Hansaplast Spray Antiseptik; Cara Membersihkan Luka Gak Pake Perih

by - 12.19


Anak-anak yang aktif, tidak bisa dijauhkan dengan yang namanya noda, cedera dan luka-luka. Beberapa akibat tersebut, sudah sangat mungkin terjadi. Meskipun, kita sebagai orang dewasa sudah menjaga ketat tindak tanduk anak-anak. Saya pernah menjaga adik sepupu yang sangat aktif, semacam dia memiliki baterai yang terus terisi. Tak habis-habis. Meskipun dia saya jaga, dengan mengikutinya ke mana-mana, dia tetap jatuh, terbentur meja, dan sampai akhirnya meninggalkan luka. 

Kita, cenderung meremehkan luka-luka kecil dan menganggap hal tersebut biasa saja. Ada baret sedikit, kita biarkan saja, karena menganggap luka tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Memang, sebagian besar luka kecil akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat luka tersebut tidak kunjung sembuh, atau bahkan memburuk.


Memburuknya sebuah luka kecil, bisa jadi karena terinfeksi dan kita yang mudah meremehkan suatu hal. Luka yang tak dibersihkan dengan benar, sama saja dengan membiarkan kuman bersarang di sana. 

Membersihkan dan mengobati luka pun tak sembarangan. Kita harus tahu, bagaimana cara membersihkan luka dan memakai obat yang tepat. Kebanyakan, obat pembersih luka meninggalkan bekas. 

Menurut dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician – seorang dokter spesialis luka bersertifikasi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, “Kandungan dalam banyak produk pembersih luka yang dijual bebas mengandung bahan yang bisa menyebabkan sakit perih dan meninggalkan noda. Bagi saya, pembersih luka yang meninggalkan noda tidak menjadi pilihan karena menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka tersebut sehingga keadaan luka yang sebenarnya tidak bisa terlihat. Di klink dan rumah sakit, saya lebih memilih untuk menggunakan obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB) sebab tidak meninggalkan noda. PHMB juga tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa perih”.

Hansaplast Spray Antiseptik



Sejak kecil, saya ditemani oleh Hansaplast. Tentu saja, ketika saya terluka karena lari tidak hati-hati, kemudian tersandung. Jejak-jejak luka pada dengkul sangat terlihat jelas, sampai dewasa. Dulu, ketika kecil Hansaplast plester selalu menjadi favorit ketika dengkul lecet. 


Hansaplast sebagai obat pertolongan pertama pada luka, memberikan inovasi baru berupa Hansaplast Spray Antiseptik. Hansaplast Spray Antiseptik merupakan cairan antiseptik untuk melindungi infeksi dengan cepat tanpa rasa perih atau sakit. Namanya juga untuk anak-anak, kita harus memberikan perlindungan khusus. Mudah, cepat, aman dan gak pake perih.

Kandungan utama  Hansaplast Spray Antiseptik adalah Polyhexanide (PHMB), zat antiseptik yang banyak digunakan oleh para dokter karena tidak perih, tidak meninggalkan noda dan dan tidak berbau. Perlu diketahui bahwa zat PHMB dalam pembersih luka yang selama ini sudah banyak digunakan di klinik dan rumah sakit tidak dijual bebas,  tetapi Hansaplast sudah memformulasikan zat antiseptik tersebut agar tersedia dalam bentuk produk OTC / Over The Counter.


Cairan antiseptik dari Hansaplast ini mudah digunakan. Cukup dengan menyemprotkannya ke luka. Sensasi dinginnya, memberikan efek meredakan rasa sakit pada luka. Saya sendiri, mencobanya pada kulit dan merasakan sensasi dingin yang menyegarkan. 

Cara Membersihkan Luka yang Benar


Tentunya, ada tata cara tersendiri dalam membersihkan luka yang benar. Agar, tidak terjadi infeksi dan membuat luka cepat sembuh. Hansaplast memiliki tata cara sendiri dalam membersihkan luka. Tentu saja, semua produk yang digunakan dari Hansaplast sendiri. Salah satunya adalah plester yang saya gunakan sejak kecil.

1 | Bersihkan Luka


Membersihkan luka dengan Spray Antiseptik Hansaplast adalah hal pertama yang harus kamu lakukan, ketika mendapati sebuah luka pada kulit. Pada kulit ya, bukan luka hati, hehe. Caranya, cukup dengan menyemprotkan Hansaplast Spray Antiseptik ke luka dengan jarak 10cm dari luka.

2 | Lindungi Luka


Untuk melindungi luka, kamu bisa menggunakan plester Hansplast, agar terhindar dari debu dan kuman. Hal ini dilakukan, agar proses penyembuhan lebih cepat. 

3 | Sembuhkan Luka


Agar luka sembuh lebih cepat, gunakan salep penyembuh luka Hansaplast Wound Care Ointment yang akan membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Itulah rangkaian pertolongan pertama ketika memiliki luka pada kulit. Entah karena terjatuh dan dengkul lecet atau karena hal lainnya. Semoga bermanfaat.

Tabik!

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^