5 Cara Menjaring Ide Untuk Ngeblog

by - 13.07




5 Cara Menjaring Ide Untuk Ngeblog - Sebagai bloger pasti sering merasa jalan di tempat ketika ingin memperbarui blog, tetapi tidak tahu harus membuat tulisan atau posting-an apa. Saya sering mengalami stuck semacam itu. Bahkan, ketika benar-benar buntu, mood jelek, semakin jelek lagi ketika tidak tahu harus ngapain lagi agar bisa produktif ngeblog.

Saya selalu mencatat ide-ide yang bermunculan di dalam buku catatan, itu kalau sedang bening otak saya. Tak jarang, saya kesusahan menulis meskipun ada ide. Ada bahan yang harus dibahas. Apa kamu juga seperti saya, memiliki mood yang tak menentu? Ingin menulis sesuatu, tetapi idenya harus yang benar-benar ingin ditulis saja. 

Writer’s Block



Seorang bloger, merupakan penulis juga. Writer’s block tak hanya dialami oleh penulis buku saja, lho. Kita yang suka menulis di blog pun pasti mengalami masalah ini. Tiba-tiba saja enggan menulis, meskipun ada ide. Rasanya, ide yang tersedia tak satupun yang sesuai. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya yakin setiap bloger memiliki caranya tersendiri. Nah, kalau saya pribadi ketika stuck saya akan mencatat sebanyak-banyaknya ide, yang sekiranya saya bisa menuliskannya, kemudian saya akan memilih salah satu ide dari catatan tersebut dan menulisnya sesuai dengan mood saya kala itu. 

Lalu, bagaimana kalau tidak memiliki ide sama sekali? Masih mending ya writer’s block, tetapi masih memiliki gudang ide. Bagaimana kalau tidak memiliki ide sama sekali? Di bawah ini merupakan cara saya untuk menjaring atau mencari ide, mengumpulkan ide-ide untuk mengisi blog saya ini. 

Bagaimana Cara Menjaring Ide 


1 | Buka Pinterest


Laman utama ketika saya kehilangan ide dan ingin mencarinya adalah dengan mengunjungi pinterest. Saya akan mencari kata kunci untuk blogging ideas dalam pencarian di pinterest. Di sana akan muncul banyak saran dalam menulis blog. Terserah blog kamu berniche lifestyle, traveling maupun beauty. Nah, saya akan mencatat ide-ide yang ada di pinterest dalam buku catatan. Tentu, tidak semuanya. Saya hanya mencatat ide-ide yang sesuai dengan saya secara pribadi.

Di pinterest, tak hanya mengenai tulisan saja. Bahkan, foto pun saya mencarinya di sana. Sangat membantu sekali.

2 | Sekrol Linimasa


Kalau kamu suka menulis isu-isu terkini, mencarinya di media sosial adalah cara yang tepat. Terutama di Twitter maupun Facebook. Dua media sosial tersebut, selalu update dengan isu-isu terkini. Tak jarang, saya mendapat ide-ide dari sana. Atau, saya akan melemparkan sebuah pertanyaan di dinding Facebook kepada teman-teman saya. Barulah setelah mereka menjawab, akan muncul ide-ide dan jadilah satu buah artikel. 

3 | Bertukar Ide dengan Teman


Memiliki beberapa teman dengan renjana yang sama, menjadi keuntungan tersendiri. Tinggal tanya, “Enaknya nulis apa ya?”mereka akan dengan senang hati memberikan ide-ide mereka, apabila ada yang sesuai dengan saya, akan saya pakai, apabila tidak ya tidak masalah. Tapi, kebanyakan akan ada salah satu ide yang nyantol dan bisa dipergunakan. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada temanmu ya.

4 | Mengingat Masa Lalu


Mengingat masa lalu, bisa dijadikan ide posting-an blog juga, lho. Saya pernah menulis mengenai pengalaman mencari kerja, pengalaman berjualan online bahkan pengalaman ketika saya dikatain buruk sama seseorang. Hal-hal dari masa lalu pun bisa memberikan hal kebaikan dan hikmah; tentunya salah satu hikmahnya yakni bisa dijadikan tulisan di blog.

5 | Blogwalking


Mengunjungi blog teman lain, pun bisa mendatangkan ide. Bukan menyontek ya, tetapi terinspirasi, hehe. Karena ya, sepintar-pintarnya kita menyontek akan ada sisi yang berbeda dari tulisan kita sendiri. Jadi, sering-sering berkunjung ke blog teman. Selain bisa mendapatkan ide, pun bisa meningkatkan trafik serta silaturahmi via daring, bukan?

Itu dia 5 hal yang saya lakukan apabila kehilangan ide. Kalau kamu bagaimana caranya? Komentar di bawah ya, atau bikin posting­-an tandingan dan mention saya di sosial media atau komentar di bawah.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^