Menonton Film Animasi Studio Ghibli

Selama berbulan-bulan, tontonan saya hanya drama Korea saja. Terlihat dari beberapa posting-an di blog ini, yang rata-rata membahas mengenai drama Korea. Menonton film sangat jarang saya lakukan. Tidak seperti dulu, saya rajin menonton film daripada drama Korea. Sampai-sampai, saya ketinggalan berita mengenai film-film bagus di tahun 2020 ini. Nah, beberapa hari ini saya menonton film animasi dari Studio Ghibli, yang sebenarnya saya sudah mengenal Studio Ghibli sejak lama. Tapi, saya baru menonton filmnya beberapa hari belakangan.

 

Di bawah ini adalah film animasi Studio Ghibli yang sudah saya tonton. Sejujurnya, antara tahun 2017-2018 saya pernah menonton salah satu animasinya, tetapi saya sudah lupa bagaimana ceritanya. Sehingga, saya akan menuliskan beberapa film animasi yang saya tonton beberapa hari lalu saja.

 

Film Animasi Studio Ghibli

Saya akan menuliskan dari film animasi pertama yang saya tonton. Artikel ini bukan mengenai rekomendasi film animasi dari Studio Ghibli, ya, sekadar berbagi mengenai film animasi yang saya tonton. Sehingga, nomor pertama bukanlah urutan film animasi paling bagus yang saya tonton.

 

 

From Up On Poppy Hill

Pilihan animasi pertama yang saya jatuhkan yakni dengan menonton From Up On Poppy Hill. Saya tak tahu pasti alasannya kenapa saya menjatuhkan film pertama pada From Up On Poppy Hill. Kisahnya mengenai Umi dan Shun, siswa SMA di Jepang. Umi gadis berusia 16 tahun yang mandiri. Ayahnya meninggal, sedangkan ibunya di Amerika. Setiap pagi, Umi menyiapkan makanan untuk keluarganya, begitu pula ketika pulang sekolah/sore hari. 

 

Pertemuan Umi dan Shun terjadi di sekolah. Tapi, Shun sering melihat Umi ketika berangkat ke sekolah. Keduanya dekat sebab urusan gedung ekstrakulikuler di sekolah yang akan dirobohkan. Umi dan Shun, beserta kawannya yang lain berusaha untuk mempertahankan gedung tersebut. Sayangnya, ketika keduanya dekat dan memiliki perasaan satu sama lain, kenyataan pahit datang. Yakni, kenyataan bahwa sebenarnya keduanya bersaudara. 

 

Saya sangat jarang menangis karena cerita percintaan, meskipun tontonan saya drama Korea. Kecuali drama tersebut mengenai keluarga. Tapi, menonton From Up On Poppy Hill saya hampir meneteskan air mata. Ceritanya manis. 

 

The Tale Of The Princess Kaguya

Kisah ini diangkat dari dongeng di Jepang, mengenai putri Kaguya. Cerita berawal dari seorang kakek penebang bambu di pedalaman, menemukan bambu aneh yang bersinar. Bambu tersebut menumbuhkan rebung (bambu muda), kemudian muncul seorang putri cantik yang berukuran sangat kecil. Kakek tersebut membawa pulang putri tersebut. Di rumah, putri itu tumbuh begitu cepat, berbeda dengan anak-anak lainnya.

 

Singkat cerita, putri itu istimewa dan membuat si kakek ingin memberikan hak putri yang sesungguhnya; yakni menjadikannya putri yang sebenarnya.

 

Putri Kaguya akhirnya diajak pindah ke kota, meninggalkan desa dan teman-temannya di desa. Meskipun dengan berat hati, Putri Kaguya mengikuti. Di kota, dia diperlakukan seperti putri yang sesungguhnya; diajarkan tata krama, dilarang ini itu, diistimewakan. Bahkan, Putri Kaguya dilarang berlarian dan tertawa. Kehidupan tersebut membuat Putri Kaguya seperti dipenjara. 

 

Kabar mengenai kecantikan Putri Kaguya terdengar oleh beberapa pangeran, sehingga mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan di putri. Tapi, putri tidak tertarik dan memberikan syarat yang tak masuk akal kepada pangeran-pangeran itu. 

 

 

Spirited Away

Spireted Away bercerita mengenai Ichiro yang baru pindah ke sebuah wilayah. Ayahnya, mengendarai mobil hingga sampai pada sebuah hutan yang berakhir di sebuah bangunan, semacam pintu masuk ke suatu wilayah. Rasa penasaran yang menerpa ayahnya, membuat Ichiro mengikuti ayahnya dan ibunya. Dari bangunan awal itu, mereka sampai pada sebuah pada rumput yang luas. Ichiro berkali-kali meminta ayahnya untuk kembali, tetapi orang tuanya tak peduli. Sampai akhirnya, mereka sampai di sebuah kota dengan banyak restoran. Makanan di sepanjang jalan tersebut menggoda selera, tetapi ada yang janggal, yakni tak ada satupun orang ataupun penjualnya. Dengan tanpa izin orang tuanya memakan makanan yang tersedia, kemudian mereka berubah menjadi babi.

 

My Neighbor Totoro

Bercerita mengenai Satsuki dan Mei beserta ayahnya yang pindah ke pedesaan. Mereka menepati sebuah rumah tua yang memiliki halaman luas. Di halaman rumah tersebut ada sebuah jalan yang terbuat dari pepohonan, menuju rumah Totoro. Mei adalah orang pertama yang bertemu dengan Totoro, barulah Satsuki. 

 

Hanya Satsuki dan Mei yang bisa melihat Totoro beserta dunianya; anak-anak Totoro dan bus kucing. Saya sejujurnya berpikir bahwa Totoro dan dunianya ini sekadar khayalan kakak beradik ini. Tapi, ketika Mei menghilang Totoro membantu Satsuki untuk menemukannya. Saya berharap cerita akan lebih panjang lagi, tetapi menonton Totoro saya kurang puas, sebab terlalu singkat. Saya ingin tahu, itu sekadar khayalan kakak beradik itu atau memang ada.

 

 

Wispher From Heart

Shizuku tak pernah berpikir kelak akan menjadi apa. Di usianya yang masih remaja, dia memikirkan akan pergi ke mana setelah lulus SMA. Di usianya itupun dia tidak tahu hal yang membuatnya bergairah. Lalu, dia bertemu kucing yang membawanya ke sebuah toko barang antik. Yang ternyata toko tersebut milik kakeknya Amazawa. Lelaki itulah yang membuat Shizuku menemukan tujuan hidupnya, yakni menjadi penulis. Sedangkan Amazawa sendiri memiliki keinginan menjadi pembuat biola profesional.

 

Hati saya menghangat ketika Shizuku diajak Amazawa masuk ke toko antik lewat pintu sebelah toko. Di situ mereka menuruni tangga, kemudian dihadapkan dengan pemandangan kota Tokyo. Saya berharap toko itu benar-benar ada di dunia nyata dan mungkin suatu saat nanti saya bisa ke sana. Hal yang menghangatkan lainnya yakni ketika Shizuku bernyanyi diiringi biola Amazawa, kemudian datang kakeknya dan dua temannya. Mereka memainkan alat musik masing-masing. Saya benar-benar merasa senang menonton animasi ini.

 

Itulah lima film animasi Studio Ghibli yang saya tonton, semoga bermanfaat untuk kamu, ya. Rencananya saya akan menonton Ocean Waves dan Princess Mononoke.

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.