Cara Mendapatkan Banyak Pembaca dan Pengikut di Wattpad



Saya memiliki akun Wattpad sejak tahun 2014, itu berarti sudah sekitar 6 tahun lamanya saya menulis cerita di sana. Beberapa cerita saya yang saya tulis ada After Wedding, Madeira, Sebelum Pernikahan dan kumpulan cerpen Belinda. Dari banyaknya cerita, After Wedding merupakan cerita yang paling diminati, serta menyumbang banyak sekali followers ke akun Wattpad saya. Sampai saat ini, tercatat ada 36 ribu pengikut dan jumlah pembaca After Wedding hampir mencapai 8 juta pembaca.

Teman sejawat banyak yang menulis di Wattpad pula, tetapi tak banyak yang bisa memikat hati pembaca, sehingga bisa mendapatkan banyak followers. Semua penulis Wattpad pasti ingin mengalami hal serupa dengan yang dialami cerita After Wedding. Setiap hari lebih dari 1000 pemberitahuan yang mampir ke akun Wattpad saya. Terkadang, saya membaca komentar-komentar yang mampir satu persatu dan membalasnya. Tapi, kebanyakkan saya mengabaikannya, sebab terlalu banyak komentar.

Sebelum ini, banyak yang bertanya bagaimana cara agar cerita kita banyak diminati pembaca di Wattpad. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips bagaimana cara menarik pembaca untuk membaca cerita kita di Wattpad.

Cara Menarik Pembaca Cerita di Wattpad

 

1 | Tema Cerita yang Digemari di Wattpad

Sebelum membuat cerita atau mengunggah cerita di Wattpad, terlebih dahulu riset kecil-kecilan. Tema apa yang sedang digemari di Wattpad? Hal ini bisa dilihat dari cerita yang paling populer di sana. Tentunya, kita harus memilih tema cerita yang sesuai dengan karakter diri, agar ketika mengeksekusi tidak berat dan menyenangkan.

Selama menulis di Wattpad, tema yang paling digemari yakni mengenai perjodohan atau pernikahan. Beberapa cerita dewasa atau remaja seperti cerita persahabatan, sangat digemari di sana. Cerita dewasa tidak melulu mengenai hal-hal yang vulgar, lho. Contohnya After Wedding yang saya kategorikan dewasa, tidak bercerita mengenai hal yang amoral. Jangn terlalu fokus pada jumlah pengikut dan pembaca saja, sampai-sampai menggadaikan prinsip, ya.

2 | Eksekusi dan Cara Bercerita

Katakan tema cerita yang kita pilih sama dengan tema yang lain. Seperti After Wedding yang bercerita mengenai pasangan menikah tanpa cinta, sekadar ingin memiliki status menikah. Tema tersebut, sudah banyak dipakai oleh penulis Wattpad yang lain. Lalu, kenapa After Wedding tetap digemari dan memiliki banyak penggemar? Bahkan, banyak yang mengatakan After Wedding cerita paling bagus di Wattpad. Tema boleh sama, tetapi kita harus pintar-pintar mengeksekusi dan membuat alur cerita.

Saya menggunakan alur maju mundur pada After Wedding – bukan berarti alur ini selalu berhasil memberikan cerita yang menarik, ya -, di mana saya menggunakan POV 3, dan menceritakan dari dua sisi tokoh utama. Cara bercerita saya pun secara perlahan, lebih menonjolkan pergulatan batin dan banyak narasi. Tidak banyak percakapan yang saya tonjolkan di sini, sebab saya memang lebih menikmati narasi daripada dialog.

Untuk membuat cerita berbeda dari cerita yang lain, meskipun tema sama, kita harus jago dalam mengeksekusi dan menyajikan cerita. Dan jangan lupa pakai plot twist pada setiap akhir bab, agar pembaca penasaran dengan bab selanjutnya. Ingat ya, jangan membongkar semua rahasia di awal, kecuali kamu memang jago dalam menulis cerita.

3 | Prolog yang Menarik

Banyak penulis yang memakai prolog dengan menyajikan konflik di awal, sehingga membuat pembaca tertarik untuk membaca cerita yang kita buat. Saya sendiri menyajikan konflik After Wedding pada prolog. Cerita tersebut di awali dengan malam pertama kedua tokoh, tetapi justru ada pertengkaran kecil pada malam itu. Sang lelaki berkata, “Tak akan ada malam pertama untuk kita.” Tentu saja, pada bab selanjutnya tidak saya kemukakan apa alasan mereka berdua bisa menikah, padahal keduanya tidak saling mencintai dan sama-sama mencintai orang lain. Rahasia ini saya ungkap ketika mendekati ending.

Dengan pembukaan yang menarik, pembaca akan lebih ingin tahu sebenarnya apa yang terjadi dengan mereka berdua. Sebab, mereka tidak dijodohkan, tetapi menikah dengan keinginan sendiri.

4 | Manfaatkan Tagar

Kalau tiga poin di atas menjelaskan mengenai teknik menulis, pada poin ke-4 ini dan selanjutnya adalah cara memanfaatkan fitur Wattpad, agar karya kita dikenal oleh pembaca Wattpad. Okelah, kalau sudah menulis tema yang sedang digemari, cara bercerita bagus, serta prolog yang menarik. Lalu, bagaimana cara agar pembaca mengetahui karya kita? Tentunya, saya memiliki teknik tersendiri mengenai hal ini.

Ketika mengunggah cerita, jangan lupa untuk mengkategorikan karya kamu termasuk genre apa; Roman, Thriller, Teen, dan lainnya. Setelah itu, setiap kali menerbitkan bab baru, jangan lupa untuk mencantumkan tagar. Kamu bisa menyesuaikan tagar dengan cerita kamu ya. Seperti romance, romansa, roman, dll. Kamu bebas menentukan tagar sejenis untuk cerita yang kamu terbitkan.

Tagar berguna agar cerita kamu ditemukan pembaca. Terkadang, Wattpad sendiri merekomendasikan cerita berdasarkan kategori yang kamu pilih. Selain menggunakan tagar, rajin-rajinlah membagikan karya kamu di media sosial.

5 | Memakai Sampul Menarik

Tak hanya buku fisik, buku digital juga perlu menggunakan sampul yang menarik. Dari sampul tersebut akan terlihat, seperti apa sih jenis cerita yang kalian sajikan untuk pembaca. Sampul Wattpad bisa kamu edit sendiri menggunakan aplikasi editing foto yang tersedia di Google Play ya. Banyak aplikasi beragam di sana dan tentunya akan membuat kamu lebih kreatif.

Serta untuk mendapatkan pengikut, pada akhir cerita sampaikan pesan pada pembaca untuk mengikuti akun kamu terlebih dahulu.

Mendukung Penulis Favorit dengan Berlangganan Wattpad

Kamu memang bisa membaca gratis di Wattpad, tetapi untuk beberapa artikel harus membelinya terlebih dahulu dengan koin. Membeli setiap bab cerita, sama saja dengan mendukung penulis favorit kamu agar lebih produktif dalam berkarya. Ini juga salah satu cara untuk menghargai kerja keras penulis favorit kamu.

Banyak cara untuk berlangganan Wattpad premium maupun membeli aplikasi di Google Play. Bisa dengan pulsa, kartu kredit, voucher Google Play dan GoPay. Dulu saya harus datang ke minimarket terdekat untuk membeli voucher Google Play, sehingga membutuhkan usaha lebih. Begitu pula ketika memakai pulsa, sedangkan sekarang saya jarang sekali mengisi pulsa. Memang, yang paling mudah memakai GoPay. Sebab, selain bisa untuk membayar aplikasi Google Play, GoPay juga berguna untuk saya yang sering GoFood makanan.

Keuntungan lain membayar aplikasi dengan GoPay yakni banyak promo yang bisa saya pakai, selengkapnya mengenai promo GoPay bisa dicek di sini.


Cara Membeli Premium Akun Wattpad dengan GoPay


1 | Unduh Aplikasi Wattpad di Google Play



Pertama kamu harus mengunduh aplikasi produktif ini di Google Play, kemudian buat akun Wattpad. Setelah itu, klik try premium pada pojok kanan atas.

2 | Pilih Waktu Berlangganan



Halaman selanjutnya akan menunjukkan pilihan paket langganan yang bisa kamu pilih. Ada dua paket langganan yakni paket sebulan dan satu tahun.

3 | Hubungkan Aplikasi Wattpad dengan GoPay


Pada pilihan pembayaran, segera pilih Add GoPay untuk menghubungkan aplikasi Wattpad dengan GoPay. Ikuti saja terus perintah selanjutnya untuk menghubungkannya. Setelah terhubung, kamu tinggal klik bayar dengan GoPay untuk mengaktifkan akun Wattpad Premium kamu.





Menggunakan akun premium, tak hanya untuk membeli koin dan membaca cerita berbayar saja, pun ada keuntungan lain. Salah satunya bisa mengganti tema di Wattpad kamu.

Menggunakan GoPay tak hanya bisa untuk Wattpad saja, pun bisa untuk aplikasi lainnya di Google Play. Apabila aplikasi tersebut berbayar, kamu cukup mengaktifkan GoPay agar pembayaran lebih mudah dan praktis. Selain itu, harganya pun lebih terjangkau.

Itu dia tips bagaimana cara mendapatkan pembaca dan pengikut di Wattpad ala Wulan Kenanga. Semoga bermanfaat ya!

1 komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.