7 Resolusi 2021

 


Tak bosan-bosannya, setiap tahun selalu ada resolusi baru atau meneruskan resolusi tahun-tahun sebelumnya yang belum tercapai. Lucunya, saya pun menuliskan hal yang sama setiap tahunnya. Hanya saja, rencana Tuhan selalu lebih indah. Bagi saya, menulis resolusi tahunan bisa menjadi semacam pengingat untuk tahun-tahun selanjutnya. Tahun sekian saya menginginkan hal ini, tahun sekian saya menginginkan hal lain. Beberapa hal terwujud, beberapa hal tidak. But, saya tetap menuliskannya. 

 

Kamu tahu, apa resolusi saya setiap tahun, tetapi belum terwujud sampai sekarang? Menerbitkan buku secara mayor. Kamu tahu, kenapa resolusi tersebut tidak segera terwujud? Sebab, keinginan tersebut melibatkan orang lain atau pihak lain.

So, kali ini saya akan menuliskan beberapa resolusi yang tidak melibatkan orang lain. Hanya melibatkan Allah dan saya. Memang, dalam menerbitkan buku mayor pun melibatkan Allah, meminta Allah menggerakkan hati editor untuk meminang naskah saya. Tapi, bukankah resolusi menggerakkan hati sendiri lebih mudah daripada menggerakkan hati orang lain?

 

Nah, di bawah ini merupakan resolusi 2021 saya. 

 

1 | Membaca 30 Buku

 

Tahun lalu, saya menulis dalam akun instagram @alineabuku akan membaca 50 buku pada tahun 2020. Tapi, pada kenyataannya keinginan itu tak terwujud. Saya hanya membaca 6 buku saja. Maka dari itu, saya menurunkan keinginan membaca 50 buku menjadi 30 buku saja tahun ini. Alhamdulillah, di pertengahan Januari ini sudah membaca 3 buku dan buku keempat masih berjalan. Bisalah, ya, membaca 30 buku setahun. 

 

Sebenarnya, membaca buku itu mudah. Tinggal mengurangi jam nonton drama Korea maupun drama Cina, mengurangi jam sekrol instagram ataupun media sosial lainnya. Membaca tak perlu waktu berjam-jam, cukup meluangkan waktu 30 menit setiap harinya. 

 

2 | Menulis Naskah Baru

 

Setelah naskah saya After Wedding yang saya terbitkan secara daring di platform kepenulisan, dikontrak oleh Wattpad. Saya menjadi sangat bersemangat untuk menulis naskah-naskah baru. Untuk itu, saya ingin menulis naskah di tahun 2021 ini, paling tidak satu naskah. Menyelesaikan naskah yang sudah saya tulis di tahun 2020 juga. Kira-kira ada tiga naskah yang harus saya rampungkan, ditambah dengan naskah baru, maka akan ada 4 naskah di tahun 2021 ini.

 

Bisa? Ya, saya bisa.

 

3 | Menulis 100 Artikel

 

Saya lupa berapa tepatnya tahun lalu artikel yang sudah saya tulis. Yang jelas, saya sudah menulis banyak artikel untuk blog maupun untuk orang lain. Dengan memiliki keinginan menulis 100 artikel tahun ini, dengan begitu, semesta akan mendukung dan berarti di antara 100 artikel itu akan ada artikel pekerjaan atau berbayar. Haha. 

 

Yah, saya berharap lebih produktif untuk menulis saja sih. Sebab, memang itulah pekerjaan saya.

 

4 | Membeli Macbook Air

 

Sebagai penulis, mempunyai laptop mumpuni adalah sebuah impian besar. Dengan adanya naskah After Wedding di Wattpad yang berbayar, saya mempunyai keinginan membeli Macbook Air 2020 di tahun 2021 ini. Ya, tentunya hal ini sudah saya pertimbangkan dengan baik. Saya ingin menghadiahi diri sendiri atas kerja keras saya selama tiga tahun terakhir. 

 

5 | Mengajukan Naskah Paid Stories ke Wattpad

 

Setelah novel After Wedding menjadi novel berbayar di Wattpad, saya ingin mengajukan novel yang lain untuk dijadikan naskah berbayar juga. Kemungkinan besar, saya akan mengajukan novel Sebelum Pernikahan. Hal ini belum pasti, saya ingin mempertimbangkan mengirim naskah ke penerbit juga. Ya, intinya saya harus mencari peluang untuk naskah-naskah saya.

 

6 | Hidup Lebih Sehat

 

Tahun 2019, berat badan saya turun ke 48kg setelah diet selama tiga bulan. Setelah itu, saya tidak memperhatikan berat badan lagi, sehingga tahun ini naik ke 53kg. Haha. Saya ingin memulai hidup sehat lagi, mengatur pola makan, pola tidur, gaya hidup dan lainnya. Intinya, saya ingin lebih sehat secara fisik, jiwa dan finansial. 

 

7 | Mengaji

 

Tahun 2020 membuat saya putus untuk tidak mengaji lagi. Yap, karena adanya covid-19 saya harus pulang ke Mojokerto. Awalnya, saya mengaji secara daring, tetapi karena keuangan saya menipis saya berhenti. Tahun ini, saya ingin memulai mengaji lagi. Semoga saya segera menemukan guru mengaji yang tepat.

 

Itulah beberapa resolusi yang saya inginkan di tahun 2021 ini. Saya rasa semuanya bisa saya lakukan, asal konsisten dan dari diri sendiri. Saya belajar untuk menjalaninya dari diri sendiri dan untuk diri sendiri, tidak ingin melibatkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.