Penuhi Kebutuhan Air Dalam Tubuh Untuk Kesehatan Pencernaan Lebih Baik

by - 11.18


Sejak dulu, yang selalu saya dapat mengenai asupan yang harus ada setiap hari ialah mengenai 4 sehat 5 sempurna. Di antara hal-hal pokok tersebut, tidak ada air mineral untuk melengkapinya. Sayang sekali, padahal air sangat penting perannya bagi tubuh kita. Baik untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit, bahkan kesehatan jiwa.

Teman saya; Mbak Tata, di blognya dia membahas mengenai pentingnya air bagi kesehatan kulit. Bagaimana kekurangan air sangat berpengaruh besar pada kecantikan kulit wajah. Meskipun, kita merawat kulit wajah dari luar dengan berbagai macam skincare mahal, akan tetapi, apabila dari dalam tidak dijaga dengan baik, maka tidak akan sempurna. 

Saya pribadi, merasakan banyak manfaat minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Dan, saya tahu betul bagaimana dampak kekurangan air yang saya alami. Beberapa waktu lalu, saya terkena penyakit ambein yang penyebabnya adalah kekurangan serat, terlalu lama duduk, dan kurang air. Meskipun, kita sudah mengkonsumsi banyak sayuran berserat tinggi, namun apabila tidak dibantu dengan banyak minum air akan membuat feses keras dan akhirnya sulit BAB (buang air besar).

Manfaat Air Untuk Tubuh


Air merupakan bagian dari zat gizi makro yang berperan penting dalam fisiologi tubuh. Hampir seluruh tubuh kita, mengandung air, yakni sekitar 70-80%. Mengingat banyaknya air dalam tubuh dan itu sangat penting, maka sangat penting pula bagi kita untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya.

Dalam rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat bahwa selain memenuhi karbohidrat, protrein, lemak, vitamin, dan mineral, kita harus menjaga dan memenuhi kebutuhan air setiap harinya.

Berkesempatan untuk menghadiri kajian “Hydration Talk” bersama Danone-AQUA, membuat saya semakin mengerti dan paham bagaimana pentingnya air untuk tubuh; kesehatan bahkan kecantikan. Acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut, menghadirkan banyak pakar terpercaya, membahas mengenai pentingnya air untuk tubuh, serta jenis dan manfaat air. 

Seperti yang kita ketahui bersama, banyak air mineral yang beredar di pasaran dengan berbagai macam selogan dan keunggulan yang ditonjolkan. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti dan paham mengenai manfaat kandungan atau keunggulan setiap air dalam kemasan yang mereka tawarkan.

Sebagai konsumen, tentu saja akan timbul pertanyaan, “Air dalam kemasan yang mana, yang paling bagus untuk tubuh? Dan, manfaat serta perbedaannya apa, sih?”

Sebagai orang awam, tentu kita hanya paham air putih ya untuk diminum, menghilangkan haus di tenggorokan yang kering. Padahal, pentingnya air putih lebih dari itu. 

Dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan, “Minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu,pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara efektif.”

Jenis dan Manfaat Air Minum Dalam Kemasan 

Air minum dalam kemasan, tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Jenis air minum dalam kemasan pun dibahas di acara ini. Ada 4 jenis air minum dalam kemasan, yakni air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi). Air mineral merupakan AMDK yang paling mudah kita temukan di pasaran. Air mineral mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa penambahan mineral, sesuai dengan yang diatur dalam SNI. 

Tahukah kamu, bahwa air mineral yang sering kita minum sehari-hari itu, bukan sekadar air putih untuk melepaskan dahaga? Di dalam air mineral terkandung natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium dan silica yang baik sekali untuk tubuh. 

Sehingga, jangan sekadar minum air mineral ketika haus saja, karena ketika terasa haus itu sudah pertanda terkena dehidrasi. Cukupi air mineral sehari minimal 8 gelas. 

Air Minum Dalam Kemasan yang Layak Dikonsumsi

Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK memberitahu kami, mengenai AMDK yang layak dikonsumsi. Tentunya, dengan banyaknya AMDK yang ada di pasaran, pasti ada beberapa yang tidak layak dikonsumsi, meskipun itu dari merek terkenal. 

Ciri-ciri AMDK layak Konsumsi

  • Kemasan atau botol bersih
  • Label dan tanggal kedaluwarsa yang jelas   
  • Kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya

AMDK Berkualitas Baik

  • Tidak berwarna
  • Tidak Berbau
  • Tidak berasa sebelum diminum


Dalam memproduksi air mineral, Danone-AQUA berkomitmen untuk menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar. 

Sebagai konsumen, kita harus jeli dalam memilih air mineral yang kita konsumsi setiap harinya. Apakah air tersebut benar-benar bersih dan memiliki kandungan baik. Dan yang lebih penting lagi, AMIR – ayo, minum air!

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^