Bagaimana Cara Memulai Blog untuk Menghasilkan Uang di Tahun 2020


Sudah bukan cerita baru lagi, kalau setiap blogger itu money oriented person dan bagi saya itu sah-sah saja. Mau blog mereka dijadikan tempat iklan, menggunakan adsense, tempat curhatan atau bahkan dibiarkan saja tempat laba-laba bersarang pun itu sah-sah saja. Saya pun mendapatkan penghasilan dari blog yang saya kelola. Uang tersebut saya pakai untuk menghidupi diri sendiri, bayar uang indekos, bayar uang wifi, bayar gamis-gamis saya, bayar kursus ngaji saya dan bayar domain serta kebutuhan lainnya. 

Di tahun 2020 ini, blog masih memiliki pamor tersendiri, meskipun sudah banyak orang yang beralih ke YouTube. Selama Google Search masih ada, selama itu pula blog masih dibutuhkan untuk informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Itulah kesempatan para pengiklan dan blog, untuk mendapatkan penghasilan dari internet.


Hal yang Kamu Butuhkan Untuk Menghasilakan Uang dari Blog




# Wordpress dan Blogger

Hal utama yang perlu kamu miliki, tentunya yakni media untuk blog pertama kamu. Apabila kamu sudah memiliki blog, abaikan bagian ini. Yang belum, silakan pilih platform apa yang akan kamu pilih untuk blog kamu nantinya. Dua platform besar yang sering dipakai oleh bloger yakni Wordpress dan Blogger. Di antara kedua platform tersebut, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

# Domain Pribadi

Apabila dari awal kamu sudah menentukan blog kamu akan dibawa ke mana. Dan di sini, kamu ingin menghasilkan uang dari blog, maka kamu membutuhkan domain pribadi. Hal ini, menunjukkan bahwa blog kamu serius dan terpercaya. Banyak klien yang lebih memilih blog dengan domain pribadi daripada domain gratisan. 

Membeli Domain Pribadi

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli domain pribadi, tentukan nama-nama yang akan menjadi nama domainmu nantinya. Saran saya, sesuaikan nama domain pribadimu dengan nama kamu atau kamu akan mem-branding diri sebagai siapa? Dan lagi, usahakan nama domain kamu tidak panjang, mudah dibaca dan pastinya tidak sulit diingat. Tentu, kemungkinan nama domain yang kamu inginkan sudah dipakai oleh orang lain, untuk itu persiapkan sebanyak mungkin nama domain yang akan kamu beli.

Sudah menemukan nama domain pribadi?

Kamu tinggal pergi ke penyedia jasa jual beli domain. Silakan cari situs jual beli domain yang kamu percaya dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Tinggal masukkan nama-nama domain yang sudah kamu persiapkan, apabila ada yang cocok langsung saja membelinya. Setelah itu, baru kamu bisa menerapkannya di blog masing-masing. Biasanya, usai pemasangan membutuhkan waktu 24jam sampai akhirnya blog dengan domain baru, bisa diakses.

Apakah Domain Pribadi Mahal?

Saya berlangganan domain pribadi sudah lebih dari tiga tahun, di salah satu jasa penyedia domain. Saya memiliki tiga blog dengan domain pribadi semua. Satu domain pribadi seharga sekitar 130ribu selama satu tahun. Dengan kata lain, setiap tahunnya saya harus membayar sekitar 390 untuk tiga domain pribadi. 

Untuk sebuah artikel dari blog, saya mendapatkan penghasilan antara 300-1,5jt untuk satu artikel. Melihat dari apa yang saya dapatkan, saya rasa memiliki domain pribadi sangatlah murah, karena nantinya akan terbayarkan dari pengahasilan blog juga. Harga domain yang saya pakai tergolong murah, masih banyak penyedia jasa domain di luar sana yang lebih mahal maupun lebih murah. 

Menulis Hal yang Bermanfaat dan Dibutuhkan Banyak Orang

Rajin memperbarui artikel di blog saja tidak cukup. Menulis banyak konten di blog saja, tidak menjamin blog kita akan ramai dikunjungi oleh pembaca. Bahkan, mungkin akan tenggelam oleh artikel-artikel yang menarik lainnya. Dunia penuh dengan persaingan, begitu pula dengan dunia blogging

Bukan berarti, menulis cerita atau pengalaman pribadi tidak akan disukai oleh orang lain. Banyak orang yang lebih suka membaca tulisan kita karena tulisan tersebut merupakan pengalaman pribadi atau curhat. Ada pula pembaca yang suka membaca blog kita, mau menekan tautan yang kita bagikan di media sosial maupun di internet karena informasi yang mereka butuhkan ada pada blog kita.

Banyak orang yang membutuhkan informasi, maka dari itu banyak-banyaklah menulis mengenai informasi, how to, review produk, resep, dan artikel bermanfaat lainnya. Kamu harus riset terlebih dahulu, artikel apa yang akan disukai oleh orang lain.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Sebelumnya, saya sudah pernah menuliskan bagaimana seorang blogger menghasilkan uang di blog ini. Tentu, kalau kamu ingin membacanya bisa langsung menuju tautan tersebut, atau membacanya di bawah ini.

#1 – Google Adsense 

Yang saya tahu untuk menghasilkan uang dari ngeblog adalah dengan memasang Google Adsense. Makanya, dulu awal-awal saya mengejar cinta Google Adsense, berberapa kali ditolak sampai akhirnya diterima. 

Sayangnya, pengunjung blog saya saat itu tidak terlalu bagus. Sehingga berbulan-bulan hanya mendapatkan sekitar 180ribu dalam bentuk rupiah. Sedangkan untuk mencarikan dana tersebut harus minimal satu juta. 

Memiliki Google Adsense tidak berarti kamu bisa mudah mendapatkan uang, kecuali pengunjung blog kamu ramai. Kamu bisa saja berfokus menjadi blogger yang fokus mencari uang dengan Google Adsense. Asal tahu saja, kamu bisa mendapatkan uang 30juta setiap bulannya dari Google Adsense.

#2 – Affiliates

Sebagai contoh sederhana, ada merek atau orang yang memasang iklan di blog kamu. Iklan ini berupa spanduk digital atau gambar yang dipasang di blog kamu. Setiap kali ada yang klik, melakukan order, dll kamu akan mendapatkan uang dari sini.

Tak hanya pada blog, terkadang kamu bisa membagikannya di media sosial. Tentunya, mengandalkan affiliate untuk mendapatkan penghasilan tidak sepenuhnya berjalan mulus. Lagi-lagi, apabila blog tidak ramai akan menjadi kesulitan juga.

#3 – Selling Products

Saya juga menggunakan blog untuk berjualan. Dulu saya pernah berjualan kreasi kain flanel di blog ini. Untuk beberapa tahun lalu, saya berjualan template blog khusus untuk blogger. Apabila kamu memiliki kemampuan mendesain, menggambar atau apa pun itu, kamu juga bisa menjualnya di blog.
Saya sendiri sekarang berjualan properti foto, meskipun tidak di blog saya sering menyebutnya ketika menulis artikel. 

Seperti sekarang ini, saya sedang mengiklan terselubung, hehe.

#4 – Sponsored Post

Paling banyak saya menghasilkan uang dari sponsored post. Di blog ini menerima sponsored post pun blog saya yang www.wulankenanga.com . Apabila kamu melihat label “advertorial” itu berarti artikel yang sedang kamu baca mengandung iklan. 

Cara kerjanya ada beberapa macam. Pertama, kamu diminta menulis mengenai suatu produk yang nantinya akan dikaitkan dengan sebuah situs. Kedua, kamu mengulas mengenai suatu produk dan menginformasikan di mana produk tersebut dijual. Yang ketiga, dari pengiklan sudah disediakan artikel dan kamu tinggal menyunting sesuai bahasa kamu dan tinggal mem-posting-kannya saja.

Selain pekerjaan daring, sponsored post juga bisa kamu dapatkan dari mendatangi event. Biasanya pihak pengiklan membutuhkan kedatangan kita ke suatu tempat atau event untuk meliput. Nah, usai meliput kamu diminta menuliskan acara tersebut. 

Harga untuk satu artikel tentu berbeda-beda, tergantung blog kamu dan pengiklan. Jadi, pintar-pintar mengambil harga ya.

#5 – Influencer

Untuk influencer, kamu tak hanya menggunakan media blog, melainkan memakai media sosial juga. Sebagai blogger, saya juga menerima pekerjaan ini; buzzer, mem-posting iklan di instagram, dll. Jadi,menjadi blogger tak hanya menulis saja, karena biasanya pengiklan tak hanya meminta posting-an blog melainkan posting di instagram dan media sosial lainnya.

#6 – Content Writer

Selain menjadi penulis blog, biasanya blogger juga menulis konten untuk media daring. Memiliki blog sendiri bisa menjadi latihan menulis konten yang baik, mempelajari tata bahasa dan sebagainya. Biasanya mereka yang sudah sering menulis blog akan mudah diterima sebagai penulis konten. 

Setelah membaca semua penjelasan di atas, apakah kamu masih tertarik menjadi blogger
Memangnya, apa sih alasan saya mau menjadi full time blogger yang penghasilannya tidak menetap ini? Baca juga alasan saya menjadi blogger.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tabik,
Wulan K.

1 komentar:

  1. Aku punya 3 blog, yg berdomain cuma satu. Setelah punya anak susah banget megangnya ahaha, jadi yang aktif banget blog utama, yang satunya blog resep. Yang off blog anak

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.