[Review] Buku Kumpulan Cerpen Kala Ratih oleh Anggi Putri, DKK.

by - 21.12


Sudah terbilang lama, saya tidak pernah mengulas sebuah buku. Bukan karena saya tidak pernah membaca buku lagi, akan tetapi entah kenapa saya sedang malas mengulas buku. Mungkin, karena banyaknya pekerjaan atau memang karena malas saja, haha. 

Baik, kali ini saya ingin mengulas buku dari Anggi Putri, yang merupakan adik saya di dunia perbloggeran. Dia baru menelurkan sebuah buku kumpulan cerita pendek bersama ketiga temannya. Pepatah mengatakan “don't judge book by cover”, tetapi sampul dari kumpulan cerpen Kala Ratih mencuri perhatian saya. 

....dan buku tersebut pun, masuk ke dalam daftar bacaan saya.

Tak butuh waktu lama, untuk membaca kumpulan cerita dari penulis-penulis Alumni BEKRAF yang waktu itu mengadakan Workshop Writerpreneur Accelerate di Surabaya.

Buku ini, ideal untuk kamu yang tidak hobi membaca, tidak punya waktu luang, tetapi ingin membaca. Saya pun, bisa menyelesaikannya dalam sekali duduk.


***
Judul: Kala Ratih
Penulis: Anggi Putri, Amelia Fiza, Dean Perdana M, Rena Kharisma
Jenis: Kumpulan Cerpen
Penerbit: Reybook Media
Jumlah Halaman: 150+ hlm

Blurb

Ada sepasang sepatu. Kiri dan kanan. Mereka tak pernah tahu siapa yang melahirkan mereka. Bahkan tak pernah tahu, siapa pencipta mereka. Dan untuk apa mereka diciptakan. (Kau Kesepianku- Dean Perdana M)

Kini, ia tahu betapa amat menyakitkan kekalahan. Sebab patah hati lebih dari semua kekalahan yang pernah ia alami selama hidup. (Jelaga di Langit Sore-Amelia Fiza)

Hidup memang sulit ditebak, seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja ia mau. Semakin berlari semakin kau dihantui. (Senja di Sendang Mada-Anggi Putri)

Tak ada yang mustahil dari takdir. Kelak bisa kembali atau selamanya pergi. (Bertolak Serasi- Rena Kharisma)

Ulasan

Sungguh saya menikmati cerita-cerita yang disajikan dalam lembaran-lembaran cerpen Kala Ratih. Sebelum kamu merasa bingung, saya berikan sedikit gambaran; buku Kala Ratih merupakan kumpulan cerita yang ditulis oleh 4 penulis, dengan setiap cerita berbeda, akan tetapi setiap tokohnya menggunakan nama Kala dan Ratih. Mungkin, untuk setiap berganti cerita, kamu akan sedikit kebingungan. Tapi, lama-lama akan terbiasa, apalagi terbius dengan cerita-cerita yang disajikan.

....Kala Ratih bukan sekadar kisah dua orang pasangan.

Seperti cerita pendek yang ditulis oleh Anggi Putri yang berjudul Senja di Sendang Made, yang dari cerita ini saya tahu mengenai tradisi sinden di Jombang, padahal saya orang Mojokerto dan Jombang adalah kota sebelah. Saya menikmati sajian cerita Anggi, sayangnya kurang panjang. Terlalu singkat. Mungkin, kelak akan ada versi novelnya? Aamiin. 

Lalu, kamu akan menemukan cerita pendek dari Anggi Putri yang lain, berjudul Menelan Kepahitan. Bercerita mengenai Ratih yang memiliki seorang anak bernama Kala, di sini sudah jelas, bahwa Kala dan Ratih tak melulu mengenai sepasang kekasih. 

Cerita-cerita dari buku ini, memberikan banyak kisah berbeda, meskipun nama-nama tokohnya sama; Kala dan Ratih. Dan, kisah di antara satu dan lainnya, tidak saling berhubungan. Sehingga, kamu harus segera menggerus ingatan ketika berpindah cerita.

Meskipun begitu, buku ini layak masuk dalam daftar bacaan kamu dan menghiasi rak bukumu. 

Kala Ratih, Sehimpun Cerita Pendek ini dijual dengan harga PO Rp. 55000 (Sampai akhir Oktober), harganya normalnya Rp. 62000. Setiap pembelian mendapatkan bonus gantungan kunci emoticon. Kamu bisa menghubungi instagram @anggi_putri7.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^