Pengalaman Ikut Sekolah Leader oleh Indscript

by - 19.33




Meskipun bisnis Kenanga Photography masih berjalan satu tahun lebih – dan belum besar, saya ingin belajar lebih mengenai kepemimpinan dalam sebuah bisnis. Tak ada salahnya, belajar sejak dini, sebab siapa sangka Kenanga Photography akan menjadi besar nantinya? Aamiin. Oleh sebab itu, selama work from home ini saya memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, karena banyak komunitas yang mengadakan workshop via daring untuk meningkatkan skill


Sekolah ini diselenggarakan oleh Indscript dan dibimbing langsung oleh foundernya Teh Indari Mastuti selaku founder Indscript dan Mentor Ibu. Saya mengikuti sekolah daring selama 10 hari, melalui aplikasi Telegram. Setiap harinya, akan ada tema yang berbeda dan tentu saja masih dalam satu garis lurus, yakni mengenai kepemimpinan.


Berangkat dengan latar belakang saya selama ini; menjadi reseller selama masa kuliah, berjualan properti foto dan yang terakhir serta berjalan selama satu tahun Kenanga Photography – yang InshaAllah nantinya akan menjadi Kenanga Studio. 



Tak ada salahnya bermimpi besar, asal diimbangi dengan kemauan dan usaha yang tinggi. Salah satu usaha yang saya lakoni yakni dengan mengikuti Sekolah Leader.


Jadi, apa saja sih, yang dibahas di Sekolah Leader salam sepuluh hari?


Sekolah Leader oleh Indscript



Sekolah Hari ke-1


Pada hari pertama, sejujurnya saya masih canggung. Sebab, tak pernah saya ikut grup di Telegram apalagi kelas di Telegram. Alhamdulillah, lama-lama mengerti juga. Ternyata, peserta Sekolah Leader banyak sekali, terlihat dari anggota di dalam grup. 


Hari pertama kami dihadirkan pembahasan mengenai pengenalan diri. Hari ini dimentori oleh Teh Euis.


Adapun pertanyaan yang dilontarkan kepada kami yakni:


1. Siapakah Aku?

2. Apa kelebihan dan kekuranganku?

3. Bagaimana memoles kelebihan dan mengurangi kekurangan?

4. Apa yang membedakanku dengan leader lainnya?

Tentunya, pertanyaan tersebut harus dijawab sebagai tugas harian.

Tema ini penting untuk memulai menjadi leader, sebelum mengetahui anggota kita yang lain, kita harus tahu siapa diri sendiri.


Sekolah Hari ke-2


Pada hari kedua, kami dimentori oleh founder dari Indscript langsung yakni Teh Indari. Teh Indari melayangkan dua pertanyaan besar pada tema hari kedua ini, yakni:


1. Apa yang membedakan jaringanku dengan jaringan lainnya?

2. Apa keistimewaanku dan jaringanku di mata orang lain?


Dua perntanyaan di atas, membantu leader untuk mengetahui, sejauh mana dia berpengaruh untuk timnya. Melihat lebih jauh pada kemampuan diri.


Sekolah Hari ke-3


Pada hari ketiga, kami diajarkan MANAJEMEN KEPEMIMPIANAN. Tentu saja, hal ini bagus untuk para leader dan tentu saja untuk timnya. Salah satunya adalah mencari jalan keluar untuk tim yang tidak aktif. 


Itu merupakan gambaran sekolah setiap harinya di Indscript. Setiap hari kita akan mempelajari tema yang berbeda, belajar lebih jauh dan dalam dari ahlinya. Menyenangkan bisa belajar mengenai kepemimpinan, dengan tema yang mungkin dianggap receh, tetapi di sini kita mempelajarinya dengan serius. Sebab, sekecil apa pun ilmu tersebut, pasti bermanfaat dan merupakan sebuah pondasi. 


Pada hari-hari berikutnya, kami pun diajarkan bagaimana mengelolah stress. Lho, apa hubungannya? Tentu saja berhubungan. Sebagai kepala tim tentu sedikit banyak sakit kepala menghadapi timnya. Untuk itu, hal pribadi seperti mengolah stress sangat penting dibahas dan dikelolah dengan baik.


Tak hanya mengenai mengelolah stress, bahkan saya diajari bagaimana memotivasi diri dan tim, manajemen komunikasi terutama untuk leader yang introver. Masih banyak materi yang saya dapat dan tentunya tak bisa saya tuliskan di sini semua. Hehe.


Memang ya, investasi terbaik adalah dengan menambah pengetahuan dan kemampuan diri. Tentunya, untuk bertahan hidup dan supaya mampu menjalani kehidupan yang sedang serba tak pasti ini.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^