Memakai Ulos untuk Perempuan Berhijab dengan Chathaulos

by - 23.05


Ulos merupakan kain tenun khas Indonesia oleh masyarakat Batak, Sumatra Utara. Kain ulos memiliki nilai tinggi oleh suku Batak, dipakai ketika acara penting seperti pernikahan, kelahiran dan kematian. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Palembang, yaitu ditenun bukan memakai mesin.


Ulos n selendang tenunan Batak, biasa dipakai dalam upacara adat (pernikahan, memasuki rumah, kematian, dan sebagainya) (sumber: https://www.kbbi.web.id/ulos)
 
Seperti kain batik, kain ulos juga harus mendunia. Kita tahu bahwa batik sudah dikreasikan dalam gaya berbusana berbeda-beda. Dulu, mana ada anak muda yang pakai batik? Dengan alasan kuno, kami menolak memakai batik yang terkesan tua. Sekarang, batik sudah menjadi trend dan dipadukan dengan berbagai model. Maka dari itu, Ibu Martha Simanjuntak ingin kain ulos seperti batik; mendunia, dipakai oleh berbagai kalangan. Oleh sebab itu, lahirlah Chathaulos.


Dengan misi ingin mengangkat budaya Indonesia melalui keunikan kain ulos yang dipadukan dengan gaya yang lebih kekinian, Ibu Martha ingin kain ulos dikenal oleh banyak kalangan. Selain itu,dengan banyaknya orang yang mengenakan ulos, maka perekonomian pengerajin kain ulos meningkat.

Kain Ulos memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing untuk orang Batak. Kain Ulos merupakan kain yang istimewa oleh suku Batak. Beberapa jenis kain ulos yang ada yakni, Kain Ulos Ragidup, Kain Ulos Ragidup Silinggom, Kain Ulos Bintang Maratur atau Kain Ulos Marotur, Kain Ulos Sadum Angkola atau Kain Ulos Godang, Kain Ulos Ragi Hotang, Kain Ulos Sitolu Tuho, Kain Ulos Bolean, Kain Ulos Sibolang, Kain Ulos Mangiring.

Berkenalan dengan Martha Simanjuntak Pemilik Chathaulos


Chathaulos merupakan bisnis sampingan dari Ibu Martha Simanjuntak. Ia ingin memiliki sebuah branding, dimana ketika seseorang mengingat Ibu Martha, maka ia akan mengingat akan sesuatu. Oleh karena itu, Ibu Martha membuka bisnis fesyen, yang memang disukainya dan disukai oleh perempuan seperti dirinya.

Bagi Ibu Martha, perempuan harus punya sesuatu, untuk menunjukkan bahwa perempuan itu hebat. Selain alasan tersebut, alasan lain kenapa Ibu Martha membuka bisnis Chathaulos, yakni agar kain ulos dikenal oleh banyak orang, tentu saja oleh masyarakat Indonesia sendiri. 

Bahan baku dari kain ulos yang memiliki harga tinggi, menjadi peer bagi Ibu Martha. Bagaimana agar kain ulos atau baju dari kain ulos dipakai oleh banyak orang, seperti halnya batik. Entah dari pemilihan bahan bakunya, atau dari yang lain. Memang sulit ya, karena kain ulos dibuat dengan tangan atau handmade, tidak bisa dicetak dengan mesin. Setiap helai benangnya, memiliki nilai yang tinggi.

Mengenal Chathaulos



Chathaulos berasal dari nama Charlos dan Martha, yang merupakan pasangan suami istri. Kemarin, Kamis, 19 September 2019, Chathaulos mengadakan soft launching outlet pertama Chathaulos. Surabaya dipilih menjadi outlet pertama Chathaulos. Lebih tepatnya berada di Gedung Apartemen Taman Melati, Surabaya.

Sejak tahun 2018, Chathaulos beroperasi melalui media sosial, hingga kini mereka sudah punya banyak pelanggan. Namun, banyak pelanggan yang ingin membeli secara langsung ke gerai. Oleh sebab itu, Chathaulos membuka gerai. Kenapa Surabaya dipilih pertama kali, lantaran pelanggan Chathaulos kebanyakan dari Surabaya.

Desain dari Chathaulos mengikuti tren masa kini dan bisa digunaka oleh perempuan mulai dari remaja maupun perempuan dewasa, seperti long outer, baju kombinasi brukat, dll. Mereka pun menyediakan baju untuk laki-laki. Selain baju, Chathaulos pun menyediakan songket, scraft, dll. 

Warna dari baju Chathaulos yang cerah, memberikan kesan ceria dan sangat fashionable.

Untuk ukuran, Chathaulos memulai dari ukuran M,L dan XL. Kenapa tidak dari ukuran S? Karena menurut Ibu Martha, orang Indonesia cenderung memakai baju ukuran M, karena kalau S terlalu kecil.

Saya kemarin mencoba long outer Chathaulos dan kebetulan, saya sedang mengenakan kerudung lebar. Ternyata, memakai ulos dari Chathaulos sangat bagus dipadukan dengan tunic, rok, dan kerudung lebar. 

Untuk kedepannya, Ibu Martha ingin membuka workshop di Jakarta, yang bakalan berisi baju Chathaulos, tukang jahit, bahan baku, dll. Intinya, Ibu Martha akan membuka sebuah gerai, yang di mana semua kegiatan dari Chathaulos berada di sana.

Ada yang tertarik menggunakan ulos, sebagai perpaduan fesyen kamu sehari-hari? Langsung saja ke gerainya ya. Atau bisa juga mengunjungi instragam mereka di @chatha_ulos .

You May Also Like

3 comment so far

  1. Warna-warni ulosnya bikin hidup makin kece ya Wulan
    Keren buangettt

    BalasHapus
  2. Cantik sekali long outernya. :D

    Cerah dan warna warni tapi tetap mengandung unsur seni.

    Semoga niat baik chataulos untuk mengenalkan ulos supaya setara dengan batik itu berjalan lancar. Amiin.

    BalasHapus
  3. Pernah dapat sehelai kain ulos sebagai properti untuk lomba antar kantor. kebetulan kami jadi juara 1

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^