Perhatikan Lisensi Ketika Mengunduh Font di Dafont

by - 12.40




Di linimasa seorang teman membagikan sebuah utasan di twitter mengenai mengunduh fon di internet. Ceritanya, temannya ini bekerja di salah satu agensi, dia seorang desainer. Singkat cerita, temannya menggunakan font yang diunduh di Dafont, tanpa membelinya dan menggunakan font tersebut untuk desain tempat dia bekerja. Lalu, dia dituntut oleh desainer font tersebut sebesar 12 juta.

Sebelumnya, kisah serupa juga dialami oleh salah seorang ustaz yang mengisi workshop, ketika dia menggunakan foto sebagai ilustrasi yang diambil di internet. Beliau akhirnya terkena denda, karena menggunakan foto tersebut untuk tujuan komersil. Nah, kasus semacam ini sering terjadi karena kita kurang hati-hati. Sayapun, pernah mengalaminya, beruntungnya karya tersebut merupakan milik kenalan saya, sehingga dia hanya minta diturunkan saja.

Mengenai hal ini bisa dibaca di sini ya.

Kembali ke masalah font. Saya sering menggunakan font di internet untuk membuat header blog atau keperluan untuk di foto-foto saya. Mengenai hal ini, boleh saja, yang tidak boleh ketika font tersebut dikomersilkan. Contohnya, seperti kasus di atas.

Kamu sering mengunduh font dari dafont? Kalau iya, kamu harus berhati-hati dalam mengunduh, kemudian menggunakannya. Sebab, ada keterangan yang harus kamu baca sebelum menggunakan font tersebut.


Lisensi Font di Dafont


Meskipun kamu bisa mengunduh secara bebas font yang ada di Dafont, bukan berarti kamu juga bebas menggunakannya. Ada aturan yang seharusnya kita baca, sebelum menggunakan font tersebut.
Pada bagian kanan font, di atas tombol download terdapat beberapa aturan yang bisa kita baca, sehingga tahu apakah font tersebut benar-benar bisa bebas dipergunakan atau tidak. 

1 | Free For Personal Use



Free for personal use atau gratis untuk penggunaan pribadi. Apabila kamu menemukan keterangan ini, bukan berarti kamu bisa bebas menggunakan font tersebut, terutama untuk tujuan komersil. Silakan tekan font terlebih dahulu di dafont, untuk membaca keterangan lebih lanjut. Pada halaman tersebut, terdapat aturan dari author atau pemilik font


Pada bagian ini pun, sang pemilik font memberikan keterangan mengenai karyanya. Ketika keterangan hanya untuk penggunaan pribadi, maka kita hanya boleh menggunakan font untuk kepentingan pribadi. Apabila digunakan untuk komersil, maka akan terkena denda. Kalau memang menyukai font tersebut dan ingin menggunakan untuk komersil, sang pemilik sudah memberikan cara bagaimana membeli font tersebut.

Saya sendiri, membeli font dengan harga 15$. Ketika saya membeli font tersebut, saya diarahkan ke Bifont. Nah, tidak semua situs untuk membeli font di Bifont ya. Tergantung pemilik font masing-masing, bisa saja bifont atau etsy, atau situs lainnya.

Lisensinya pun berbeda-beda lho, sehingga kamu bisa menyesuaikan kebutuhan font tersebut untuk apa. 

2 | 100% Free


Apabila di sebelah kanan ada tulisan 100% free, maka font tersebut bebas dipergunakan, meskipun untuk tujuan komersil. Sehingga, kamu bebas menggunakannya. Intinya, baca terlebih dahulu catatan si pembuat font ya.

3 | Demo



Untuk keterangan ini, pemilik font tidak mengunggah semua file font tersebut. Tapi, kamu masih bisa mengunduhnya. Dan, ada author yang memberikan keterangan bahwa font tersebut dipergunakan untuk kepentingan pribadi saja.

Cara Membeli Font di Bifont


Kebetulan ketika membeli font kemarin, saya diarahkan ke Bifont. Ini kali pertama saya membeli font, karena saya mulai menerima desain untuk poster. Nah, saya akan memberi tahu bagaimana cara membeli font di Bifont. Kebetulan, saya menggunakan Paypal untuk pembayaran.

1 | Pendaftaran


Seperti pada situs lainnya, pertama kali kamu harus registrasi atau mendaftar di Bifont. Sebagai saran, apabila kamu akan melakukan pembayaran dengan Paypal, gunakan surel Paypal kamu ya. Sehingga, pembayaran akan lebih mudah.

2 | Memilih Font



Kamu bisa memilih font di Bifont juga loh, selain dari Dafont. Asiknya, ketika sudah mendaftar di Bifont bakalan ada pemberitahuan via email, seandainya ada font yang sedang diskon atau gratis. Kemarin, ketika saya sudah belanja font yang saya inginkan, ada pemberitahuan beberapa font diskon via email. Nggak tanggung-tanggung, harganya hanya 1$.

3 | Pemesanan



Setelah memilih font, kamu tinggal klik purchase, setelah itu kamu klik checkout. Pada laman berikutnya, kamu akan ditunjukkan detail pembelian dan diminta mengisi data diri. Setelah itu, klik  purchase. Barulah, kamu akan diarahkan ke laman pembayaran, dengan berbagai macam pilihan pembayaran. 







4 | Pembayaran



Agar lebih mudah, lebih baik pembayaran menggunakan Paypal. Akun kamu akan otomatis sinkron dengan Paypal apabila memasukkan surel yang kamu pergunakan untuk akun Paypal dan pembayaran otomtasi default ke akun Paypal apabila kamu memiliki saldo pada akun Paypal. 


Kamu juga bisa menggunakan alat pembayaran lain, tetapi tidak bisa via transfer bank biasa ya. Harus menggunakan pembayaran yang tersedia. 

Setelah itu, kamu tinggal melakukan pembayaran.

5 | Mengunduh


Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan surel mengenai detail pembelian, serta tautan untuk mengunduh font. Jadi, font bukan dikirim secara file via email ya, tetapi dengan mengunduh di email atau di situs Bifont. 

Pembelian font atau pembelian lisensi font tergantung dari harga yang kamu pilih. Setiap harga, memiliki lisensi berbeda-beda, tergantung dari pemilik font. Contohnya, seperti di bawah ini.



Nah, begitulah penjelasan saya mengenai mengunduh font di Dafont dan pembelian font via Bifont. Semoga membantu ya!

You May Also Like

2 comment so far

  1. Maaf aku masih belum ngeh, ini berarti Mbak Wiulan beli lisensi font masih untuk personal use only?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak, Ka. Buat bisnis. Kalau personal use, bisa langsung pake.

      Hapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^