9 Hal yang Membuat Saya Bahagia Setiap Waktu

by - 21.56




Tak ada kebahagiaan yang bertahan lama, begitu pula dengan kesedihan. Tapi, tentu ada hal-hal kecil yang selalu bisa membuat kita bahagia. Hal sederhana yang bisa kita peroleh, yang membuat kita tersenyum bahagia. Saya pun memiliki hal-hal kecil yang membuat saya bahagia. Untuk sementara, saya hanya mendaftar 9 kebahagiaan kecil, nantinya semoga bisa menambahnya dengan hal-hal lebih menyenangkan lagi.

9 Hal yang Membuat Saya Bahagia



1 | Bangun pagi


Akhir-akhir ini, saya selalu tidur lagi usai salat subuh dan tidak pernah lagi salat malam. Sehingga, ketika bisa bangun pagi untuk salat subuh kemudian tetap terjaga, membuat perasaan saya lebih baik. Ketika terjaga, saya akan membaca buku atau memulai menulis sampai jam enam pagi. Setelah itu, baru saya akan berbelanja sembari menikmati pagi. Sangat menyenangkan, bukan?

2 | Minum kopi di kala hujan


Bagi seorang yang melankolis seperti saya, menikmati kopi ketika hujan turun adalah hal yang sangat membahagiakan. Apabila orang lain ketika hujan teringat dengan indomie, untuk saya hujan berarti membaca buku atau menulis sembari menikmati kopi. Ketika hujan turun seakan sekaligus membawa ide-ide turut serta, saya tinggal menggapainya, memilahnya mana yang akan saya pergunakan atau sekadar menulisnya dalam buku catatan. 

3 | Membaca komentar pembaca di Wattpad


Saya memiliki cerita di akun wattpad saya. Cerita tersebut berjudul After Wedding dan sangat banyak yang menggemari. Pembaca cerita itu banyak yang meninggalkan komentar tentu saja jenis komentar yang mereka tinggalkan bermacam-macam, ada komentar yang mengkritik tulisan saya, ada komentar yang menyenangkan juga bahkan komentar lucu yang membuat saya tertawa sendiri. Sungguh, membaca komentar dari pembaca saya sangat menyenangkan dan membahagiakan. 

4 | Menulis fiksi


Daripada menulis artikel, saya lebih menyukai menulis fiksi. Masuk dalam dunia orang lain, dunia khayalan yang saya ciptakan sendiri. Mengobrol dengan tokoh rekaan saya sendiri, memberikan saya kebahagiaan tersendiri. Terutama, ketika saya menulis After Wedding ketika saya menerbitkan tulisan tersebut, para pembaca langsung menyerbunya. Sungguh, saya senang sekali. 

5 | Datang ke event


Datang ke sebuah event, membuat saya bahagia karena itu berarti saya akan bertemu dengan teman-teman saya. Banyak hal yang membuat saya senang ketika datang ke event, selain berbincang dengan teman-teman yakni bisa jalan-jalan, makan-makan dan tentu saja menulis ketika usai datang ke event. 

6 | Mendapatkan surel pekerjaan


Mendengar nada pemberitahuan surel pekerjaan memberikan kebahagiaan tersendiri. Sebuah harapan akan pekerjaan, terlebih lagi ketika klien merupakan orang yang bisa diajak bernegosiasi. Sehingga, saya bisa menawarkan harga tinggi. Lebih bahagia lagi, ketika harga tersebut disetujui. Saya senang mendapatkan hal-hal baik dalam hidup, meskipun itu hal kecil. Yah, karena saya ingin mensyukuri hal-hal kecil, yang bisa membuat saya tersenyum.

7 | Kedatangan paket


Siapa sih yang tidak bahagia mendengar ada paket datang? Saya selalu bahagia menunggu paket saya datang. Saya curiga, jangan-jangan saya membeli barang bukan karena butuh melainkan karena rindu mendapatkan kebahagiaan, hehe.

8 | Menghidu aroma buku baru


Hal ini juga merupakan kebahagiaan kecil yang bisa saya lakukan yakni menghidu aroma buku. Membuka sampul plastik buku, kemudian menghidu aromanya. Membuka halaman pertama, kata pertama dan kalimat pertama merupakan hal yang menyenangkan untuk saya. Terlebih lagi, ketika buku tersebut isinya memang bagus dan gaya tulis penulis merupakan favorit saya.

9 | Selesai membaca Al-Qur’an


Selama dua tahun ini saya belajar membaca al-qur’an dan Alhamdulillah semakin ke sini semakin baik. Terlebih lagi, saya sudah mulai menyukai membaca al-qur’an, sehingga ketika usai salat dan membaca al-qur’an seakan tak bisa berhenti. Usai membaca saya merasa senang dengan pencapaian saya sendiri. 

Saya menyukai hal-hal kecil, mensyukuri hal-hal kecil yang memang bisa saya jangkau. Saya pernah sangat bahagia ketika mendapatkan buku penulis favorit yang langka dengan harga murah, saya pernah merasa sangat bahagia menjadi diri sendiri ketika diundang teman untuk acara kepenulisan dan saya pulang membawa dua buku, saya pun pernah sangat bahagia ketika membeli baju bekas yang masih bagus dan sangat murah, saya pernah bahagia ketika membaca novel Melbourne: Rewind karya Winna Efendi. Yah, kebahagiaan kecil semacam itu yang saya rindukan, bukan kebahagiaan mengenai kedudukan dan hal-hal mengenai kekuasaan. 

Jadi, hal kecil apa yang membuat kamu bahagia?

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^