Resep Membuat Sup Bakso Lo Hoa dengan Masako

by - 05.30



Membuat sup merupakan kebiasaan saya, terutama ketika memasak di kosan. Tentunya, sup yang saya buat itu-itu saja, standar anak kos. Kenapa suka membuat sup? Bukan tumis atau lainnya. Tentu saja karena sup mudah dibuat, menghangatkan, segar, sedap dan enak. Yang pastinya, ada bumbu rahasia yang membuat sup terasa lezat dan sedap. Tanpa bumbu tersebut, terasa kurang gurih, meskipun saya sudah memakai kaldu ayam.

Tak hanya saya, di luar sana pasti banyak orang yang suka memasak sup dan sudah bukan rahasia lagi, mereka pasti menambahkan bumbu penyedap rasa agar kaldu yang dihasilkan lebih gurih dan lezat. Saya sendiri, pakai Masako Kaldu Ayam. 

Sejujurnya, bukan hanya rasa kaldu ayam saja sih, terkadang saya juga memakai rasa kaldu sapi. Terutama ibu, beliau sangat jarang membuat sayur sup yang dikasih tulang ayam untuk menghasilkan kaldu. Beliau hanya menambahkan Masako kaldu sapi sebagai pamungkas. 


Seringnya, saya membuat sup bakso, sosis, maupun sup biasa tanpa bahan tambahan tersebut. Kebetulan, kemarin teman saya membagikan resep Sup Lo Hoa, saya pun kepikiran untuk membuatnya. Ternyata, sangat mudah. 

Alasan Memakai Masako 



Masako, bumbu penyedap masakan memiliki perbaikan kualitas rasa. Kini, Masako memiliki rasa kaldu yang lebih kuat, dengan rasa bumbu gurih yang pas. Ini terbukti ketika saya membeli Masako kemasan baru, ketika membuat Sup Lohoa kemarin. 

Masako Kaldu Ayam dibuat dari daging ayam pilihan, begitu pula dengan Masako Kaldu Daging Sapi. Benar-benar dari daging asli dan daging pilihan. Selain itu, ekstra dagingnya juga lebih banyak daripada merek lain. 

Ayam yang dipilih adalah ayam pedaging yang berusia 40-45 hari, dan dikirim langsung dari RPH yang bersertifikasi halal. Bumbu yang digunakan pun merupakan bumbu berkualitas tinggi, diseleksi langsung oleh pabrik, di mana membuang bahan baku yang tidak baik atau yang telah rusak. 

Tulisan ini merupakan informasi bagi kamu, yang selama ini memakai Masako, tetapi cuek mengenai Masako yang sudah bertahun-tahun kamu pakai. 

Sebenarnya, tak hanya untuk membuat sup saja, Masako Kaldu Ayam pun bisa digunakan untuk masakan lainnya, seperti tumisan ataupun dadar gulung. Sesuai kreasi masing-masing saja. 

Resep Sup Bakso Lohoa dengan Masako

Berbeda dengan sup biasanya, saya tidak memakai bahan-bahan yang lengkap begitu juga dengan bumbunya. Namun, soal rasa tetap enak dan gurih. Saya juga tidak memakai banyak garam dan gula, karena sedang diet. Untuk itu, saya mengandalkan Masako, meskipun juga tak banyak yang saya masukkan. 

Baiklah, ini Sup Bakso Lohoa dengan Masako


Bahan Bakso Lo hoa:

½ Daging Ayam (dada buang kulitnya)

Wortel dipotong dadu kecil-kecil atau diparut

Tepung tapioka (2 sdm)

Jamur kuping (saya skip)

Bumbu Bakso Lohoa:


Sedikit Gula

Sedikit Garam

Sedikit Masako Kaldu Ayam

Kecap Asin

Bawang Merah(haluskan)

Bawang Putih (haluskan)

Cara Membuat Bakso Lohoa

1 | Cuci bersih daging ayam yang sudah dibuang kulitnya, kemudian blender sampai lembut. Karena saya tidak punya blender, saya mengulek-nya dengan memotong kecil-kecil terlebih dahulu. Lebih enak lagi, kalau ditambah daging udang ya.

2 | Masukkan semua bumbu; garam, gula, kecap asin, bawang merah, bawang putih dan masako ke dalam daging ayam giling. Tambahkan tepung tapioka, saya memakai sedikit sebagai perekat saja. Aduk sampai rata.

3 | Setelah semua tercampur, tambahkan irisan/parutan wortel ke dalam daging giling. Aduk lagi sampai rata.

4 | Nyalakan api, masak air sampai mendidih. Nah, kalau sudah mendidih baru masukkan daging ayam yang sudah dibentuk bola-bola. Tak hanya bentuk bola, kamu juga bisa membentuknya seperti Tekwan itu ya. Sesuai selera saja.

5 | Apabila bakso sudah mengambang, angkat dan tiriskan.


Di atas merupakan resep membuat Bakso Lohoa, untuk di bawah ini merupakan resep membuat kuah atau sup-nya.

Bahan Sup:

Wortel, iris atau bentuk sesuai selera

1 ikat sawi

Bakso Lo hoa

Bumbu

Masako Kaldu Ayam – sisa untuk bakso

Gula 

Garam

1sdm minyak untuk menumis

Bawang Merah (iris tipis-tipis)

Bawang Putih (iris tipis-tipis)

Kayu manis (bisa skip)

Cara Membuat Kuah Sup

1 | Didihkan air, kemudian masukkan wortel yang sudah dipotong-potong. Kalau mau lebih cantik,potong bentuk bunga-bunga, hehe. Lalu, masukkan Bakso Lohoa.

2  |  Masukkan garam, gula, dan masako. Untuk Masakonya saya pakai sedikit saja, cek rasa apakah sudah cukup sesuai selera. 

3 | Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak, apabila sudah harum dan kecokelatan, masukkan ke dalam kuah. 

4 | Terakhir, masukkan sawi. Tunggu sampai sawi dan wortel matang, matikan api. 

5 | Sup Bakso Lohoa siap dinikmati. Kalau kamu suka, kamu bisa tambahkan bihun ketika menyantapnya.







You May Also Like

28 comment so far

  1. wahh mantap nih,bisa buat referensi kalau bingung mau masak apa,maklum anak kost hehe masih sendiri bekum ada yang masakkin

    BalasHapus
  2. Saya juga suka buat bakso lagi nyari2 resep yang pas ternyata buat baksonya ditambahkan kecap asin dan tepungnya cuma tepung tapioka. wajib dicoba nih besok hehehe

    BalasHapus
  3. Enak kayaknya kalau Mba Wulan buat lagi di rumah Mba Tikha Kamis besok ya hehehe

    BalasHapus
  4. asyiiikkk aku udah coba ini, meski rada sedikit gak mirip bakso tapi alhamdulillah enak heheheh

    BalasHapus
  5. Resep ini sebetulnya menyenangkan, tapi mungkin saya lebih suka pakai bakso yang sudah jadi aja. Biasanya Masako-nya saya masukkan ke kuah, lalu selama merebus pun saya tutup pancinya.

    Lain soal kalau bakso isi Masako-nya digoreng. Tapi nanti jadinya bakso goreng, bukan sop bakso, hahahha..

    BalasHapus
  6. Aku mau dong sis dikirim 🤣

    BalasHapus
  7. Suegeeer.Aku lebih seneng dicamputi jamur kuping baksoe.kenyil2

    BalasHapus
  8. awalnya agak ragu memakai masako krn khawatir mengandung bahan2 yg tidak sehat, tp ternyata terjamin ya .. dan memang menambah sedap.. masakan.., anak2 jadi nambah2.. #tfs mba

    BalasHapus
  9. Sudah cocok jadi calon istri. Siap-siap kuliah pra nikah diajari masak

    BalasHapus
  10. duh ngiler, jadi pengen bikin sup pake bakso. Daging udang ini bikin rasa makin gurih enak deh ya.

    BalasHapus
  11. Besok saya minta istri masakin ini.

    BalasHapus
  12. Enak kayaknya. Aku mau versi jadinya aja dong kak. Ojekin ke rumah. Mumpung lagi lapar.

    BalasHapus
  13. Wiiiih... Cocok nih buat anak-anak bisa buat bekal juga...

    BalasHapus
  14. Sehat, segar, dan bergizi. Cucok juga nih buat anakku...jangankan anakku, suamiku pasti doyan kalau dibuatkan seperti ini...

    BalasHapus
  15. Paling enak makan sup kalau lagi hujan. even cuma clear sup. Anget banget pasti di tenggorokan. makasih resepnya mbak..

    BalasHapus
  16. Wah kynya bahan"nya gampang dicari nih. Dan ga ribet lagi buatnya... Cobaa ah buat tambahan menu biar ga bosen 😋😋

    BalasHapus
  17. Kayake enak ini resepnya buat anak-anak. Kapan-kapan ta' nyoba ah. Btw, ini kayak semacam sop rempah ya Mbak. Resep aslinya pakai kayu manis segala.

    BalasHapus
  18. Anak anak suka makan sup begini tapi belum pernah bikin baso Lohoa. Gampil resepnya nih

    BalasHapus
  19. Wah makasih sharing resepnya, bakso itu kesukaan Arul. Arep tak prakteknoo ahhh...

    BalasHapus
  20. Eh, ternyata bikin bakso dagingnya bisa diuleg / tanpa mesin ya?
    Sejak food proccesor dirumah rusak, aku jadi gak pernah bikin bakso.. Kapan2 coba resepnya ah, sepertinya mudah

    BalasHapus
  21. Owalah.. aku pakai kecap asin ya.. coba ah besok pas weekend.. kayanya enak. Apalagi kan sayurnya dimasukkan di baksonya, jd buat anak2 gampang makannya. Apalagi Fatin susyah makan sayurnya.

    BalasHapus
  22. Wiii gampang ternyata bikin baksonya... Bsk mau cobain ah bunda...

    BalasHapus
  23. Salfok ama alas fotonyaa.. kok apik mbak warnanya pink 😍😍

    BalasHapus
  24. Langsung laper liat bakso. Belum pernah bikin Bakso pake daging ayam. Makasih resep e ya.

    Semoga setelah lihat postingan ini mas calon ndhang cepet ngajak akad hehe

    BalasHapus
  25. Wah kayaknya seger banget makan sop bakso lo hoa ini ya. Mau coba ah buat anakku.

    BalasHapus
  26. anak saya suka sekali makan sop, mau coba bikin juga ah bakso lo hoa kayaknya gak ribet :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^