Lebih Enak Mana; Gamis atau Baju Setelan?

by - 09.59


Saya membuat polling di instagram, mengenai lebih suka mana; gamis atau baju setelan? Banyak yang memilih gamis, pun banyak pula yang memilih baju setelan. Tentunya, mereka memiliki alasan masing-masing atas pilihan mereka sendiri. Tak satu dua orang, yang memilih keduanya, tergantung acara dan hal lainnya.

Apapun alasan mereka memilih gamis maupun baju setelan, tentu harus kita hargai, karena itu sudah menjadi pakaian ternyaman mereka. Begitu pula dengan saya, yang memiliki pilihan sendiri dalam berpakaian. 

Buat kamu yang mengenal saya dari tahun 2016, tentu akan tahu bagaimana gaya berpakaian saya kala itu. Gaya pakaian ala vintage dan lebih ke arah old school yang menjadi andalan saya. Sampai akhirnya, negara api menyerang dan saya Alhamdulillah menutup aurat.

Tentu saja, gaya berpakaian saya usai berhijab bertahap, mulai dari model kerudung yang suka pasmina dan pakaian yang kebanyakan masih memilih baju setelan dan sampai akhirnya, saya memakai gamis. 

Memang, bukan perkara mudah sampai akhirnya saya memutuskan memakai gamis, yang dulunya saya selalu beranggapan itu pakaian ibuk-ibuk pengajian, hehe.

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, banyak variasi gamis yang membuat anak muda seperti saya (((anak muda))) mau beralih ke gamis, meskipun sedikit banyak masih menggunakan baju setelan. 

Setelah mengadakan polling, saya merangkum beberapa alasan kenapa mereka memilih gamis maupun baju setelan. 


Alasan Memilih Baju Setelan


Banyak alasan beberapa orang tetap memilih gaya berpakaian dengan baju setelan atau baju atas dan bawah. Kebanyakan gaya berpakaian ini dipilih oleh remaja, namun tak jarang perempuan usia dewasa pun menggemarinya. Berikut beberapa alasan yang mereka sebutkan, kenapa memilih baju setelan daripada gamis.

1# Trendi


Seperti yang saya katakan sebelumnya, kebanyakan remaja yang memakai baju setelan. Memakai baju setelan memang lebih terlihat trendi dan modis. Apalagi dengan celana jin dan kaus flanel ala remaja banget. Salah satu alasan mereka memilih baju setelan adalah karena ini.

Meskipun begitu, gamis pun bisa trendi juga loh. Sekarang, banyak sekali model gamis yang bisa dikenakan oleh remaja dewasa ataupun untuk dewasa. 

2# Mudah Dipadupadankan


Selain trendi, baju setelan juga lebih mudah dipadupadankan. Begitu kata salah satu responden. Memang, kamu bisa mengatur sendiri mau pakai bawahan apa, begitu juga dengan atasannya. Misalnya, kamu bisa memakai rok plisket yang lagi digandrungi itu dengan atasan long tunic

Percayalah, setelan ini sedang digandrungi banyak kawula muda. Saya sendiri pun terpincut untuk mengenakannya, hehe.

#3 Menyamarkan Bentuk Badan


Ada lagi yang memberikan alasan, bahwa memakai baju setelan itu menyamarkan bentuk badan. Salah satu responden berkata, bahwa bagian tubuh atasnya besar, untuk itu harus pakai baju setelan agar tersamarkan. Hem, ilmu baru ya!

Alasan Memilih Gamis


Sudah banyak sekali gamis dengan model yang kekinian, sehingga gamis tak hanya untuk ibuk-ibuk pengajian saja. Pun beberapa remaja memakainya, entah untuk kondangan maupun hangout. Memang sih, memakai gamis itu banyak enaknya! 

Simak yuk, beberapa alasan kenapa memilih gamis sebagai pakaian sehari-hari.

1# Lebih Menutup Aurat


Ini tidak berarti pakaian setelan tidak menutup aurat ya. Tapi, memakai gamis akan lebih menutup aurat lagi, dengan catatan gamis yang dikenakan tidak membentuk lekuk tubuh. Dan entah kenapa, memakai gamis lebih disebut syar’i ala ukhti-ukhti, hehe. 

2# Anggun


Jujur saja, memakai gamis terlihat lebih anggun dan cantik. Saya melihat perempuan-perempuan menggunakan gamis, berkerudung lebar dan berniqab sungguh cantik luar biasa. Bahkan, adik saya yang ketika berkunjung ke UIN Malang, dia bercerita dengan mata berbinar-binar melihat ukhti-ukhti memakai gamis dan niqab, hehe. 

3# Nyaman atau Mudah Dipakai


Alasan ini yang paling saya sukai, salah satu alasan saya memilih gamis juga. Untuk memakainya tak perlu memikirkan harus memakai atasan apa dan bawahan apa, karena memang jadi satu. Tinggal mencocokkan dengan kerudungnya saja. Saya suka kebingungan kalau pakai pakaian setelan, yang berarti harus mencocokkan sana sini, dan itu membuang waktu. 

Memakai gamis juga nyaman, karena tidak ada tekanan di daerah perut serta lebih merasa terlindungi.

4# Simple


Seperti yang saya ungkapkan di atas, memakai gamis tak perlu ribet mencocokkan dengan atasan. Cukup dengan kerudung saja. Saya, padahal hanya mencocokkan dengan kerudung sudah memakan waktu setengah jam, apalagi ditambah dengan mencocokkan atasan dan bawahan, hehe.

5# Tidak memakan banyak tempat


Nah, yang paling penting ini. Memilih gamis sebagai gaya berpakaian, juga menyumbang tempat lebih banyak. Bayangkan kalau memakai baju setelan, berapa tempat yang harus kita sediakan untuk beberapa pakaian? 

Baiklah, itu beberapa alasan kenapa memilih gamis ataupun kenapa lebih memilih baju setelan. Kalau kamu, lebih memilih yang mana? Aku atau dia? #eh.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^