5 Hal Menyenangkan dari Sebuah Perjalanan

by - 16.15





5 Hal Menyenangkan dari Sebuah Perjalanan - Ada yang pernah berkata kalau melakukan hal yang berulang-ulang itu membosankan. Memang benar, tetapi tidak sepenuhnya berlaku untuk sebuah perjalanan. Saya pernah tidak tidur semalaman, hanya karena esok akan melakukan perjalanan keluar kota ketika masa perkuliahan. Beruntung, kebiasaan tersebut tidak terbawa sampai dewasa, karena dibandingkan dengan masa kuliah ketika dewasa saya sering bepergian, meskipun tidak setiap bulan.

Kenapa sih, sebuah perjalanan akan tetap istimewa meskipun itu dilakukan berulang kali? Meskipun, dalam konteks kita mengunjungi tempat yang sama. Berbeda lagi, kalau kita melakukan perjalanan dalam rangka pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang setiap minggu. Mungkin, kita akan merasa jenuh karena kita berangkat untuk sebuah keharusan atau tuntutan. Nah, apa saja sih hal yang menyenangkan dari sebuah perjalanan? Tentunya, saya tulis sesuai dengan versi saya dan kebiasaan yang saya lakukan ketika melakukan perjalanan.


1 | Mengepak Pakaian dan Membuat Daftar Perjalanan


Sebelum saya mengepak pakaian, saya menghitung berapa hari pejalanan saya dan saya membutuhkan berapa pakaian atau gamis. Dengan begitu, saya bisa menekan barang apa saja yang akan saya bawa nantinya. Dan lagi, saya menulis semua keperluan saya dalam perjalanan tersebut, termasuk sikat gigi maupun handuk. Kenapa begitu? Saya manusia biasa yang memorinya setiap hari semakin terkikis, terkadang saya melupakan hal-hal sederhana, tetapi penting. Memang, sikat gigi dan alat mandi mudah ditemukan, tetapi kalau sudah membawanya sendiri dari rumah, akan menghemat dana dan waktu, bukan?

Setelah saya menulis semua keperluan saya, ketika mengepak pakaian saya akan memasukkan satu per satu benda atau pakaian ke dalam tas ransel, kemudian mencentang pada buku catatan. 

Untuk daftar perjalanan, saya menulisnya jauh-jauh hari, ke mana saya akan menjelajah dan bagaimana sampai di lokasi? Nah, terkadang saya berangkat tanpa daftar perjalanan salah satunya ketika saya dan  Arum melakukan perjalanan ke Yogyakarta.

2 | Mejelajah Tempat Baru


Dalam benak pada setiap penjelajah (red: traveler, hehe) pasti terselip kalimat “Menjelajah tempat baru, kuliner baru.” Begitu yang saya alami. Saya suka menjelajah tempat baru, terutama mencicipi kuliner yang ada di kota tersebut. Tak hanya tempat baru yang membuat sebuah perjalanan itu menyenangkan, pun karena kulinernya. Bahkan, untuk kuliner apabila di tempat saya ada nasi pecel, di tempat lain nasi pecelnya bisa berbeda. Di sinilah letak keseruan dari sebuah perjalanan dan kuliner. 

3 | Banyak Pengalaman Menyenangkan, Pun Ketika Kesasar


Sudah sering kesasar ketika perjalanan? Saya sering, meskipun saya melakukan perjalanan bersama teman. Tak jarang, kami bertengkar karena hal ini dan diam-diaman untuk beberapa waktu. Lucu sih, tetapi ketika mengalami hal tersebut menyebalkan pula. Justru karena itu, banyak hal yang bisa dibuat pelajaran dan menjadi kenangan menyenangkan, hehe.

4 | Bertemu Orang Baru; Mengobrol


Ketika melakukan perjalanan kereta, saya kurang ramah dengan teman satu perjalanan di tempat duduk yang sama. Bahkan, saya pernah bertengkar rebutan kursi, haha. Tapi, ada saatnya saya mengobrol dengan orang-orang di stasiun ketika menunggu kereta tiba. Entah itu waktu perjalanan berangkat maupun pulang. Tentu, dalam percakapan tersebut kami tak pernah menyebutkan nama. Hanya alasan kenapa melakukan perjalanan, dalam rangka apa ke kota X, atau sekadar membahas mengenai oleh-oleh yang kami bawa. 

5 | Ada Kisah yang Bisa Diabadikan


Sebagai pekerja konten, tentu ada hal yang harus saya abadikan, apalagi menemukan hal menyenangkan seperti bangunan-bangunan kuno di Semarang, nasi gudeg di Jogja, atau justru laut indah di Bali. Banyak hal yang harus diceritakan lewat tulisan, obrolan dengan keluarga atau sekadar melalui foto. 

Saya menyukai perjalanan menggunakan kereta, kalau kota yang saya tuju ada jalur kereta saya pasti memilih naik kereta alih-alih transportasi yang lain.

Kalau kamu, apa bagian menyenangkan dari perjalanan yang kamu lakukan? Berbagi di kolom komentar ya.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^