5 Tips Hemat Listrik Saat Memakai AC

by - 13.10



Salah satu kekhawatiran yang dialami para pemilik AC adalah membengkaknya tagihan listrik akibat pemakaian AC dalam durasi yang lama. Mungkin ini jugalah yang membuat Anda mengurungkan niat untuk membeli AC Samsung terbaru . Padahal dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda tetap bisa menggunakan AC tanpa takut tagihan listrik akan jebol.

AC sudah tidak lagi menjadi barang mewah, melainkan sudah menjadi barang yang dibutuhkan. Perangkat yang berfungsi sebagai pendingin ruangan ini akan membuat Anda tetap nyaman walaupun seharian harus beraktivitas di dalam ruangan. Anda tidak akan merasa gerah atau kepanasan.

Namun dalam pemakaian, AC memang membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi. Namun kini agar dapat menjangkau masyarakat kalangan menengah ke bawah, telah diproduksi berbagai jenis AC yang bisa digunakan di rumah dengan daya listrik yang terbatas.


Hemat Listrik Saat Memakai AC


Jika Anda ingin membeli AC, Anda disarankan untuk membeli AC Samsung terbaru dengan fitur hemat energi demi menjaga tagihan listrik bulanan agar tidak jebol. Tapi jika Anda sudah memiliki AC di rumah, bukan berarti Anda harus mengganti AC Anda yang lama dengan yang baru hanya agar lebih hemat energi. Anda tidak perlu melakukan itu. Cukup ikuti tips pemakaian AC agar tetap hemat listrik berikut ini :

1. Pilih AC dengan PK rendah

AC dengan PK rendah tingkat konsumsi dayanya juga lebih rendah. Semakin tinggi PK AC, semakin tinggi pula tingkat konsumsi daya listriknya. Tapi Anda juga perlu mempertimbangkan luas ruangan yang akan digunakan. Memakai AC dengan PK yang rendah memang akan lebih hemat energi. Namun apabila tidak sesuai dengan luas ruangan, AC tidak akan terasa dingin.

2. Tetap tutup tirai walaupun di siang hari

Biasanya ketika di siang hari, Anda akan membuka tirai agar cahaya masuk dan menerangi ruangan. Tapi kalau Anda memakai AC, membuka tirai merupakan hal yang tidak disarankan. Cahaya yang masuk melalui jendela akan menghangatkan ruangan sehingga AC butuh proses lebih lama mencapai suhu yang diinginkan. Anda harus membiarkan tirai tetap tertutup walaupun hari sudah siang demi pemakaian AC yang lebih hemat energi.

3. Usahakan ruangan selalu tertutup rapat

Selain membiarkan tirai tetap tertutup, Anda juga perlu memastikan ruangan sudah tertutup rapat. Jangan lupa tutup jendela, pintu, dan lubang ventilasi. Semakin rapat ruangan tertutup, semakin cepat proses pendinginan suhu ruangan, semakin sedikit pula konsumsi daya listrik pada AC. Jadi sisa uangnya bisa Anda tabung untuk membeli AC Samsung terbaru.

4. Atur suhu dengan tepat

Mengatur suhu dengan tepat adalah kunci pemakaian AC agar hemat listrik. Anda tidak disarankan untuk mengatur suhu AC dibawah 22 derajat. Untuk iklim Indonesia, suhu AC tidak akan mungkin mencapai 17 derajat walaupun Anda mengaturnya demikian. Sehingga yang terjadi adalah AC bekerja terlalu keras untuk mencapai suhu tersebut yang mengakibatkan tingginya konsumsi daya listrik.

5. Gunakan AC yang memiliki fitur hemat energi

Yang paling mudah adalah memiliki AC yang sudah dilengkapi fitur hemat energi, misalnya AC low watt dan AC Inverter. Anda tidak perlu lagi khawatir tagihan akan membengkak hanya karena lupa menerapkan tips-tips sebelumnya.

Demikian lima tips hemat listrik saat memakai AC. Terapkan tips-tips tersebut agar tagihan listrik bulanan Anda tetap aman. Kalau Anda belum memiliki AC, Anda bisa memilih AC yang sudah dilengkapi dengan fitur hemat energi listrik.

Mayoritas AC keluaran terbaru sudah ada fitur hemat energinya, termasuk juga AC Samsung terbaru. Jika Anda ingin memiliki AC Samsung terbaru, Anda bisa mengunjungi marketplace Bukalapak untuk melakukan pembelian. Kalau bisa belanja AC secara online melalui Bukalapak, buat apa harus repot-repot pergi ke toko elektronik?

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^