Bagaimana Saya Mengisi Jurnal Setiap Waktu


Awal tahun kemarin, saya membeli sebuah buku untuk jurnal sehari-hari saya. Sebelumnya pun, saya sudah memiliki buku untuk hal ini. Nah, karena sudah memasuki tahun 2020 saya ingin membeli buku baru untuk tahun baru. Tentunya, saya ingin buku yang sesuai dengan selera saya. Akhirnya, saya menjatuhkan hati saya pada buku bersampul vintage warna krem dengan aksen renda. Yang paling saya sukai dari jurnal ini yakni ada klip yang terhubung dengan magnet dan desainnya.


Tak semua pekerja lepas seperti saya; yang memiliki jurnal untuk sehari-hari dan pekerjaannya. Saya suka menuliskan banyak hal pada satu buku, agar saya tak usah membawa banyak buku ke mana-mana. Memang sih, terkesan berantakan dan tidak rapi, tetapi tidak masalah. Yah, karena saya yang mengisi jurnal ini, maka saya sendiri pun tahu di mana tulisan-tulisan serta ide yang saya tuliskan dalam jurnal.

Membuat Daftar Bacaan di Tahun 2020, Menghabiskan Timbunan Buku



Tahun ini saya membuat daftar bacaan dari buku-buku yang saya miliki – atau saya beli di tahun sebelumnya. Tak usah tanya berapa banyak buku yang saya miliki dan belum saya baca – sangat banyak. Untuk itu, saya membuat daftar ini. Berharap dengan membuat daftar bacaan di tahun 2020, rasa bersalah saya akan terurai dan bisa membeli buku baru lagi, hehe. 

Untuk konsisten tidak membeli buku baru, saya rasa saya belum bisa. Meskipun, di rak buku saya masih banyak buku-buku yang belum terbaca. Bahkan, di bulan Januari kemarin saya belum berhasil menyelesaikan satu buku. Sedihnya.

Saya juga Memasukkan Daftar Ide Tulisan untuk Blog

Pada bagian lain, saya juga memasukkan daftar ide untuk blog saya www.wulansari.net dan untuk blog www.wulankenanga.com. Saya mendaftar semua ide yang terlintas dari benak saya, maupun hasil dari menjaring ide melalui Pinterest. Dengan membuat daftar banyak ide, saya bisa memilih salah satu untuk saya kembangkan, lalu saya menulisnya di MS. Word sebelum saya menerbitkannya di blog.

Dengan menulis banyak ide, saya tidak akan kebingunan setiap harinya akan menulis mengenai apa. Cara ini sangat membantu saya dalam berpikir dan tidak melulu kebingungan harus menulis mengenai apa setiap harinya. Tak perlu ide hebat untuk memulai menulis, kamu cukup memiliki ide dan menikmatinya.

Setelah ide-ide tersebut selesai saya tulis, saya akan menandainya dengan stabilo. Saya senang melakukan kegiatan menandai tulisan ini ~

Membuat Daftar Pekerjaan; Proyek Pribadi maupun Pekerjaan dari Klien


Saya selalu membuat daftar pekerjaan untuk proyek pribadi maupun pekerjaan dari klien. Memang, lebih banyak yang dari klien, karena saya tidak mau sampai terlupa. Sebagai pekerja lepas, saya seringnya terlupa dengan pekerjaan yang ada kalau tidak menuliskannya dalam daftar. Seperti halnya saya membuat daftar ide, saya juga menandai list pekerjaan yang selesai saya kerjakan dengan stabilo. Dengan begitu, saya tahu saya sudah selesai mengerjakannya.

Untuk Catatan Reportase, Tagar, dan Ide Lain


Saya membawa jurnal ini ke mana-mana, termasuk ketika bekerja di luar atau ketika ada event. Materi yang disampaikan oleh pembicara saya catat di jurnal, untuk saya tulis kembali dalam Ms. Word. Hal ini membuat saya tetap mengingat hal-hal penting yang disampaikan oleh pembicara, melalui sudut pandang saya. Meskipun, terkadang di event tertentu terdapat siaran pers, tetap saja saya lebih senang mencatatan dalam jurnal, sehingga tulisan saya akan lebih berisi dan berbeda.


Selain mencatatan untuk reportase, saya juga mengisi jurnal saya dengan ide-ide segar ketika bertemu dengan teman sepermainan. Ketika kami bertemu dan mengadakan rapat kecil-kecilan, saya suka mencatat hal-hal tersebut dalam jurnal dan megembangkannya atau melaksanakannya di kemudian hari. 

Tak hanya itu saja, saya juga menjadikan jurnal ini untuk menyimpan ide-ide; seperti tagar untuk instagram, dll.

Membuat Rincian Pekerjaan; Brief


Setelah memutuskan untuk menulis apa terlebih dahulu dari daftar ide-ide saya, saya akan membuat rincian dari ide tersebut di beda halaman. Kalau ide tersebut merupakan ide yang memiliki listicle, maka saya akan menuliskan poin-poinnya secara lengkap. Dengan begitu, saya akan tetap pada ide dasar yang saya pakai. Tidak akan berbelok ke mana-mana dan membuat saya tetap pada jalan yang benar – halah.


Untuk pekerjaan dari klien, saya menuliskan lebih lengkap lagi, beserta to do list yang harus saya lakukan dengan jelas dan tepat. Seperti apa yang harus saya lakukan; menerbitkan di instagram feed, model foto, tautan yang harus saya masukkan, berapa kali menerbitkan tulisan di instagram story, membagikannya ke facebook, dll. Dengan membuat daftar dan rician brief dari klien, membuat saya lebih teliti, sehingga minim revisi. Setelah saya menyelesaikan pekerjaan-perkerjaan tersebut, saya menandainya lagi. Dan lagi, kegiatan menandai dengan stabilo adalah hal yang menyenangkan.

Memiliki jurnal dengan tampilan yang cantik, memberikan energi positif kepada saya. Biasanya, saya menulis jurnal ketika pagi usai berbelanja. Saya menulisnya sembari mendengarkan musik atau menonton YouTube dan membuka aplikasi pinterest via smartphone

Dengan memakai jurnal, menurut saya, saya lebih terarah dan tidak akan berpikir terlalu lama untuk produktif. Bahkan, saya tidak akan melupakan hal-hal yang mesti saya lakukan. 

Nah, semoga bermanfaat!

4 komentar:

  1. Wahhh.. mantap mbak.. saya cuman jadi wacana nih, buat kekginian. Wkww

    BalasHapus
  2. Ini aku banget mbak hahaha udah jadi kebiasaan mulai dari SMA dulu. Selalu deh bawa jurnal kemana2, catet apa aja disana. Meski sekarang ada HP, belum tergantikan mah easa senang menstabilo to do list yg zdh done 😄😄 toss lah kita 😘😘

    BalasHapus
  3. wih keren banget semuanya terjadwal dg rapih

    BalasHapus
  4. Awal tahun 2020 ini, saya memulai menuliskannya di jurnal. Saya merasa segala sesuatu jadi terjadwal dengan baik dan jarang banget yang kelupaan untuk dikerjakan.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.