Rencana Liburan ke Tempat Wisata Banyuwangi Menggunakan Bus

by - 19.47


Berapa jam perjalanan ke Banyuwangi dari Surabaya menggunakan kereta? Ketika saya ke Bali waktu itu, saya naik kereta dari stasiun Gubeng Surabaya dan turun di Stasiun Banyuwangi. Perjalanan sekitar 6 jam. Selama ini, saya bepergian melalui jalur darat, yaitu menggunakan kereta. Bagi saya, naik kereta lebih cepat dan lagi, tidak membuat saya mabuk darat. 


Namun, saya berpikir ulang beberapa waktu ini. Apakah saya akan terus menerus menempuh jalur darat menggunakan kereta, yang itu berarti saya akan melewati jalan yang sama, pemandangan yang sama dan pengalaman yang sama?


Mungkin saya harus mencoba melakukan perjalanan menggunakan jalur darat yang berbeda. Naik bus misalnya? Toh banyak bus luar kota yang bagus dengan kondisi prima. Perjalanan pun pasti akan semenyenangkan ketika naik kereta, terlebih lagi pemandangan dan pengalaman yang akan saya dapatkan akan berbeda. 


Naik bus ketika traveling, mengingatkan saya ketika pergi ke Pulau Madura dua tahun lalu. Kami berkeliling pulau tersebut menggunakan bus, mengunjungi dari satu kabupaten ke kabupaten lain selama empat hari. Rasanya seru juga, karena dengan menggunakan bus, kami lebih mudah menjangkau tempat wisata. 


Untuk itu, rencana saya berlibur ke Banyuwangi saya akan mencoba menggunakan bus dari Bungurasih Surabaya. 

Rencana Liburan ke Tempat Wisata Banyuwangi


Kenapa harus ke Banyuwangi, sih? Karena selama ini banyak orang yang melewati tempat ini ketika ke Bali maupun Lombok. Jarang yang benar-benar singgah ke Banyuwangi, mereka – saya – biasanya ke Banyuwangi hanya sebagai perantara Bali dan Lombok saja. Padahal, banyak wisata Banyuwangi yang saya untuk tidak dikunjungi. 


Ditambah lagi, di Banyuwangi ada smart village atau smart kampung di Perkebunan Kalibendo, Kabupaten Banyuwangi. Biasanya saya hanya mengetahui mengenai smart city, sedangkan di Banyuwangi lebih memilih smart kampung. Tentu saja, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Banyuwangi.


Jawatan Benculuk atau Jawatan Perhutani Banyuwangi


Saya ingin menambah keindahan feed instagram saya dengan foto-foto hutan yang menawan. Bukan sekadar hutan biasa, Jawatan Benculuk dulunya merupakan sebuah bangunan tua yang digunakan untuk pengelolaan Transportasi Kereta Api. 


Seiring melajunya waktu, Jawatan Benculuk dijadikan tempat wisata. Jawatan Benculuk selain difungsikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang berkualitas yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi. 


Di tempat ini terdapat pepohonan Rembesi yang terlihat indah sekaligus membawa misteri. Sangat asri untuk berwisata dan melakukan sesi pemotretan. Banyak fotografer yang datang ke Jawatan Benculuk untuk melakukan foto pre-wedding.


Lori Wisata Kalibaru


source: kabarpenumpang.com
Karena saya berencana ke Banyuwangi menggunakan bus, maka saya ingin berkeliling Banyuwangi dengan kereta. Di Banyuwangi ada Lori Wisata Kalibaru yang merupakan kereta api dari PT. Kereta Api Indonesia untuk berwisata alam. Dengan menaiki Lori saya bisa menikmati pemandangan yang ditawarkan Banyuwangi seperti persawahan, perkebunan cokelat dan kopi.


Untuk menaiki kereta api ini, kamu harus siap uji nyali karena rute yang ditempuh akan melewati terowongan, jembatan, serta hutan. Pasti seru sekali menikmati wisata ini. Saya tidak sabar untuk segera ke Banyuwangi.


Desa Wisata Osing Kemiren


source: goodnewsfromindonesia.com
Saya ingin mengenal lebih jauh dengan suku asli Banyuwangi yaitu Suku Osing. Sehingga, saya ingin menunjungi desa wisata Osing Kemiren yang masih kental dengan budaya Suku Osing. Pada desa ini, masyarakat masih melestarikan budaya dari nenek moyang mereka dari zaman Kerajaan Majapahit. 


Pada Desa Wisata Osing Kemiren ini akan kamu temukan banyak bangunan rumah yang sudah berabad-abad lamanya. Ada rumah berukuran besar yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian, seperti Tari Gandrung, Angklung Paglak, Barong Kemiren, Othek, dan lain sebagainya sambil menikmati suguhan makanan dan kue-kue tradisional Banyuwangi. 


Sambil berkenalan dengan suku asli Banyuwangi, melihat tarian dan menikmati kue khas Banyuwangi. Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 


Bagaimana menurutmu?


Taman Nasional Baluran


source: idntimes.com
Berkali-kali saya melihat beberapa teman traveler berfoto di tempat ini. Awalnya, saya pikir ini bukan di Indonesia. Nyatanya, tempat wisata ini di Indonesia dan yang lebih membuat saya terkejut adalah ini di Jawa Timur. 


Begitu dekat dengan saya, bukan?


Berkunjung ke Taman Nasional Baluran, seakan membawa kamu ke benua Afrika. Di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi terdapat padang savana dengan berbagai macam hewan dan tumbuhan. Jadi, jangan heran kalau saya ingin sekali melihat rusa bergerombol sedang berlarian bebas, merak yang menyibakkan ekornya dengan anggun atau melihat sekumpulan monyet di jalanan.


Sebagai orang yang hobi pepotoan, pasti saya senang sekali melihat pemandangan matahari terbit di antara kabut, awan-awan menggumpal putih menghiasi langit di antara gunung-gunung. Saya sudah membayangkan akan memiliki banyak like dan komentar di instagram, haha.


Terlalu banyak tempat wisata Banyuwangi yang ingin saya kunjungi, namun hanya beberapa tempat di atas yang benar-benar yang ingin saya singgahi. Semoga Allah mendengarkan keinginan saya dan bisa segera ke Banyuwangi. Aamiin.


Kalau kamu, wisata di Banyuwangi mana yang ingin kamu kunjungi? Kasih saya rekomendasi dong, harus ke mana selain tempat-tempat di atas. Ah iya, kalau kamu ke Banyuwangi lebih suka naik kereta apa bus? Atau mungkin pesawat? 


Seperti yang saya katakan di atas, saya akan mencoba naik bus. InsyaAllah saya akan ke Banyuwangi dengan naik Bus Lorena. Banyak yang merekomendasikan bus ini, saya membaca testimoni di google juga banyak yang bilang bagus. Kalau menurut kamu bagaimana?


Saya akan mencoba memesan tiket Bus Lorena di Traveloka; https://www.traveloka.com/tiket-bus-travel/lorena


Ditunggu komentar kalian mengenai tempat wisata Banyuwangi  ya!


You May Also Like

1 comment so far

  1. waahhh.. cakep banget destinasi Banyuwanginya. Tos dulu mbak, aku juga kalau pesen bus via online.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^