memiliki domain pribadi untuk kalangan blogger, hal ini juga berkaitan dengan job atau tawaran pekerjaan untuk bloger sendiri. Tentunya, apabila kamu bloger, sangat tahu mengenai hal ini. Nah, untuk kamu yang baru memiliki sebuah blog dan bingung, harus mengubah nama blog kamu ke domain pribadi atau tidak, bisa baca beberapa alasan di bawa ini mengenai seberapa penting memiliki sebuah domain pribadi.

1 | Memiliki Domain Pribadi itu Meningkatkan Prestise

                Memiliki domain yang masih memakai embel-embel .blogspot, .wordpress dan beberapa embel-embel lainnya, tentu akan menunjukkan bahwa blog tersebut masih memakai domain gratisan alias tidak memberikan biaya apa pun untuk blog kita. Nah, dengan memiliki nama domain pribadi, akan meningkatkan wibawa serta “harga” pada blog kamu. 

                Meksipun begitu, bukan berarti memiliki domain gratisan blog kamu tidak berharga loh. Tetap, content is king.
 
2 | Tak Hanya Meningkatkan Prestise, Blog Kamu Adalah Dirimu

                Berkaitan erat dengan poin nomor satu, dengan mengubah nama domain kamu ke domain pribadi akan memberikan identitas pada blog, serta dirimu. Selain itu, nama blog kamu akan mudah diingat, kecuali kamu memiliki nama domain yang sulit dilafalkan. Xoxo. 

                Seringkali, kalau kamu bertemu orang baru yang sesama bloger, mereka akan berkata “Oh, Wulan yang blog-nya www.wulansari.net itu ya?” Dengan mudah diingat olehmu, mudah diingat pula oleh orang lain. Dan lebih penting lagi, kalau blog milikmu kamu monetize, memiliki domain pribadi akan memberikan kemudahan serta keuntungan.

3 | Ada Ukuran Mengenai Domain Authority dan Page Authority

                Dalam mencari rekan kerja sama dengan bloger, para brand serta agensi melihat sebuah blog tak hanya dari trafik blog saja, pun melalui Domain Authority (DA)  dan Page Authority (PA). Apa kaitan hal ini dengan domain pribadi? Kamu yang memiliki domain yang masih memakai nama .blogspot, memang memiliki DA dan PA, namun itu merupakan DA dan PA milik blogspot sendiri. Sehingga, brand atau agensi jarang sekali memberikan job kepada bloger yang tidak memiliki domain pribadi. 

                Asal tahu saja, memiliki DA dan PA tinggi pun berpengaruh pada seberapa besar fee yang akan kamu terima nantinya. Karena blog saya ini saya monetize, maka saya membeli domain pribadi 4 tahun lalu dan penyedia jasa domain dan hosting yang saya pilih adalah IDWebhost.

IDWebhost Penyedia Layanan Domain dan Hosting Murah

                Sebelum memiliki blog wulansari.net, saya memakai domain bebekbulat.com (haha), setelah beberapa waktu saya pun membeli domain kembali dan saya pakai sampai sekarang ini. Kenapa saya membeli di IDWebhost sedangkan di luar sana banyak penyedia jasa domain dan hosting? Alasannya, karena murah. 

                Yah, sebelum saya membeli domain, saya survei dulu dong. Saya mencari domain murah dan berkualitas. Apalagi, waktu itu pemasukkan saya sebagai bloger, belum selancar sekarang. Sebulan dapat 50ribu saja sudah Alhamdulillah banget. Makanya, untuk mengubah alamat blog ke domain pribadi, saya mencari yang murah. 

                Setelah survei melalui internet, akhirnya saya memutuskan untuk membeli di IDWebhostcom

                Tak hanya domainnya saja yang murah, pun hosting yang mereka sediakan juga terjangkau. Saya pernah membeli hosting mereka untuk situs halonona.com karena menggunakan wordpress, namun tidak berlanjut karena situs tersebut tidak terlalu aktif. Sekarang sih, saya hanya memakai domain saja. Kalau kamu butuh hosting, bisa cek di sini https://idwebhost.com/hosting-murah

Beberapa Hal yang Saya Rasakan Setelah Membeli Domain di IDWebhost

                IDWebhost memiliki fitur chat 24 jam, yang memudahkan saya bertanya kepada customer service mengenai blog saya. Selain itu, setting domainnya pun mudah karena mereka menyediakan tutorialnya di website tersebut. Kalaupun kamu malas untuk mengkonfirgurasi sendiri, kamu bisa meminta bantuan kepada mereka.

                Kebetulan tanggal 11 November kemarin domain saya harus diperpanjang dan IDWebhost sudah memberikan peringatan satu bulan sebelum kadaluarsa. Saya sendiri sudah memperpanjang pada tanggal 7 November, sayangnya saya lupa untuk konfirmasi ke pihak IDWebhost dan mengabaikan peringatan via surel. Akhirnya, tanggal 12 November blog saya tidak bisa diakses. Haha. 

                Oke, dalam hal ini saya salah karena lupa konfirmasi, tetapi seandainya IDWebhost memiliki sistem yang otomatis konfirmasi gitu, mungkin akan lebih bisa membantu, haha. Yah, karena konfirmasi pembayaran IDWebhost harus memasukkan semacam pada form, serta bukti pembayaran. Sebenarnya, ada sih konfirmasi lewat SMS, namun saya belum pernah mencobanya. Yah, semoga IDWebhost memiliki solusi soal ini. 

                Sudah menjadi kebiasaan, setiap kali membeli domain baru saya selalu mengecek IDWebhost terlebih dahulu. Mengingat lagi, dulu ketika mendesain blog untuk klien dan mereka meminta bantuan untuk memembeli domain, saya selalu mengarahkan ke IDWebhost. Karena itu tadi, setting mudah. 

                IDWebhost juga sering memberikan promo domain dan hosting, pada hari-hari tertentu. Kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan paket hosting dan domain dengan harga benar-benar terjangkau. 

                Oke.

              Begitu cerita saya mengenai berlangganan domain dan hosting di IDWebhost selama 4 tahun terakhir. Semoga bisa memberikan manfaat.
               

3 komentar:

  1. besok-besok jangan lupa konfirmasi perpanjangan ya, kak. Biar nggak expired lagi :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya mbak. Kalau udah expired bingung sendiri. Padahal pemberitahuannya sebulan sebelumnya wkwk

      Hapus
  2. Kalo OUTSTANDING banget macam Diana Rikasari, atau blogger favoritku irrasistible.wordpress(dot)com kayaknya ngga perlu dibikin TLD. Karena ya itu tadi, mereka udah Terlampau cethar, unik, pintar, keren abisssss

    tapi kalo blogger biasa2 aja (seperti diriku), dan pingin dapat job (yang juga masih biasa2 aja alias nggak spektakuler) blog emang perlu di TLD in sih. Hihihi. Sorry, Lan. Numpang curcol di mari :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^