Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Campuran?

by - 14.24




Sekarang sudah bukan zamannya membiarkan pendapatan tetap “tidur” dalam saldo rekening yang kita miliki. Sekarang tuh, zamannya berinvestasi yang di mana untuk kebutuhan kita atau keluarga kelak. Kehidupan itu tak pernah ada yang pasti, kecuali kematian. Untuk itu, sudah waktunya nih buat saya memikirkan mengenai berinvestasi demi masa depan yang lebih terjamin.

Tujuan awal menabung apa sih? Menyimpan uang. Lalu? Tentunya, kita berharap uang tersebut bertambah dari kita menabung setiap bulannya. Sayangnya, menabung tak selalu membuat uang itu bertambah, bahkan cenderung turun nilainya, meskipun sangat sedikit. Belum lagi kalau ada potongan setiap bulannya, beh.

Dengan berinvestasi, dana akan terus tumbuh setiap tahunnya. Bahkan, pertumbuhan dana ini lebih cepat daripada pertumbuhan inflasi. 

Harus banget nih, berinvestasi? Kalau untuk masa depan, kenapa tidak?

Reksa Dana


Saya sudah sering mengulas mengenai reksa dana, terutama Reksa Dana Manulife. Memang, beberapa kali kami “belajar” apa itu reksa dana dan apa keuntungannya untuk saya. 

Reksa dana adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset.

Investasi Reksa Dana ada beberapa produk, diantaranya ; Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham. Pada artikel ini, saya akan membahas dua terakhir, seperti yang telah dibahas oleh Manulife Reksa Dana pada acaranya kemarin.

Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham

Reksa Dana Saham


Reksa Dana Saham merupakan golongan reksa dana papan atas atau berada pada tingkat yang tinggi, dibandingkan macam reksa dana lainnya. Pilihan Reksa Dana Saham cocok untuk kamu yang ingin memacu pertumbuhan dana yang lebih tinggi. 

Reksa Dana Saham berinvestasi pada saham-saham paling likuid di bursa saham Indonesia. Pilihan reksa dana ini diperuntukan kamu yang menginginkan alternatif investasi saham dengan kinerja relatif terjaga.

Reksa Dana Saham memberikan pilihan pada saham transaksi yang besar, seringkali saham pada berkapitalisasi besar. Sebagian kecil alokasi pada obligasi dan deposito. 

Manulife Reksa Dana Saham dikelolah oleh ahlinya, sesuai dengan kamu yang ingin mencicipi investasi saham. Selain itu, reksa dana saham digunakan untuk investasi jangka panjang, misalnya untuk mempersiapkan kebutuhan kuliah dan lainnya. 

Reksa Dana Campuran


Reksa dana campuran juga termasuk investasi pada tingkat tinggi. Reksa dana campuran hampir sama dengan reksa dana saham. Jenis reksa dana ini merupakan campuran dari oligasi dan pasar uang dan pergerakannya hampir sama dengan reksa dana saham.

Reksa dana campuran memiliki komposisi lebih beragam dan sesuai untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan tujuan jangka menengah 5-7 tahun. Cukup fluktuatif dengan potensi hasil sedang.

Nah itulah perbedaan antara Reksa Dana Campuran serta Reksa Dana Saham. Kamu bisa menentukan investasi dan jenis investasi mana sesuai kebutuhan kamu. Ingin berinvestasi jangka panjang ataupun menengah, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^