Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha, Baca Ini Dulu, Yuk!

by - 13.38




Memiliki usaha sendiri merupakan hampir impian semua orang. Bahkan, saya sendiri pun pernah memimpikannya. Memiliki usaha sendiri itu berarti tidak bekerja ikut dengan orang lagi. Kita bisa mengatur semuanya sendiri, mulai dari waktu, tenaga, dan hal lainnya. Istilahnya, kita menjadi kepala atas usaha tersebut. Memang enak, bukan?

Sayangnya, banyak kendala untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Tak semua orang bisa mendirikan usaha sendiri dengan berbagai faktor. Biasanya, faktor paling utama adalah masalah dana. Kalau kamu memiliki keluarga kaya raya sejak lahir sih, bisa saja mendirikan usaha tanpa memikirkan dana harus nyari ke mana. Lha, kalau kamu memiliki kehidupan yang pas-pasan dan ingin mengubah kehidupan itu, bagaimana?

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha kecil menengah adalah dengan mengajukan pinjaman. 

Mengajukan pinjaman sekarang tak hanya bisa kamu lakukan melalui bank saja, lho, tetapi bisa juga meminjam secara online. Tentu saja, kamu juga harus berhati-hati dalam meminjam modal usaha kamu, jangan asal memilih pinjaman online dengan asal. Harus cek dan ricek!

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman modal usaha kecil menengah, sudah tahu belum syarat umum untuk pinjaman modal usaha? Kalau belum, baca terlebih dahulu syarat pinjaman modal usaha di bawah ini ya.


Syarat Pinjaman Modal Usaha


Setiap fintech memiliki syarat umum pinjaman modal usaha. Di bawah ini merupakan beberapa syarat umum yang harus kamu penuhi, sebelum meminjam modal usaha ke salah satu pinjaman online di Indonesia.


  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  •  Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal usia 60 tahun saat kredit lunas
  • Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah/telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah


Dokumen yang diperlukan untuk pinjaman modal usaha


Selain syarat umum di atas, dokumen untuk mengajukan pinjaman modal usaha kecil menengah. Lebih baik kamu melengkapinya ya, biar cepat di-acc, sehingga dana segera cair. Dengan dana cepat cair, kamu juga bisa menjalankan bisnis kamu dengan segera. 


  • Bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah)
  •   Khusus kredit Rp 50 juta keatas dipersyaratkan dokumen legalitas usaha, seperti: NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat di mana yang bersangkutan memiliki usaha; atau
  • Surat Ijin Usaha   
  • Fotokopi rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir
  • Setelah kamu mengetahui syarat umum pinjaman modal usaha dan dokumen apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk mengajukan pinjaman. Lebih baik lagi, kamu mengetahui informasi mengenai jenis pinjaman modal usaha yang akan kamu ajukan di fintech nantinya. 


Berbagai jenis pinjaman modal usaha


Kamu harus tahu jenis pinjaman modal usaha apa yang akan kamu ajukan. Hal ini berpengaruh pada berapa besar modal yang akan kamu ajukan dan bagaimana mengajukan kepada fintech nantinya. Di bawah ini merupakan beberapa jenis pinjaman modal usaha. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

1| Kredit Modal Kerja


Pinjaman ini merupakan pinjaman yang diperuntukan memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti membiayai piutang atau proyek. Jadi, kalau kebutuhan kamu lebih ke arah sini, berarti pinjaman kamu masuk dalam kredit modal kerja. 

2| Kredit Investasi


Kredit investasi merupakan jenis modal usaha untuk fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan kebutuhan khusus terkait investasi. Kredit ini termasuk dalam kredit jangka panjang, yang jangka waktu yang disesuaikan dengan arus kemampuan  perusahaan. 

Kredit investasi bisa digunakan untuk membiayai perusahaan dalam pembangunan atau perluasan gedung, pembelian alat produksi, dll. Tentu saja, masih dalam jenis pinjaman untuk modal usaha kecil menengah.

3| Kredit BPR


Kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy. Nah, jenis pinjaman ini adalah pinjaman modal usaha mikro atau dalam skala kecil. Buat kamu yang ingin membuka usaha kecil menengah, bisa mencoba dengan jenis pinjaman ini.

4| Kredit KopKar


Apabila kamu termasuk membutuhkan pinjaman untuk KopKar alias koperasi karyawan, maka jenis pinjaman kamu adalah kredit KopKar. Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.

5| Kredit Syariah


Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM).

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui, sebelum melakukan pinjaman modal usaha kamu. Sekali lagi, saya ingatkan untuk pintar-pintar dalam memilih pinjaman online. Salah satu cara untuk mengetahui apakah situs pinjaman online itu terpercaya atau tidak adalah dengan mengecek di situ OJK. Karena situs pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, insyaAllah terpercaya dan aman. 

Buat kamu yang masih ragu mengenai situs pinjaman online dan mengenai pinjaman modal usaha kecil menengah bisa cek di  https://www.cekaja.com/small-business-banking

https://www.cekaja.com/small-business-banking

You May Also Like

2 comment so far

  1. Sekarang meminjam uang semakin mudah, ya. Kebutuhan makin banyak juga. Bagusnya sih, makin banyak perempuan yang ingin membuat/memperlebar usaha. Bisa jadi solusi

    BalasHapus
  2. Memang mesti selalu hati2 kalau mau meminjam uang ya, termasuk modal usaha. Nggak hati2, bisa-bisa modal malah amblas, ninggalin utang.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^